Siapa Saja Pelaku Ekonomi? Dan Apa Peran Penting Mereka?

0
69711
Pelaku Ekonomi

Kegiatan ekonomi menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Maka dalam penjabarannya, pelaku ekonomi bisa diartikan sebagai individu atau kelompok yang melakukan kegiatan bertukar barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup. Untuk itu, yuk cari tahu siapa saja yang termasuk pelaku ekonomi dan apa peran penting mereka!

Rumah Tangga

Sebagai pelaku ekonomi, rumah tangga memiliki dua peran penting, yakni sebagai produsen dan konsumen.

  • Rumah tangga konsumen

Untuk jenis rumah tangga konsumen, ini dapat dijabarkan sebagai sekelompok orang yang memanfaatkan jasa atau barang yang dihasilkan oleh produsen untuk memenuhi kebutuhan hidup. Dengan kata lain, keberlangsungan hidup rumah tangga produksi sangat bergantung pada daya beli rumah tangga konsumsen. 

  • Rumah tangga produsen

Sementara untuk rumah tangga produsen, usaha ini dikembangkan oleh individu atau sekelompok orang untuk menghasilkan produk barang atau jasa yang menjadi kebutuhan hidup masyarakat. Nah, untuk memastikan proses produksi berjalan lancar, ada beberapa faktor yang bakal berpengaruh, yaitu sumber daya alam, modal, SDM, dan entrepreneurship. Adapun peran lain dari rumah tangga produksi, antara lain:

  • berperan sebagai agen pembangunan.
  • memberi sumbangsih terhadap pemasukan negara dengan membayar pajak.
  • mengolah bahan produksi dari rumah tangga konsumen untuk menghasilkan produk jasa atau barang kebutuhan sehari-hari.
  • bertugas memberikan kompensasi atau balas jasa, seperti misalnya membayar upah karyawan atau membagi keuntungan.

Perusahaan

Pelaku ekonomi berikutnya adalah perusahaan, yang terbagi atas golongan swasta dan milik pemerintah. Karena dalam praktiknya, perusahaan merupakan sebuah organisasi ekonomi yang berbadan hukum, maka bisnis yang mereka jalankan sifatnya tetap dan berkelanjutan. Untuk itu, berikut adalah beberapa peran perusahaan dalam kegiatan perekonomian:

  • perusahaan memproduksi barang atau jasa yang menjadi kebutuhan hidup masyarakat. Hasil produksi ini tentunya tidak cuma ditujukan untuk rumah tangga, tetapi juga pemerintah.
  • memanfaatkan faktor sumber daya alam dan manusia untuk menghasilkan produk barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat.
  • berkontribusi terhadap pemasukan negara dengan membayar pajak.

Lembaga Keuangan

Bicara soal pelaku ekonomi, lembaga keuangan tentunya memiliki andil besar dalam perekonomian masyarakat dan negara. Lembaga keuangan di sini tidak hanya terbatas pada bank saja, tetapi juga lembaga keuangan swasta seperti bank perkreditan rakyat dan bentuk lainnya. Nah, sebagai salah satu pelaku ekonomi dalam masyarakat, berikut adalah beberapa peran penting lembaga keuangan:

  • menyediakan alat transaksi berupa uang giral untuk masyarakat dan pemerintah
  • menjadi tempat mengumpulkan dana yang diperoleh dari perusahaan ataupun rumah tangga.
  • sebagai penyedia modal atau bantuan kredit kepada masyarakat, baik itu untuk tujuan pribadi maupun kepentingan usaha.

Pemerintah

Pemerintah memiliki tiga peran penting dalam kegiatan ekonomi, yakni sebagai konsumen, produsen, dan juga pengatur kebijakan. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:

  • Pemerintah sebagai konsumen

Dalam menjalankan fungsinya, pemerintah tentunya membutuhkan pasokan barang atau jasa yang dihasilkan oleh produsen. Sebagai contoh, ketika pemerintah ingin meningkatkan pertahanan negara, mereka akan membeli senjata atau alat perang yang diproduksi oleh para produsen peralatan tempur. Dengan kata lain, pemerintah juga berperan sebagai konsumen dalam kegiatan ekonomi.  

  • Pemerintah sebagai produsen

Sebagai pemangku kekuasaan negara, pemerintah juga memberikan layanan jasa atau memproduksi barang yang nantinya dipakai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Contohnya saja, BUMN mengolah minyak bumi untuk menyediakan pasokan bahan bakar kendaraan bagi masyarakat. Ada juga layanan jasa pemerintah seperti BPJS Kesehatan atau Ketenagakerjaan yang dipakai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di bidang ketenagakerjaan dan kesehatan.

Baca juga: Unsur Serta Jenis Laba yang Perlu Kamu Ketahui!

  • Pemerintah sebagai pengatur kebijakan ekonomi

Dalam upaya menciptakan perekonomian masyarakat yang sejahtera, pemerintah pun memiliki tugas sebagai pengatur kebijakan. Sebagai contoh, salah satu upaya pemerintah dalam mengatur kegiatan ekonomi masyarakat adalah dengan mengeluarkan beberapa peraturan seperti misalnya UU No 24 Tahun 2019 yang membahas tentang pembentukan ekonomi kreatif.

Masyarakat Luar Negeri

Setiap negara memiliki kondisi geografis dan iklim masyarakat yang berbeda. Di satu sisi, ada negara yang memiliki SDA berlimpah, tetapi SDM yang bertugas mengelolanya belum mumpuni. Sementara di sisi lain, ada negara yang SDM-nya begitu unggul, tetapi kekurangan SDA atau bahan-bahan produksi. 

Kondisi itulah yang kemudian menciptakan interaksi ekonomi antar negara. Peran dari masyarakat luar negeri pun cukup beragam. Mereka bisa berperan sebagai produsen, konsumen, ahli, atau bahkan investor untuk sebuah negara.

Sekian ulasannya tentang pelaku ekonomi, semoga bisa menambah wawasan Anda!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]