Ingin Jadi Youtuber? Ini 7 Cara Monetisasi YouTube!

1
656
Cara Monetisasi Youtube

Jika bekerja sebagai pegawai kantoran bukan passion Anda, menjadi seorang content creator yang andal mungkin bisa dicoba. Anda dapat memulainya dengan sebuah akun YouTube pribadi untuk mengisi pundi-pundi rezeki. Namun, bagaimana kiatnya? Berikut ini adalah 7 cara monetisasi YouTube yang dapat Anda pelajari. 

Melakukan Riset pada Kata Kunci

Melakukan riset pada keyword merupakan salah satu langkah utama dalam memonetisasi akun YouTube. Dengan mencari kata kunci yang tepat dan sesuai dengan konten, akan ada banyak orang yang melihat konten Anda. Riset ini dapat dilakukan dengan dukungan Google Trends. Lakukan riset keyword seperti pada situs web atau blog tetapi dengan mengubah kategori dari pencarian Anda menjadi YouTube Search. 

Di samping itu, Anda pun dapat menggunakan prediksi YouTube Search. Misalnya, saat mengetik keyword dalam kolom pencarian, platform YouTube akan menunjukkan beragam prediksi terhadap kata kunci seperti “menjadi content creator andal” atau “menjadi YouTuber viral.”

Jangan lupa, Anda juga dapat menambahkan tag pada konten video dengan kata kunci utama atau LSI (latent semantic indexing) atau variasi kata kunci sehingga konten tersebut akan muncul lebih banyak pada mesin pencarian.

Mengikuti Partner Program

Cara monetisasi YouTube lainnya adalah dengan mengikuti YouTube Partner Program (YPP). Namun, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum mengikuti YPP, seperti jumlah subscriber yang harus mencapai minimal 1.000 orang dan total durasi dari konten video yang sudah ditonton paling sedikit 4.000 jam dalam setahun terakhir. Pastikan pula, akun Google AdSense Anda hanya berjumlah satu dan sudah didaftarkan saat hendak mengikuti YPP. 

Melakukan Endorsement 

Kiat yang satu ini mungkin sudah cukup familier di telinga dan memang sangat layak dicoba. Bagi mereka yang sudah memiliki viewer dan/atau subscriber cukup banyak, dapat bekerja sama dengan suatu brand terkemuka. 

Melalui video yang dipublikasikan pada akun YouTube, Anda dapat mempromosikan atau memberikan review terhadap produk atau jasa yang diberikan brand tersebut. Bahkan, jika Anda dinilai sukses sebagai endorser, Anda dapat pula menentukan tarif jasa endorsement

Memasang Iklan 

Bagi kreator konten yang telah terdaftar pada YPP (YouTube Partner Program), berhak memanfaatkan lebih banyak fitur yang tersedia pada akun mereka. Ditambah lagi, mereka dapat memasang iklan di sana dan memperoleh uang dari pihak YouTube. Hanya saja, untuk dapat memasang iklan pada konten video, Anda harus mematuhi peraturan yang berlaku, salah satunya tidak mengunggah video dengan topik sensitif. 

Jika sekiranya video yang hendak diunggah cukup kontroversial, sebaiknya matikan saja sistem monetisasinya sehingga Anda tak akan terkena cekal oleh YPP. 

Baca juga: Ingin Tahu Gaji Youtuber? Ini Jumlah dan Cara Menghitungnya!

Menawarkan Produk atau Layanan Sendiri 

Di antara sekian banyak cara monetisasi YouTube, cobalah cara ini: menawarkan produk sendiri. Dari mulai gadget, perabotan rumah, buku, alat musik, jasa sunting video atau pembuatan website, hingga merchandise dapat ditawarkan via video di YouTube. Namun, sebaiknya Anda juga memiliki situs web resmi untuk meningkatkan penjualan. 

Memahami Beragam Faktor Penentu Ranking Video

Ketahuilah, sebagai seorang content creator, Anda akan selalu bersaing dengan ribuan atau bahkan ratusan ribu channel YouTube lainnya. Oleh karena itu, penting untuk selalu berada pada ranking teratas dalam hasil search kata kunci terkait konten Anda. Di bawah ini adalah sebagian faktor penentu urutan konten video Anda di YouTube: 

  • Jumlah subscriber yang bertambah setelah menonton konten video Anda.
  • Kian banyaknya jumlah komentar dari para netizen. 
  • Semakin banyaknya jumlah share video Anda (oleh para netizen).
  • Durasi video: semakin lama durasi video, semakin berpotensi ada pada urutan atas. 
  • Semakin tinggi persentase CTR (Click Through Rate) akun Anda, semakin besar pula kesempatan untuk selalu ditempatkan pada ranking atas dari hasil pencarian.

Mengasah Kemampuan sebagai Content Creator

Menjadi terkenal saja sejatinya tidaklah cukup. Video yang viral karena faktor keberuntungan biasanya hanya bertahan sekejap mata. Maka, sangat penting bagi Anda untuk lebih mengenal bakat dan mengasah kemampuan Anda dalam hal content creating. Dengan hasil karya yang unik, niscaya popularitas tetap akan bertahan atau bahkan meningkat. Ini justru adalah salah satu cara monetisasi YouTube utama yang dapat “menggemukkan” rekening bank Anda.

Kesimpulan

Jadi, jika Anda tertarik mencoba peruntungan sebagai seorang YouTuber, lakukan saja tujuh cara monetisasi YouTube di atas. Intinya, kunci kesuksesan dalam meraih penghasilan dari platform ini adalah ketekunan dan kreativitas guna menghasilkan konten yang berkualitas.

Sudah Siap Jadi Youtuber? Jangan Lupa Untuk Menyisihkan Dananya Untuk Dikembangkan Kembali di Akseleran!

Bagi kamu yang ingin mulai mengembangkan dana serta membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

1 COMMENT

Comments are closed.