Apa Itu Emas Antam? Berikut Penjelasannya!

1
24065
Emas Antam

Salah satu tren investasi yang mulai banyak diikuti oleh banyak masyarakat adalah investasi emas. Cara ini dilakukan karena dianggap paling aman dan risiko mengalami kerugian rendah. Apalagi emas yang digunakan adalah jenis murni seperti emas Antam.

Emas memang batu berharga dan memiliki nilai ekonomi tinggi. Namun, dalam membeli emas, Anda tidak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar pembelian emas yang dilakukan tepat sasaran. Kalau Anda ingin melakukan pembelian emas, khususnya emas Antam ada baiknya memperhatikan ulasan di bawah ini. 

Mengenal Emas Antam

Emas Antam adalah emas yang dihasilkan oleh Aneka Tambang yang merupakan salah satu perusahaan perseroan yang bergerak dalam bidang tambang (PT. Antam Tbk). Perusahaan ini mengeluarkan emas batangan dengan besaran pecahan bervariasi. 

Untuk kebutuhan investasi, emas yang dihasilkan memiliki berat mulai dari 1 gram, 2 gram, 2.5 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, sampai yang tertinggi 100 gram.

Emas produksi Antam yang keluaran terbaru menggunakan sertifikat berupa chip. Emas juga dicetak dengan press dan ada laminasinya. Dengan sertifikat dan laminasi yang baik ini emas dari Antam diakui oleh LBMA (London Bullion Market Association).

Kadar emas Antam sekitar 99,99% atau nyaris murni. Anda bisa mendapatkan emas ini di distributor resmi dari PT Antam Tbk. Selain itu beberapa lembaga keuangan juga menyediakan emas Antam sebagai alternatif investasi dan tabungan.

Baca juga: Bukan Cuma Emas Batangan, 5 Jenis Investasi Emas Ini Juga Menguntungkan!

Cara Investasi dengan Emas Antam

Melakukan investasi emas Antam dianggap minim risiko. Kalau Anda ingin melakukan investasi di ranah ini berikut cara investasi yang bisa dilakukan.

  • Memilih Vendor yang Tepat

Pilih vendor untuk membeli emas Antam yang tepat. Ada baiknya untuk membeli secara langsung ke kantor perwakilan dari Antam yang ada di kota Anda. Membeli di sana akan terjamin keasliannya. Sertifikat akan terlihat dengan jelas sehingga produk emas ini bisa dijual kapan saja bisa dibutuhkan.

Usahakan untuk tidak membeli secara online apalagi di toko yang tidak jelas kredibilitasnya. Saat ini beberapa marketplace menawarkan pembelian emas Antam sebagai pilihan investasi. Selama itu resmi Anda bisa mempertimbangkannya. Namun, kalau berisiko lebih baik dana ditahan dulu.

  • Memilih Tempat Penyimpanan

Emas Antam yang murni ukurannya kecil dan akan sulit disimpan. Peluang terjatuh hingga akhirnya hilang masih saja ada. Oleh karena itu pertimbangkan untuk membuat tempat penyimpanan emas batangan ini dengan baik. Misal Anda membeli brankas khusus yang memiliki kode sehingga sulit dibuka.

Kalau Anda tidak mau repot dengan masalah penyimpanan ini beberapa lembaga keuangan ada yang menawarkan penyimpanan emas dan benda berharga lainnya. Tentu jasa ini tidak gratis dan Anda harus mempertimbangkan dengan peluang untung yang didapatkan dan biaya sewa.

Baca juga: 6 Tips Investasi Emas

  • Memilih yang Likuiditasnya Tinggi

Beberapa lembaga keuangan ada yang menawarkan investasi emas ini dengan sistem mirip menabung. Anda tidak langsung mendapatkan emas karena akan disimpan di sana. Kalau butuh uang Anda bisa langsung menjualnya di sana dan tidak perlu repot menjadi toko emas.

  • Merencanakan Pembelian secara Berkala

Pembelian secara berkala dibutuhkan untuk meningkatkan investasi yang Anda miliki. Misal dalam sebulan harus bertambah 1 gram atau dua bulan sekali bertambah 5 gram. Tentukan penambahan ini sesuai dengan kemampuan.

Emas memang memberikan manfaat dan harganya cenderung naik. Namun, kalau jumlahnya sedikit tentu keuntungan yang didapatkan tidak seberapa meski nilai awal emasnya tidak akan berubah.

Investasi dengan menggunakan emas Antam cukup direkomendasikan karena memiliki risiko kerugian yang kecil. Meski demikian, saat melakukan pembelian emas harus hati-hati agar tidak mendapatkan produk yang tidak bersertifikat. Selain itu pertimbangkan juga penyimpanan emas karena tidak berbentuk perhiasan jadi rawan hilang.

Beberapa pertanyaan di bawah ini juga seringkali ditanyakan oleh mereka yang ingin membeli emas seperti:

Dimana Beli Emas Antam?

Untuk kamu yang ingin membeli emas Antam dapat membelinya dengan mendatangi pusat penjualan Logam Mulia langsung di kantor Antam. Di sini Antam membuka diri untuk menerima pembelian LM secara retail.

Berapa Harga 1 Gram Emas Antam?

Per tanggal 22 Maret 2021, harga emas 1 gram: Rp 975.000. Harga emas 2 gram: Rp 1.888.000. Harga emas 3 gram: Rp 2.805.000. Harga emas 5 gram: Rp 4.640.000.

Apakah Emas Antam Dapat dijual di Toko Emas?

Antam memiliki sebuah butik emas yang terdapat di dalam gedung Antam yang berlokasi di Jl. Simatupang, Jakarta Selatan. Di tempat tersebut kamu dapat melakukan proses transaksi jual beli emas. Tetapi, harga yang ditawarkan memang sedikit lebih tinggi apabila dibandingkan dengan harga pada unit bisnis Antam.

Melakukan investasi baik emas atau yang lain cukup direkomendasikan untuk memutar yang dimiliki. Tanpa investasi Anda tidak akan punya simpanan yang memberikan penghasilan pasif di masa depan. Jadi, jenis investasi apa yang ingin Anda lakukan saat ini?

Coba Juga Pendanaan P2P Lending dengan Bunga hingga 12% per Tahun!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].

1 COMMENT

Comments are closed.