Bukan Cuma Emas Batangan, 5 Jenis Investasi Emas Ini Juga Menguntungkan!

2
2469
Emas Batangan

Salah satu logam mulia yang paling dikagumi dan ingin dimiliki setiap orang, emas adalah salah satu investasi yang paling diminati dan tentunya menguntungkan. Walaupun perkembangan investasi yang semakin luas dan beragam, investasi emas tetap menarik bagi sebagian orang. Emas memang dikatakan sebagai salah satu investasi yang cukup menjanjikan, karena harganya relatif naik tiap tahunnya dan jarang terjadi penurunan secara signifikan.

Terbatasnya jumlah sumber daya alam penghasil emas diduga menjadi salah satu penyebab meningkatnya harga emas setiap tahunnya. Karenanya, sebagian orang mulai sadar akan hal ini dan membuat mereka mulai mencari beberapa jenis investasi emas yang bisa mereka mulai. Namun, sebenarnya apa saja sih jenis investasi emas yang ada di Indonesia?

Jenis Investasi Emas yang Beredar di Indonesia

  • Emas Batangan

Mungkin dari sekian banyak jenis investasi emas, emas batangan adalah yang paling diketahui dan diminati oleh banyak orang. Emas batangan ini diminati karena memang relatif dibeli maupun dijual. Dari segi imbal hasil investasi emas memang diperoleh dalam jangka waktu panjang sehingga memang diperlukan kesabaran ekstra di sini.

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena biasanya saat kamu membeli emas berapapun jumlahnya akan diberikan sertifikat sebagai bentuk keasliannya.

  • Emas Perhiasan

Salah satu keuntungan melakukan investasi emas adalah kamu dapat menggunakannya pada saat-saat tertentu. Investasi emas ini memang biasanya lebih banyak diminati oleh kaum wanita terlebih karena fungsinya. Tidak jauh berbeda seperti pada emas lainnya, jenis emas perhiasan ini sifatnya jangka panjang. 

  • Koin Emas

Jenis investasi emas ini memang terbilang jarang dibandingkan emas batangan maupun emas perhiasan. Namun, selain berinvestasi serunya melakukan investasi emas adalah kamu bisa mengoleksi emas-emas tersebut. Koin emas ini biasanya jenisnya seperti koin emas kuno dan koin emas mata uang.

Namun, memang di Indonesia jenis investasi ini masih terbilang jarang. Tetapi peluang untuk investasi ini masih cukup bagus loh untuk dilakukan.

Baca juga : Cari Tahu Perbedaan Investasi Emas dan P2P Lending di sini!

  • Sertifikat Emas

Bila kamu ragu kehilangan emas, maka kamu bisa memilih jenis investasi emas yang seperti ini. Cukup dengan selembar kertas sebagai bukti kepemilikan logam mulia tersebut. Investasi yang satu ini terbilang lebih aman dibandingkan beberapa investasi lainnya karena dapat menekan risiko kehilangan. Di sisi lain juga kamu tidak perlu pusing mencari deposit box untuk menyimpan emas kamu, karena dengan selembar kertas ini kamu tetap dapat berinvestasi dengan aman dan nyaman.

  • Emas Kuno

Sebenarnya jenis investasi yang satu ini tidak jauh berbeda dengan koin emas. Nah, pada investasi ini memang memiliki kelebihan dari sisi historisnya tetapi itu kadang membuat investasi ini dianggap sebelah mata dan membuat investasi ini harganya relatif standar. 

Tetapi pada investasi ini memang, semakin kuno akan semakin mahal harganya. Biasanya mereka yang memilih investasi ini adalah para kolektor koin. Mereka yang berinvestasi di sini juga perlu memiliki dana yang besar dan waktu yang panjang untuk mencari jenis koin emas yang kuno dan sulit didapat.

  • Emas Lokal

Perkembangan emas yang cukup stabil membuat banyak orang mencoba menjalankan bisnis ini. Karena itu, banyak industri skala kecil di Indonesia yang mulai berkembang selain dari Antam (Aneka Tambang). Perbedaannya dengan Emas Antam adalah jenis emas lokal ini tidak memiliki standar sehingga kamu perlu mengerti saat melakukan tawar menawar harga. 

Salah satu yang perlu diperhatikan juga pada emas lokal ini terdapat kadar-kadar yang berbeda, jadi ini juga salah satu hal yang perlu diperhatikan juga.

Baca juga: 6 Tips Investasi Emas

Dimana Membeli Emas Batangan?

Pembelian emas logam mulia atau emas batangan untuk investasi kini bisa dengan mudah, aman dan cepat dilakukan melalui website resmi logam mulia Antam, yakni logammulia.com.

Paling mudah adalah mendatangi pusat penjualan LM di kantor ANTAM di kawasan pulo gadung Jakarta. Disini ANTAM membuka diri untuk menerima pembelian LM secara retail.

Berapa Berat Emas Batangan?

Emas batangan 50 gram, 20 gram, 10 gram, ataupun 1 gram. Ukuran emas 24 karat Antam paling kecil yang tersedia di Pegadaian adalah 2 gram yang dibanderol Rp1.919.000, sama dibandingkan dengan harga kemarin.

Yuk coba juga pendanaan P2P Lending dengan bunga hingga 18% per tahun!

Jika kamu ingin mencoba alternatif pengembangan dana lain, bisa mencoba P2P Lending di Akseleran. Dengan bunga hingga 18% per tahun, kamu bisa mulai dari nominal Rp100 ribu saja lho! Yuk gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran.

BLOG100

Akseleran Apps

Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here