Hari Pekerja Nasional: Bukti Bahwa Para Pekerja di Indonesia Hebat!

0
775
Hari Pekerja Nasional

Setiap tanggal 20 februari telah ditetapkan menjadi hari pekerja nasional. Tidak hanya hari buruh, hari pekerja nasional juga cukup dikenal masyarakat di Indonesia, ya karena presiden saat itu Soeharto menetapkan hari pekerja nasional ini bertujuan untuk menumbuhkan jati diri serta kebanggaan untuk pekerja di Indonesia.

Alasan mengapa 20 februari ditetapkan sebagai hari pekerja nasional adalah pada tanggal tersebut di tahun 1973 para serikat pekerja mendeklarasikan pembentukan Federasi Buruh Seluruh Indonesia atau yang dikenal (FBSI). Lalu, pada 23-30 November tahun 1985 berubah menjadi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI).

Kegiatan yang biasa dilakukan saat memperingati Hari Pekerja Nasional adalah diskusi bersama antara serikat pekerja dengan pemerintah. 

Perbedaan Hari Pekerja Nasional dan Hari Buruh

Seperti yang sudah kita bahas sedikit di atas, bahwa beberapa orang mungkin ada yang menganggap bahwa Hari Pekerja Nasional dan Hari Buruh Nasional adalah sama padahal jelas berbeda. Mereka yang sering sekali merayakan Hari Buruh Nasional seharusnya juga memperingati Hari Pekerja Nasional, mengapa? karena para pekerja Indonesia sebenarnya tidak dianggap sebagai buruh melainkan sebagai pekerja.

Hal ini juga yang membuat akhirnya Hari Pekerja Nasional mulai diabaikan dan justru para pekerja di Indonesia memilih untuk memperingati Hari Buruh. Mereka menganggap bahwa ‘suara’ yang diberikan saat Hari Buruh Nasional lebih dapat didengar dibandingkan saat Hari Pekerja Nasional.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa 1 Mei Ditetapkan Sebagai Hari Buruh!

Perkembangan Pekerja di Indonesia

Menurut analisis dari sebuah situs perusahaan aplikasi manajemen di Amerika mengatakan bahwa Indonesia memiliki tingkat produktivitas yang cukup baik. Bahkan dilansir dari Forbes, Indonesia juga menempati posisi kedua dalam persentase terkait tugas yang diselesaikan dalam waktu seminggu sebesar 57%. Angka tersebut pun melebihi persentase yang dimiliki negara-negara besar seperti Tiongkok yang ‘hanya’ memiliki persentase sebesar 55%. 

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa ada 124 juta penduduk dengan 70 juta diantaranya bekerja di kegiatan informal. Lalu jumlah pengangguran yang tercatat mulai Agustus 2017 juga berkurang 40 ribu orang.

Kategori pekerjaan yang masih mendominasi ini adalah di sektor pertanian, kehutanan serta perikanan yakni 28,79%. Pertumbuhan yang muncul ini membuktikan bahwa memang pekerja di Indonesia benar-benar memberikan dampak yang positif untuk negara.

Jadi sudah tahu kan mengapa kita perlu mengapresiasi para pekerja kita? Yuk! berikan apresiasi kepada para pekerja nasional di Hari Pekerja Nasional agar dapat membuat para pekerja di Indonesia terus memberikan dampak yang positif pada ekonomi nasional.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

voucher promo akseleran blog blog100

Akseleran Apps

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]