2 Jenis P2P Lending yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Memulai Pengembangan Dana

0
216
Jenis P2P Lending

Saat melakukan perencanaan keuangan, diperlukan sebuah langkah yang nyata untuk mewujudkan perencanaan keuangan yang baik. Salah satu hal yang perlu dilakukan adalah mulai pengembangan dana dengan menggunakan instrumen pengembangan dana di Peer to Peer Lending. Karena itu, sebelum memulai pengembangan dana awalmu bersama P2P Lending penting untuk mengetahui jenis jenis P2P Lending itu yang berkembang di Indonesia.

Perkembangan dunia digital yang cukup cepat dalam beberapa tahun belakangan, memang memunculkan berbagai macam jenis pengembangan dana di P2P Lending. Karena itu, 2 jenis Peer to Peer Lending itu P2P Lending Produktif dan P2P Lending Konsumtif ini dapat menjadi pilihan untuk kamu memulai pengembangan dana di 2020 nanti. Untuk itu sebelum memulainya, pastikan kamu mengetahui kedua jenis P2P Lending agar pengembangan dana yang kamu lakukan bisa menghasilkan keuntungan yang optimal.

Jenis P2P Lending di Indonesia

  • Peer to Peer Lending Produktif

Peer to Peer Lending jenis ini adalah jenis P2P Lending yang paling umum ditemui di Indonesia, dimana modal dari pemberi dana (Lender) digunakan untuk melakukan kegiatan pinjaman yang berkaitan dengan kegiatan bisnis. Dalam P2P Lending Produktif ini memiliki beberapa kelebihan diantaranya:

  • Kamu dapat memilih berbagai macam peluang usaha yang ingin kamu danai. Di situ juga kamu dapat melihat jenis usahanya dan bergerak dalam bidang apa. Semua platform P2P Lending ini pada umumnya menampilkan segala jenis informasi yang dibutuhkan terkait dari usaha tersebut. Mulai dari tujuan pinjaman, jaminan yang diagunkan dan berbagai informasi yang dibutuhkan lainnya semua akan ditampilkan.
  • Dengan melakukan pengembangan dana pada P2P Lending produktif,  secara tidak langsung kamu dapat membantu perkembangan ekonomi nasional, karena biasanya pinjaman yang diajukan tersebut untuk mendukung kebutuhan ekonomi nasional.
  • Dapat melakukan diversifikasi, karena salah satu platform P2P Lending yang ada menyediakan banyak peluang yang dapat didanai dalam satu waktu sehingga memudahkan untuk kamu yang ingin melakukan proses diversifikasi.

Ada kelebihan tentu ada kekurangan. Pada P2P Lending produktif ini juga memiliki kekurangan yaitu:

  • Likuiditas terbilang agak lambat, karena kamu perlu menunggu peluang yang kamu berikan dana itu untuk penuh. Seperti contoh, peluang usaha A mengajukan pinjaman senilai Rp200 juta, lalu kamu melakukan pendanaan senilai Rp10 juta pada peluang tersebut, maka masih ada sisa Rp190 juta yang diperlukan agar peluang tersebut terpenuhi dan pendanaan yang kamu lakukan dapat berjalan. Tapi tidak perlu khawatir, karena beberapa platform P2P Lending sekarang tidak memerlukan waktu yang lama agar dana dapat terkumpul. bahkan untuk waktu kurang dari 24 jam peluang pendanaan tersebut dapat terkumpul.

  • Peer to Peer Lending Konsumtif

Kategori jenis P2P Lending ini bisa disebut sebagai Payday Loan yang umumnya memberikan pinjaman yang berasal dari 2 jenis lender yaitu dari crowdfunding dan ada yang dari Super Lender. Dari segi keuntungannya, jenis P2P Lending konsumtif ini memiliki keuntungan seperti:

  • Likuiditas terbilang relatif lebih cepat dibandingkan P2P Lending Produktif, terutama untuk P2P Lending Konsumtif yang didanai oleh Super Lender karena mereka tidak memerlukan waktu yang lama untuk mendapatkan dana pinjamannya.
  • P2P Lending Konsumtif juga memberikan bunga yang relatif lebih tinggi dibandingkan Produktif.

Beberapa kekurangan dari P2P Lending Konsumtif, diantaranya:

  • Dengan memilih P2P Lending Konsumtif artinya kamu melewatkan kesempatan untuk membantu meningkatkan ekonomi nasional. Karena pada P2P Lending ini uang yang diberikan umumnya digunakan untuk keperluan yang sifatnya konsumtif.
  • Risiko yang ada relatif lebih besar, kamu juga tidak mengetahui dana yang kamu keluarkan untuk siapa dan kebutuhan apa.

Baca juga: Investasi di Akseleran, Mengubah Pola Hidup Konsumtif Menjadi Produktif

Jadi Mana yang Paling Cocok Untukmu? Mulai Bersama P2P Lending Akseleran!

Ingat! Saat menentukan jenis P2P Lending yang akan kamu mulai, pastikan itu sesuai dengan kebutuhanmu baik dari segi kemudahan, keamanan dan keuntungannya. 

Yuk mulai pendanaan awal kamu di Platform P2P Lending Akseleran. Karena di Akseleran seluruh peluang usaha yang ditampilkan untuk kebutuhan yang produktif. Di platform P2P Lending yang produktif ini juga kamu dapat 21% per tahun. Dari segi keamanan juga tidak perlu diragukan, karena Akseleran memiliki proteksi asuransi pada peluang usahanya dan Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga seluruh proses transaksi yang dilakukan lebih aman.

BLOG100 Akseleran Apps

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here