7 Tips Menabung 1 Juta Per Bulan untuk Pemula

0
187
tips menabung 1 juta per bulan

Era modern yang semakin maju dan berkembang membuat masyarakat menjadi lebih konsumtif. Inilah mengapa, tak sedikit orang yang akhirnya mengalami kesulitan menabung. Bahkan, hadir pula anggapan bahwa menabung menjadi suatu hal yang cukup sulit dilakukan. Belum lagi dengan tingginya harga barsng kebutuhan beberapa waktu terakhir ini. Meski begitu, menabung seharusnya jadi suatu aktivitas yang wajib dilakukan. 

Bukan tanpa alasan, menabung adalah bentuk paling sederhana dari investasi jangka pendek. Dengan menabung, Anda bisa memiliki dana darurat untuk berbagai kondisi di kemudian hari. Selain itu, menabung juga secara tidak langsung mengajarkan Anda bagaimana cara mengatur penghasilan sekaligus membiasakan untuk tidak konsumtif. Jadi, beli barang berdasarkan kebutuhan, bukan keinginan. 

Tips Menabung 1 Juta Per Bulan

Supaya lebih mudah memulai, Anda perlu menetapkan nominal tabungan bulanan terlebih dahulu. Misalnya, Anda hendak mulai menabung Rp1 juta setiap bulan. Bukan tidak mungkin untuk dilakukan, kok, asalkan Anda mengikuti tips menabung 1 juta per bulan berikut ini.

Sisihkan Pemasukan Segera

Pertama, pastikan Anda menyisihkan pemasukan langsung untuk tabungan. Dengan begitu, Anda akan terfokus untuk mengelola sisa anggaran yang ada dengan optimal. Hindari membagi uang untuk tabungan di akhir, karena justru Anda akan merasa kurang setelah menyisihkan dana tersebut. Bahkan, lebih baik lagi kalau Anda membagi pendapatan untuk dana darurat, tabungan, dan investasi, sehingga Anda memiliki lebih banyak dana cadangan untuk bekal di masa mendatang. 

Tentukan Target

Tips menabung 1 juta per bulan berikutnya yaitu menentukan target tabungan. Mudahnya, Anda memiliki target utama menabung sebesar Rp1 juta setiap bulannya. Jika terasa berat saat disisihkan sejak awal, Anda bisa membaginya menjadi beberapa tahap. Misalnya, Rp250 ribu setiap minggu atau Rp500 ribu setiap dua minggu. Bahkan, Anda juga dapat menabung setiap hari dengan jumlah yang berbeda setiap harinya, mulai dari Rp10 ribu sampai Rp30 ribu. 

Buat Catatan Finansial

Jangan lupa, buat catatan keuangan bulanan. Catatan ini akan memudahkan Anda mengelola anggaran sekaligus mengetahui besar pengeluaran harian yang Anda lakukan. Adanya pengelolaan finansial yang baik tidak hanya membuat Anda bisa menabung, bahkan dengan nominal hingga mencapai Rp1 juta, tetapi juga menghindarkan Anda dari sifat konsumtif dan boros. 

Baca juga: 4 Cara Membuat Catatan Keuangan yang Benar

Kurangi Kebiasaan Hangout dan Belanja

Hangout bersama teman dan belanja memang jadi aktivitas me time dan healing yang sangat menyenangkan, ya? Akan tetapi, apabila Anda terlalu sering melakukannya, bukan tidak mungkin pengeluaran akan membengkak. Alhasil, Anda pun mengalami kesulitan untuk menyisihkan uang untuk tabungan. Meski begitu, bukan berarti aktivitas ini harus dihilangkan. Lebih baik Anda mengurangi intensitasnya dan mengalihkan dengan aktivitas yang lebih hemat anggaran, seperti nonton film di rumah atau membaca buku.

Miliki Rekening Khusus Tabungan

Tips menabung 1 juta per bulan selanjutnya yang paling mudah dan efektif adalah membuka rekening khusus uang tabungan. Tak hanya lebih aman, hal ini juga secara tidak langsung membuat Anda lebih disiplin untuk mengatur keuangan. Setoran awal untuk membuka rekening di bank juga tidak terlalu besar. Anda juga bisa mempertimbangkan membuka deposito setelah uang tabungan cukup untuk setoran. Dengan begitu, Anda tidak dapat mengambil uang tabungan sebelum jatuh tempo.

Dapatkan Pemasukan Tambahan

Selain itu, mendapatkan pemasukan tambahan juga menjadi tips menabung 1 juta per bulan yang banyak dilakukan masyarakat usia produktif beberapa waktu belakangan. Memiliki pemasukan tambahan jadi langkah yang cukup efektif jika Anda merasa gaji bulanan pas-pasan. Banyak proyek sampingan yang bisa dilakukan di sela waktu senggang, mulai dari bisnis online, menjadi penulis lepas, atau vlogger. 

Hindari Belanja Barang yang Tidak Dibutuhkan

Tips menabung 1 juta per bulan terakhir adalah menghindari belanja barang yang sebenarnya tidak Anda butuhkan. Sebab, hal ini hanya berujung pada pemborosan dan biaya pengeluaran yang membengkak. Lebih baik lagi jika Anda membuat daftar barang yang perlu dibeli dan sesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki. Tindakan ini tentu saja mencegah Anda belanja secara konsumtif. 

Melakukan tips menabung 1 juta per bulan mungkin akan terasa sulit di awal Anda memulainya. Namun, disiplin dan konsisten untuk menabung pada akhirnya akan membuat Anda terbiasa. Tidak hanya terbiasa menabung, tetapi juga terbiasa untuk mengatur anggaran dengan baik. Semoga bermanfaat. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]