Apa Itu Emas Antam? Berikut Penjelasan dan Cara Investasi

0
243
Emas Antam

Salah satu tren investasi yang mulai banyak diikuti oleh banyak masyarakat adalah investasi emas. Cara ini dilakukan karena dianggap paling aman dan risiko mengalami kerugian rendah. Apalagi emas yang digunakan untuk investasi adalah jenis murni seperti emas Antam.

Emas memang batu berharga dan memiliki nilai ekonomi tinggi. Namun, dalam melakukan investasi emas, Anda tidak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar investasi emas yang dilakukan tepat sasaran. Kalau Anda ingin melakukan investasi emas ada baiknya memperhatikan ulasan di bawah ini. 

Mengenal Emas Antam

Emas Antam adalah emas yang dihasilkan oleh Aneka Tambang yang merupakan salah satu perusahaan perseroan yang bergerak dalam bidang tambang (PT. Antam Tbk). Perusahaan ini mengeluarkan emas batangan dengan besaran pecahan bervariasi. 

Untuk kebutuhan investasi, emas yang dihasilkan memiliki berat mulai dari 1 gram, 2 gram, 2.5 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, sampai yang tertinggi 100 gram.

Emas produksi Antam yang keluaran terbaru menggunakan sertifikat berupa chip. Emas juga dicetak dengan press dan ada laminasinya. Dengan sertifikat dan laminasi yang baik ini emas dari Antam diakui oleh LBMA (London Bullion Market Association).

Kadar emas Antam sekitar 99,99% atau nyaris murni. Anda bisa mendapatkan emas ini di distributor resmi dari PT Antam Tbk. Selain itu beberapa lembaga keuangan juga menyediakan emas Antam sebagai alternatif investasi dan tabungan.

Cara Investasi dengan Emas 

Melakukan investasi emas Antam dianggap minim risiko. Kalau Anda ingin melakukan investasi di ranah ini berikut cara investasi yang bisa dilakukan.

  • Memilih Vendor yang Tepat

Pilih vendor untuk membeli emas Antam yang tepat. Ada baiknya untuk membeli secara langsung ke kantor perwakilan dari Antam yang ada di kota Anda. Membeli di sana akan terjamin keasliannya. Sertifikat akan terlihat dengan jelas sehingga produk emas ini bisa dijual kapan saja bisa dibutuhkan.

Usahakan untuk tidak membeli secara online apalagi di toko yang tidak jelas kredibilitasnya. Saat ini beberapa marketplace menawarkan pembelian emas Antam sebagai pilihan investasi. Selama itu resmi Anda bisa mempertimbangkannya. Namun, kalau berisiko lebih baik dana ditahan dulu.

  • Memilih Tempat Penyimpanan

Emas Antam yang murni ukurannya kecil dan akan sulit disimpan. Peluang terjatuh hingga akhirnya hilang masih saja ada. Oleh karena itu pertimbangkan untuk membuat tempat penyimpanan emas batangan ini dengan baik. Misal Anda membeli brankas khusus yang memiliki kode sehingga sulit dibuka.

Kalau Anda tidak mau repot dengan masalah penyimpanan ini beberapa lembaga keuangan ada yang menawarkan penyimpanan emas dan benda berharga lainnya. Tentu jasa ini tidak gratis dan Anda harus mempertimbangkan dengan peluang untung yang didapatkan dan biaya sewa.

  • Memilih yang Likuiditasnya Tinggi

Beberapa lembaga keuangan ada yang menawarkan investasi emas ini dengan sistem mirip menabung. Anda tidak langsung mendapatkan emas karena akan disimpan di sana. Kalau butuh uang Anda bisa langsung menjualnya di sana dan tidak perlu repot menjadi toko emas.

  • Merencanakan Pembelian secara Berkala

Pembelian secara berkala dibutuhkan untuk meningkatkan investasi yang Anda miliki. Misal dalam sebulan harus bertambah 1 gram atau dua bulan sekali bertambah 5 gram. Tentukan penambahan ini sesuai dengan kemampuan.

Emas memang memberikan manfaat dan harganya cenderung naik. Namun, kalau jumlahnya sedikit tentu keuntungan yang didapatkan tidak seberapa meski nilai awal emasnya tidak akan berubah.

Investasi dengan menggunakan emas Antam cukup direkomendasikan karena memiliki risiko kerugian yang kecil. Meski demikian, saat melakukan pembelian emas harus hati-hati agar tidak mendapatkan produk yang tidak bersertifikat. Selain itu pertimbangkan juga penyimpanan emas karena tidak berbentuk perhiasan jadi rawan hilang.

Melakukan investasi baik emas atau yang lain cukup direkomendasikan untuk memutar yang dimiliki. Tanpa investasi Anda tidak akan punya simpanan yang memberikan penghasilan pasif di masa depan. Jadi, jenis investasi apa yang ingin Anda lakukan saat ini?

Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Melalui Akseleran!

Bagi Anda yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai alternatif investasi dengan imbal hasil hingga 21% per tahun kamu dapat mulai mengembangkan dana di platform P2P Lending Akseleran hanya dengan dari Rp100 ribu saja.

voucher promo akseleran blog blog100

Akseleran Apps

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]