Bingung Cari Cara Membeli Saham Secara Tepat? Ini Tips Ampuhnya

0
2095
Cara Membeli Saham

Kepemilikan saham menjadi salah satu cara berinvestasi yang cukup mudah dan menjanjikan tingkat keuntungan besar bagi seorang investor. Cara membeli saham pun sudah sangat mudah, cuma dengan uang Rp100 ribu Anda sudah bisa turut berpartisipasi di pasar modal tanah air. Hanya saja, apakah Anda tahu jenis saham seperti apa yang mampu memberi tingkat keuntungan besar? 

Cara membeli saham yang menguntungkan bagi seorang investor pemula bisa cukup tricky. Tanpa adanya pengetahuan yang mendalam, Anda bisa tergoda melakukan transaksi yang pada akhirnya bisa menimbulkan kerugian cukup besar. Sebagai panduan, ada 7 tips ampuh yang bisa menjadi landasan dalam melakukan pembelian saham, yaitu: 

  • Tingkat laba

Tips pertama yang perlu diperhatikan saat ingin membeli saham adalah berkaitan tingkat laba perusahaan. Anda perlu memastikan bahwa perusahaan punya laba yang meningkat dari tahun ke tahun. Peningkatan tersebut merupakan indikasi bahwa perusahaan berada dalam kondisi yang bagus. 

Anda tidak harus mencari perusahaan yang menawarkan tingkat laba sangat tinggi. Perusahaan yang secara konsisten memperoleh laba yang terus bertambah, sudah merupakan pilihan yang bagus. Perusahaan tersebut memiliki potensi berkembang dan menjanjikan keuntungan tinggi bagi para investornya. 

  • Stabilitas

Selain tingkat laba, Anda juga perlu mencermati stabilitas saham sebuah perusahaan. Investasi saham terkenal memiliki volatilitas yang sangat tinggi dibandingkan jenis investasi lain. Oleh karena itu, penting bagi investor untuk memperhatikan saham yang punya volatilitas rendah biar memperoleh untung. 

Hanya saja, Anda juga tidak bisa sembarangan dalam mencermati  volatilitas saham. Alih-alih memperhatikan volatilitas jangka pendek, pilih stabilitasnya secara jangka panjang. Hindari saham perusahaan yang memiliki harga naik turun. Sebaliknya, pertimbangkan saham yang memiliki nilai stabil atau merangkak naik. 

  • Kekuatan perusahaan di sektor industri

Pertimbangan selanjutnya adalah dengan memperhatikan posisi perusahaan di sektor industri. Pertimbangkan untuk memilih saham perusahaan yang termasuk dalam kategori market leader. Posisinya sebagai market leader menjanjikan tingkat keuntungan lebih besar dibandingkan perusahaan yang hanya mengikuti keinginan pasar. 

  • Rasio utang

Semua perusahaan memiliki utang, termasuk perusahaan berskala internasional semacam Apple ataupun Amazon. Oleh karena itu, sangat sulit bagi Anda ketika ingin melakukan investasi pada perusahaan yang tak punya utang. Sebagai gantinya, perhatikan nilai rasio utang terhadap ekuitas perusahaan atau debt equity ratio (DER). 

Cara mengetahui nilai DER sangat mudah, yakni membandingkan total utang dengan total ekuitas perusahaan. Perusahaan yang mempunyai kondisi keuangan sehat, bakal memiliki DER kurang dari 1. Hanya saja, pada sektor industri tertentu, contohnya bidang konstruksi, DER bisa jadi tidak relevan. Apalagi, industri ini mengandalkan pendanaan dari utang. 

Baca juga: Utang Adalah: Ciri-Ciri, Jenis dan Pengertiannya!

  • Price earning ratio (PER)

Selanjutnya, Anda juga perlu melihat nilai PER saham. PER merupakan nilai yang sering digunakan oleh para investor ketika melakukan analisis fundamental dan bisa digunakan sebagai sarana untuk memprediksi nilai sebuah saham. PER dapat menjadi indikator kondisi pasar dalam memandang masa depan. 

PER yang rendah memperlihatkan kalau pasar tengah cemas serta pesimis. Sementara itu, PER tinggi menunjukkan bahwa pasar optimis dengan prospek perekonomian yang cerah di masa depan. 

  • Manajemen perusahaan

Cara membeli saham yang berkualitas selanjutnya adalah dengan mencermati kualitas manajemen perusahaan. Hal ini bisa Anda ketahui dengan melihat sosok para pemimpin perusahaan. Apakah mereka termasuk pemimpin yang mempromosikan kultur budaya perusahaan yang stabil dan mampu bertahan dalam jangka panjang? 

Perusahaan yang memiliki manajemen bagus, punya kecenderungan saham yang juga bagus. Selain itu, cermati pula skandal yang memiliki kaitan erat dengan para pemimpin perusahaan. 

  • Dividen

Cara membeli saham berkualitas yang terakhir adalah dengan mencermati dividen atau hasil bagi keuntungan. Adanya dividen menjadi bukti bahwa perusahaan memiliki stabilitas. Mencermati dividen juga jadi cara bagus bagi investor yang ingin melakukan investasi jangka panjang

Divide yang kecil bisa jadi indikator bahwa perusahaan dalam kondisi tak bagus. Namun, dividen besar juga tidak selalu jadi indikator yang positif. Tak menutup kemungkinan kalau dividen besar merupakan tanda bahwa perusahaan tak melakukan investasi yang sesuai kapasitasnya. 

Pilihan terbaik adalah mencari perusahaan yang membagikan dividen dalam jumlah tak terlalu besar. Namun, perusahaan tersebut melakukan pembagian dividen secara terus-menerus dan bahkan cenderung meningkat seiring waktu.

Demikianlah tips ampuh cara membeli saham berkualitas. Semoga bermanfaat dan Anda bisa meraih keuntungan besar dari investasi saham, ya!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]