8 Tipe Pekerjaan yang Sesuai dengan Kepribadian

2
4603
Tipe Pekerjaan

Selama ini, mungkin sebagian dari kita kerap merasa berada di pekerjaan yang bertentangan dengan kepribadian sehingga kurang maksimal dalam mengembangkan diri dan meraih kesuksesan. Agar tidak salah memilih pekerjaan, simak beberapa tipe pekerjaan yang sesuai kepribadian berikut ini. Siapa tahu salah satunya cocok dengan Anda.

  • Pekerjaan yang Mengandalkan Kemampuan Berkomunikasi

Tipe pekerjaan yang pertama kita bahas adalah pekerjaan-pekerjaan, seperti pengacara, motivator, negosiator, public relations, dan lain sebagainya, yang sangat mengandalkan skill berkomunikasi. Pekerjaan-pekerjaan tadi membutuhkan seseorang dengan kepribadian sanguinis yang cenderung ekstrover. Pasalnya, pekerjaan tersebut mengharuskan bertemu dengan banyak orang.

Ciri-ciri mereka yang berkepribadian ekstrover di antaranya senang bicara, ekspresif, terbuka, punya banyak teman, menunjukkan antusiasme yang besar, percaya diri, dan merasa makin bersemangat ketika berada di keramaian.  

  • Pekerjaan Menganalisis 

Selanjutnya adalah pekerjaan menganalisis, seperti data analyst, business analyst, data engineer, periset pasar, dan lain sebagainya, yang sangat sesuai diisi oleh mereka dengan kepribadian melankolis dan introver. 

Jika Anda seorang pemikir, senang mengamati, tekun, dan serius, kemungkinan besar Anda termasuk yang memiliki kepribadian melankolis. Berbanding terbalik dengan kepribadian ekstrover, seorang introver cenderung menjauhi keramaian. Pekerjaan menganalisis yang memerlukan konsentrasi dan ketelitian memang lebih nyaman dilakukan di suasana tenang.    

  • Pekerjaan Artistik

Kepribadian kreator cocok untuk pekerjaan yang  berkaitan dengan seni dan menantang kreativitas, seperti ilustrator, fotografer, praktisi periklanan, desainer grafis, perangkai bunga, atau musisi, penulis. Salah satu ciri orang yang berkepribadian kreator adalah imajinatif. 

Mereka dengan kepribadian kreator kurang sesuai menjalani bidang pekerjaan yang monoton dan penuh aturan. Sebaliknya, pekerjaan artistik sangat mendukung hasratnya untuk mengekspresikan diri dan menuangkan ide-ide.

  • Pekerjaan Terkait Teori dan Keilmuan

Bila rasa keingintahuan Anda tinggi, sangat suka mempelajari sesuatu dan berpikir, tipe pekerjaan yang berkaitan dengan teori dan keilmuan seperti dosen, peneliti, ilmuwan, ahli matematika, ahli kimia, ahli fisika, akan cocok untuk Anda tekuni.

  • Pekerjaan Sosial 

Sebagian orang menghindari pekerjaan yang mengharuskannya untuk memimpin atau menghasilkan karya; mereka lebih suka melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi sesama. Pekerjaan sosial seperti guru, dokter, perawat, bidan, tim SAR, pemadam kebakaran, atau psikolog, akan cocok untuk Anda yang berkepribadian plegmatis yang penyabar, ramah, tenang, peka pada keadaan lingkungan sekitar, dan suka menolong.

Baca juga: Ini 5 Jenis Pekerjaan yang dapat Menerapkan Work From Home

  • Wirausaha

Untuk Anda yang berjiwa kepemimpinan, menyukai tantangan, tidak mudah menyerah, dan pekerja keras, kemungkinan Anda memiliki kepribadian koleris. Orang dengan kepribadian koleris sangat sesuai jika berwirausaha atau menjadi pengusaha. 

Membangun sebuah usaha bukanlah sebuah perkara mudah. Butuh mental yang kuat dan ini cocok dengan kepribadian koleris yang menganggap kesulitan sebagai tantangan.

  • Pekerjaan Mekanik

Pekerjaan mekanik yang berkaitan dengan mesin cocok dilakukan oleh mereka dengan kepribadian realistis. Seorang realistis cenderung praktis dan lebih menyukai aktivitas fisik daripada yang berhubungan dengan sosial kemasyarakatan.

Pekerjaan mekanik, seperti montir mobil, operator mesin, teknisi mekanik pabrik, mekanik alat berat, mekanik pesawat terbang, memerlukan keahlian, koordinasi, dan kekuatan. Kepribadian realistis yang teratur dan sistematis sesuai mengisi pekerjaan-pekerjaan tadi yang bisa dibilang berisiko tinggi bila tidak dilakukan dengan benar.   

  • Pekerjaan Terkait Hitungan dan Angka

Pekerjaan seperti akuntan, bankir, auditor, makelar saham, yang terkait hitungan dan angka akan sangat mengasyikan jika Anda seorang melankolis yang memiliki kemampuan numerik sangat baik, menyukai matematika, serta senang berhitung. 

Kepribadian melankolis yang tidak terlalu suka bersosialisasi, lebih memilih bekerja sendiri, perfeksionis, dan mempunyai standar tinggi, cocok dengan tipe pekerjaan terkait hitungan yang memang harus dikerjakan penuh konsentrasi di depan komputer.

Dari sekian banyak tipe pekerjaan, tentu ada pekerjaan-pekerjaan yang paling sesuai dengan kepribadian kita. Melakukan pekerjaan yang bertolak belakang dengan kepribadian berpotensi membuat seseorang kurang bersemangat bahkan merasa tertekan dengan pekerjaannya.   

Mengerjakan pekerjaan yang selaras dengan kepribadian akan meningkatkan motivasi kerja yang berdampak pada kepuasan diri dan pencapaian prestasi. Meski begitu, memperoleh pekerjaan yang sesuai kepribadian bukanlah perkara mudah. Jadi jika pekerjaan yang tengah dijalani saat ini belum sesuai kepribadian, baiknya tetap dilakukan sepenuh hati sebagai bagian dari proses dalam membangun karier.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

2 COMMENTS

Comments are closed.