7 Kelebihan Investasi Pada Sukuk Ritel

0
124
Sukuk Ritel

Pilihan investasi yang bisa dilakukan masyarakat banyak jenisnya. Ada yang berjenis biasa seperti deposito sampai reksadana. Selain itu ada juga investasi yang berbasis syariah seperti Sukuk Ritel yang dikenal memiliki banyak keuntungan dan tetap sesuai dengan syariah.

Kalau Anda berminat untuk melakukan investasi di Sukuk Ritel ada baiknya untuk mengenal lebih dalam tentang seluk-beluknya. Pelajari juga keuntungan melakukan investasi di sini agar sesuai harapan dan ekspektasi. Berikut kelebihan investasi di Sukuk Ritel seperti yang dikutip dari laman Kemenkeu.

  • Pokok dan Imbalan Dijamin

Sukuk Ritel dikeluarkan sendiri oleh pemerintah melalui Kementerian Keuangan. Karena bersifat resmi, pokok dan imbalan akan dijamin. Uang yang digunakan sebagai investasi akan terjamin dan sebisa mungkin tidak terpotong. Imbalan yang didapatkan juga akan diberikan secara berkala.

Kelebihan ini jarang dimiliki beberapa pilihan investasi konvensional. Karena setiap investasi pasti memiliki risiko yang berbeda-beda. Terkadang risikonya besar meski imbal hasil yang akan diterima juga besar.

  • Tingkat Imbalan Kompetitif

Meski berjenis syariah dan dijalankan sesuai dengan prinsip Islami, tingkat imbalan yang diberikan cukup kompetitif. Bahkan, bisa bersaing dengan jenis investasi yang ditawarkan oleh lembaga keuangan lainnya. Saat ini besaran imbal hasil sekitar 8,05 % p.a atau per tahun.

Imbalan ini cukup besar dan menguntungkan. Apalagi Anda tidak perlu melakukan apa pun. Cukup melakukan investasi dan semuanya dijalankan oleh sistem yang sudah ada.

  • Investasi Awal Cukup Ringan

Salah satu ketakutan terbesar yang dimiliki oleh banyak orang saat akan melakukan investasi adalah pokok awalnya yang besar. Mereka selalu menganggap kalau uang yang harus disiapkan sekitar puluhan atau ratusan juta rupiah. Padahal tidak demikian, dengan dana sekitar Rp1 juta saja cukup.

Sukuk Ritel bisa dibeli dengan harga mulai Rp1 juta saja. Dengan pokok yang kecil ini semua orang bisa melakukannya. Kelak kalau sudah mendapatkan cukup banyak uang bisa ditambah lagi sesuai dengan kebutuhan.

  • Tingkat Imbalan Tetap

Imbalan yang diterima saat melakukan investasi umumnya disesuaikan dengan kondisi produk yang diambil. Misal melakukan investasi reksadana, kalau terjadi masalah hingga terjadi penurunan keuntungan, imbalan yang diterima juga ikut turun atau malah tidak ada sama sekali.

Melakukan investasi dengan sistem Sukuk Ritel tidak demikian. Besaran imbalan yang diterima tetap sama. Bahkan sudah disepakati sejak awal sehingga Anda tidak perlu takut akan merugi.

  • Mendukung Pembangunan Nasional

Sebagian besar dana yang terkumpul dari investasi Sukuk Ritel ini digunakan untuk keperluan pembangunan. Pemerintah banyak menggunakannya untuk membangun infrastruktur seperti jalan hingga jembatan. Dengan sistem ini dana yang digunakan akan jelas dan sesuai prinsip syariah.

Investasi di bidang infrastruktur juga memberikan peluang besar dana akan kembali. Oleh karena itu, imbalan yang didapatkan tidak akan menurun dan tetap sesuai dengan kesepakatan di awal.

Baca juga: Sukuk atau Obligasi Konvensional, Mana Yang Terbaik?

  • Imbalan Dibayar Setiap Bulan

Berbeda dengan investasi konvensional yang imbalannya dibayarkan pada periode tertentu sesuai perjanjian, Sukuk Ritel membayar per bulan. Kalau investasi dilakukan setahun penuh, setiap bulan selama 12 kali akan mendapatkan imbalan sesuai dengan kesepakatan di awal. Pembayaran dilakukan langsung sehingga Anda bisa tahu seberapa besar keuntungan dan langsung bisa dinikmati saat itu juga.

  • Investasi Sesuai Prinsip Syariah

Karena investasi ini sesuai dengan prinsip syariah, siap saja bisa menggunakannya khususnya Muslim. Tidak perlu takut dengan pengelolaan yang dilakukan karena semua sudah sesuai dengan aturan syariah yang ada mulai dari akad sampai ke imbal hasil.

Dari ulasan di atas kita bisa menyimpulkan kalau Sukuk Ritel adalah salah satu alternatif berinvestasi dengan konsep syariah. Bahkan, pemerintah sendiri menyediakan produk investasi untuk kemajuan bersama baik individu atau Indonesia secara umum.

Mari melakukan investasi dengan menyisihkan sebagian uang yang dimiliki. Dengan melakukan investasi, Anda akan memiliki simpanan yang akan berkembang dengan baik dalam periode tertentu. Pelajari berbagai jenis investasi yang ada saat ini agar bisa menentukan mana saja yang sesuai dengan kebutuhan.

Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Melalui Akseleran!

Bagi Anda yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai alternatif investasi dengan imbal hasil hingga 21% per tahun kamu dapat mulai mengembangkan dana di platform P2P Lending Akseleran hanya dengan dari Rp100 ribu saja.

voucher promo akseleran blog blog100

Akseleran Apps

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]