5 Wanita Bisnis yang Sangat Sukses dalam Karirnya

1
92
Wanita Bisnis

Wanita Bisnis – Dunia bisnis adalah dunia yang terbilang keras sehingga dunia memang relatif didominasi oleh mereka para pria. Namun, seiring waktu dan perkembangan zaman wanita-wanita yang hebat mulai memberikan kontribusi serta menunjukan kemampuannya dalam bidang ini terbukti pada tahun 2017 dimana dari 500 perusahaan top dunia versi Fortune terdapat 6,4% perusahaan yang dipimpin oleh CEO perempuan.

Namun, kelima pengusaha wanita ini bisa dikatakan sebagai pionir dalam dunia bisnis yaitu: 

  • Anna Bissell

Di tahun 1889, Anna Bissell meneruskan bisnis atau usaha dari suaminya Melville Bissell yang akhirnya menjadi CEO perusahaan penyapu karpet Bissell. Seiring berjalannya waktu bisnis tersebut terus berkembang dan menjadi populer lalu membuat Ratu Victoria kagum dengan produknya.

Saat suaminya wafat Anna akhirnya menjabat sebagai CEO wanita pertama di Amerika Serikat. Tidak hanya sebagai penerus, Anna juga akhirnya mengembangkan beberapa produk serta mengembangkannya hingga ke Eropa. 

Tidak hanya itu, Anna juga adalah salah satu pemimpin pertama yang mendukung program pensiun serta kompensasi bagi pekerja.

  • Katherine Graham

Kedua ada Katherine Graham dimana ia mengambil alih kepemimpinan The Washington Post serta membuatnya menjadi seorang perempuan Amerika Serikat pertama yang menjadi CEO perusahaan yang masuk dalam daftar Fortune Global 500.

Walaupun perusahaan tersebut adalah milik keluarga Katherine, namun gelar CEO diberikan kepada suaminya, Phil di tahun 1948. Setelah suaminya meninggal, barulah Katherine meneruskan perusahaan keluarganya.

Di bawah kendalinya, Washington Post memiliki sederet kasus yang diungkap mulai dari kasus Pentagon Papers hingga skandal Watergate yang membuat Presiden saat itu Richard Nixon mundur dari jabatannya.

  • Yoshiko Shinohara

Dari namanya tentu sudah tidak asing lagi bahwa wanita yang satu ini berasal dari Asia yaitu Jepang. Yoshiko membuktikan dimana kesuksesan tidak mengenal usia, karena di usia yang ke 82 Yoshiko berhasil menjadi wanita Jepang pertama yang menjadi miliarder atas usahanya sendiri setelah puluhan tahun bergelut dalam dunia bisnis. 

Setelah berpisah dengan suami di tahun 1970, Yoshiko akhirnya mendirikan perusahaan di bidang Outsourcing, Tempstaff. Perusahaannya ini dimulai di apartemennya sendiri, kemudian terus berkembang hingga akhirnya memiliki lebih dari 5000 pekerja dengan 12 kantor di seluruh dunia.

  • Geisha Williams

Di tahun 2017, Williams menjadi perempuan latin pertama yang menjadi pemimpin salah satu perusahaan yang masuk dalam daftar Fortune 500. Williams ini merupakan anak seorang pengungsi serta berimigrasi ke Amerika Serikat di saat usianya baru menginjak usia 5 tahun.

Pada tahun ke 10 saat ia bekerja pada layanan listrik di perusahaan tersebut. Salah satu prakarsanya dalam perusahaan PG&E adalah pengembangan energi terbarukan.

  • Janice Bryant Howroyd

Terakhir ada Janice Bryant Howroyd dimana ia adalah CEO & Co-Founder penyalur tenaga kerja yaitu Act 1 Group, Howroyd menjadi perempuan kulit hitam pertama yang memimpin perusahaan dengan pendapatan hingga USD 1 miliar atau Rp14 triliun.

Perusahaan yang dibawahnya ini memiliki lebih dari 17.000 klien dengan 2600 karyawan di 19 negara serta memiliki 36 properti real estate.

5 Hal Penting Bagi Wanita Bisnis

Seperti yang kita ketahui bahwa wanita itu memiliki karakter yang unik, dari karakter inilah yang membuat nilai positif dalam berbisnis seorang wanita muncul dan membuat wanita ini memiliki nilai lebih saat bersaing dalam dunia bisnis.

  • Memancarkan Passionnya

Seorang wanita bisnis yaitu Gina Bianchini mengatakan bahwa “sukses merupakan kombinasi dari passion serta eksekusi yang berani”. Karena itu, karakter wanita yang passionate terhadap apa yang dikerjakan bisa menjadi nilai plus tanpa disadari passionate ini dapat memancar sehingga terlihat lebih percaya diri di mata orang lain.

Baca juga: Ingin Jadi Youtuber? Ini 7 Cara Monetisasi YouTube!

  • Tegas Saat Memutuskan Suatu Keputusan

Wanita secara alami memiliki naluri keibuan karenanya tak jarang seorang pemimpin wanita ini memiliki sifat penyayang, toleran, perhatian serta melindungi. Tetapi, bagaimanapun juga sifat lainnya yaitu ketegasan merupakan hal yang penting dalam suatu pengambilan keputusan. Terutama jika berkaitan dengan keuangan sebuah perusahaan.

Karena dengan pemahaman yang baik sebagaimana ia mengatur keuangan rumah tangga tentu, kemampuan tersebut dapat digunakan juga untuk mengatur keuangan perusahaan sehingga hasilnya dapat optimal.

  • Baik dalam Mencari Jaringan

Salah satu kemampuan lainnya yang dimiliki seorang wanita adalah supel atau mudah bergaul. Dengan kemampuan ini tentu kamu dapat memanfaatkan hal tersebut dengan membuka jaringan seluas-luasnya sehingga dapat mencari partner bisnis untuk mengembangkan bisnis milikmu.

Jadi, dari semua penjelasan di atas tentu kamu sudah mengetahui bukan the power of woman? Seorang wanita memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan para pria dari keunggulan tersebut lah kamu dapat memanfaatkannya sehingga dapat selangkah lebih maju dibandingkan para pria.

Nah saat sebagai seorang wanita bisnis yang sudah memiliki pengalaman serta pendapatan yang cukup jangan lupa untuk menyisihkan sebagian untuk dikembangkan.

Yuk Mulai dan Kembangkan Dana Milikmu Melalui Platform P2P Lending di Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

1 COMMENT

Comments are closed.