4 Cara Membuat Catatan Keuangan yang Benar

0
237
Catatan Keuangan

Untuk menerapkan pengelolaan keuangan yang baik dan benar, tentu diperlukan beberapa aspek yang dapat mendukung terciptanya kebebasan finansial di masa depan. Nah, salah satu hal yang dapat kamu lakukan adalah dengan membuat catatan keuangan. Mungkin sebagian dari kalian ada yang menganggap bahwa catatan keuangan hanya ditujukan untuk mereka yang memiliki perusahaan besar. Padahal, hal ini perlu diterapkan agar kondisi keuangan tetap dapat termonitor selalu dengan baik.

Lalu, bagaimana memiliki sebuah catatan keuangan pribadi yang baik dan dapat berperan efektif dalam pengelolaan keuangan? Ini beberapa cara membuat catatan keuangan yang baik:

Cara Membuat Catatan Keuangan yang Benar

Berbicara untuk membuat sebuah catatan keuangan yang benar mungkin sebagian orang memiliki caranya masing-masing dalam membuat catatan keuangannya. Namun, sebelum mulai membuat catatan keuangan pribadimu. Pastikan bahwa kamu sudah mengetahui beberapa manfaat yang dapat kamu rasakan apabila memiliki catatan keuangan yaitu:

  1. Dapat mengukur kondisi finansial yang dimiliki
  2. Memiliki pemikiran untuk melakukan pengembangan dana
  3. Mempersiapkan masa depan dengan kondisi finansial yang baik

Jika kamu sudah memahami manfaat dari memiliki catatan keuangan pribadi langkah selanjutnya adalah untuk menerapkannya. Untuk menerapkannya terlebih dahulu kamu membuatnya dengan mengikuti ke 4 cara di bawah ini:

  • Merekap Jumlah Pendapatan

Rekap selalu jumlah pendapatan yang kamu dapatkan setiap bulan. Pastikan juga untuk menuliskan pendapatan bulanan (bersih) yang kamu dapatkan, termasuk dari gaji atau pendapatan tambahan lainnya. Lalu, jumlahkan seluruh pendapatan yang kamu terima sebagai penghasilan bulanan.

  • Rincikan Pengeluaran Setiap Bulan

Setiap pengeluaran yang muncul setiap bulannya dapat kamu rincikan biaya yang harus dikeluarkan. Seperti contoh, pengeluaran biaya listrik, air, internet, pulsa, segala bentuk cicilan dan lain sebagainya. Lalu, kurangi dengan penghasilan pendapatan yang sudah kamu rekap.

  • Batasi Pengeluaran Belanja Bulanan

Batasi pengeluaran bulanan dengan nominal pasti yang sudah kamu tetapkan. Hal ini berguna agar kamu dapat melakukan penghitungan setiap bulannya dan terhindar dari keborosan.

Baca juga: Cara Jitu Mengoptimalkan Pengeluaran Bulanan!

  • Sisihkan Untuk Melakukan Pengembangan Dana

Apabila catatan keuangan sudah kamu miliki yang terakhir jangan lupa untuk mengembangkan dana. Sisihkan setidaknya 20%-30% pendapatan kamu untuk pengembangan dana melalui berbagai macam instrumen investasi yang ada. Instrumen yang dipilih dapat berupa instrumen yang sifatnya berjangka panjang maupun pendek. Namun, pastikan instrumen pengembangan dana yang kamu pilih memiliki kemudahan, keamanan dan menguntungkan.

Ketiga aspek pengembangan dana tersebut dapat kamu rasakan apabila memilihnya di platform Peer to Peer Lending. Di P2P Lending kamu dapat memulai pengembangan dana dengan lebih mudah terutama di P2P Lending Akseleran. 

Karena di Akseleran kamu dapat memulai pendanaan hanya dari Rp100 ribu. Lalu, di Akseleran juga semua peluang yang ditampilkan diberikan proteksi asuransi untuk memberi keamanan lebih kepada para pemberi dana. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi menjadi lebih aman.

Miliki Catatan Keuangan Pribadi dan Mulai Kembangkan Dana Bersama Akseleran!

BLOG100 Akseleran Apps

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here