Ini 5 Jenis Pekerjaan yang dapat Menerapkan Work From Home

0
4540
Work From Home

Munculnya pandemi virus Corona ini belakangan membuat pemerintah di seluruh dunia mulai mencari cara agar perekonomian di negaranya tetap berjalan meskipun dilanda virus Covid-19 ini. Salah satunya banyak perusahaan yang mulai menerapkan Work From Home. Hal tersebut memang sangat penting untuk diterapkan oleh seluruh perkantoran, bisnis dan beberapa pekerjaan lainnya yang bisa dilakukan dari rumah dengan menggunakan akses internet dan gadget yang dimilikinya.

Tapi memang tidak semua pekerjaan bisa dilakukan dari rumah, beberapa pekerjaan seperti contohnya dokter, perawat, supir, pedagang bahkan hingga buruh pabrik tidak dapat menerapkan hal tersebut. Lalu, sebenarnya apa saja jenis pekerjaan yang dapat dilakukan dari rumah? Berikut selengkapnya.

Pekerjaan Ini dapat Menerapkan Work From Home

  • Penulis

Penulis ini adalah suatu pekerjaan yang sifatnya dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun selama memiliki akses internet dan sebuah gadget. Ya, di era seperti sekarang ini pekerjaan yang satu ini memang terbilang cukup mengalami perkembangan yang pesat. Terlebih lagi sekarang akses internet sudah cukup merata sehingga kebutuhan akan sebuah informasi yang akurat dan terupdate terus meningkat. 

Penulis juga banyak dibutuhkan di berbagai bidang seperti penulis untuk sebuah media online, menjadi penulis sebuah perusahaan baru (startup) atau menjadi penulis freelance. 

Dengan penerapan untuk melakukan WFH di tengah pandemi Covid-19 ini tidak terlalu berdampak signifikan terhadap optimalisasi mereka yang bekerja sebagai penulis.

  • Pengelola Social Media

Banyak perusahaan baru yang mulai mengandalkan seorang social media expert untuk mengelola bisnisnya agar semakin dikenal dan mendapatkan promosi melalui sosial media dengan lebih baik. 

Bagi seorang pengelola sosial media baik itu mereka yang bekerja pada perusahaan maupun secara freelance penerapan dari Work From Home ini tidak terlalu berdampak besar terhadap apa yang biasa dilakukannya sehari-hari. Karena umumnya para pengelola sosial media ini memang sifatnya lebih mobile dibandingkan beberapa jenis pekerjaan lainnya.

Karena itu bagi mereka yang bekerja sebagai pengelola media sosial, penerapan dari WFH ini juga sebenarnya tidak terlalu berdampak besar terhadap pekerjaan sehari-harinya.

  • Call Center

Lain halnya dengan seorang yang bekerja sebagai Call Center maupun Customer Service. Mereka mungkin bisa menerapkan WFH tanpa adanya masalah yang berarti, namun bukan tidak mungkin mengharuskan mereka untuk menyelesaikan keluhan dari Customer sedangkan kita membutuhkan konfirmasi pada bagian lain terhadap keluhan dari mereka.

Hal tersebut tentu akan membuat proses penyelesaian menjadi lebih panjang dan lama dari biasanya, mengingat beberapa bagian lain di perusahaan kamu juga sedang melakukan WFH sehingga prosesnya akan memakan waktu.

Tetapi, apabila kamu sudah memahami segala permasalahan atau keluhan yang umum kamu hadapi, maka pekerjaan ini tidak akan jadi masalah bagi kamu.

  • Pengelola Data

Jika kamu bekerja sebagai seorang pengelola data atau juga yang biasa disebut sebagai database administrator maupun data scientist tentu kerja dari rumah bukanlah masalah yang besar. Karena seorang pengelola data ini memiliki fokus untuk melakukan pengelolaan data yang diberikan oleh divisi lain untuk biasanya dikelompokkan sesuai dengan kebutuhan.

Namun, tetap walaupun dapat melakukan pekerjaan secara optimal dari rumah seorang pengelola data yang baik tetap harus melakukan koordinasi dengan baik apabila ingin menghasilkan data yang sesuai.

Baca juga: Ini Penjelasan Seputar Cara Kerja P2P Lending

  • Programmer

Tidak jauh berbeda dengan seorang pengelola data, seorang programmer juga mungkin tidak akan terlalu terpengaruh baik itu bekerja melalui rumah ataupun di kantor. Justru para programmer ini biasanya akan lebih optimal dalam pekerjaannya saat mendapatkan suasana yang nyaman dan relatif baru.

Jadi, bagaimana apakah pekerjaan kamu juga sudah menerapkan Work From Home? Ingat walaupun Work From Home pastikan agar kamu bekerja secara lebih optimal ya.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]