Mengenal ENFP : Karakter hingga Tipe Pekerjaan yang Sesuai

0
1186
ENFP Adalah

Ada berbagai jenis kepribadian yang dimiliki oleh setiap orang. ENFP adalah salah satu di antaranya. Istilah ENFP merupakan salah satu dari total 16 jenis kepribadian yang diperkenalkan dalam Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). Bisa jadi, Anda adalah salah satu orang yang mempunyai kepribadian ini.  

Apa Itu ENFP

ENFP adalah singkatan dari extended, intuitive, feeling, and perceiving. Mereka yang termasuk sebagai orang dengan kepribadian ENFP adalah pribadi yang kreatif, energi, antusias, berkarisma, serta mandiri. Sekitar 5-7% populasi dunia diperkirakan memiliki kepribadian ENFP.

Dalam kesehariannya, seorang ENFP memiliki kecenderungan untuk senang bersosialisasi dengan banyak orang. Mereka pun punya kemampuan yang bagus dalam memberikan motivasi kepada orang lain. Selain itu, orang ENFP punya kecenderungan untuk berimprovisasi dan melakukan inovasi. 

Banyak pemimpin dunia dan tokoh terkemuka yang tercatat mempunyai kepribadian ENFP. Beberapa di antaranya adalah Robin Williams, Alicia Silverstone, Bill Clinton, Mark Twain, Drew Barrymore, serta Will Rogers.

Karakteristik Orang dengan Kepribadian ENFP

Ada beberapa karakteristik yang menjadi ciri seorang dengan kepribadian ENFP, yaitu:

1. Kepedulian yang Tinggi

Karakteristik pertama dari seseorang dengan kepribadian ENFP adalah punya rasa kepedulian tinggi terhadap lingkungan sekitar. Mereka siap memberi pertolongan kepada orang-orang yang memang membutuhkannya. Tidak hanya itu, kepribadian ENFP biasanya dibarengi dengan kepemilikan rasa empati tinggi terhadap orang-orang di sekitarnya.  

2. Punya Jiwa Pemimpin

Rasa peduli yang tinggi dari seorang berkepribadian ENFP diimbangi dengan jiwa kepemimpinan. Mereka adalah sosok pemimpin yang alami, punya karisma serta kemampuan berkomunikasi yang baik. Tak hanya itu, mereka bisa menilai potensi seseorang dengan baik, memberi arahan, dan sekaligus menghargai keberhasilan seseorang. 

3. Fleksibel

Seseorang yang mempunyai kepribadian ENFP terkenal dengan fleksibilitasnya. Mereka memiliki kecenderungan untuk bersikap spontan. Oleh karenanya, orang-orang tersebut bisa dengan mudah beradaptasi pada setiap perubahan yang terjadi di sekitar. 

Hanya saja, fleksibilitas ini juga kerap menimbulkan dampak buruk. Salah satunya adalah menunda tugas yang seharusnya dikerjakan.

4. Suka dengan Keramaian

Karakteristik selanjutnya dari seorang ENFP adalah sosok yang suka bersosialisasi. Oleh karena itu, mereka memiliki kecenderungan untuk berkumpul di tempat yang ramai. Dengan begitu, mereka bisa berkomunikasi serta melakukan sosialisasi dengan banyak orang. 

5. Tidak Suka dengan Rutinitas

Terakhir, orang dengan kepribadian ENFP adalah tipe yang tidak suka dengan hal-hal yang sifatnya monoton. Salah satu contohnya adalah pekerjaan rutin. Mereka akan berupaya melakukan improvisasi agar rutinitas yang dijalani memberikan pengalaman berbeda saat dijalankan. 

Tipe Pekerjaan yang Sesuai untuk ENFP

Dengan karakteristik seperti yang sudah disebutkan, sosok ENFP mempunyai kesesuaian pekerjaan tertentu, di antaranya adalah: 

1. Pekerja Sosial

Menjadi pekerja sosial adalah upaya yang tepat dalam menyalurkan keinginan untuk selalu menolong orang lain. Selain itu, pekerjaan ini juga akan mendorong seseorang berkepribadian ENFP melakukan sosialisasi dengan banyak orang. 

Baca juga: 8 Tipe Pekerjaan yang Sesuai dengan Kepribadian

2. Politikus

Karier sebagai politikus juga cocok dengan karakteristik ENFP. Kemampuan berkomunikasi yang baik bisa membantu dalam mengumpulkan aspirasi masyarakat. Ditambah lagi, jiwa kepemimpinan yang dimiliki membuat orang dengan kepribadian ENFP tidak akan mengalami kesulitan saat memimpin banyak orang. 

3. Public Relations (PR)

Seorang tenaga PR mempunyai tugas dan tanggung jawab yang disukai oleh mereka yang memiliki kepribadian ENFP. PR menjalankan tugasnya dengan melakukan sosialisasi dengan berbagai pihak dengan tujuan menjaga citra perusahaan. Kepekaan terhadap masalah-masalah sosial, sangat membantu dalam menyelesaikan berbagai tugas seorang PR. 

4. Jurnalis

Jurnalis adalah tipe pekerjaan yang penuh dengan tantangan. Keseharian yang dijalani oleh seorang jurnalis akan selalu berbeda dan jauh dari hal-hal yang bersifat rutinitas. Oleh karena itu, seseorang dengan kepribadian ENFP akan sangat sesuai ketika memilih bekerja sebagai seorang jurnalis. 

5. Perawat

Terakhir, ada pilihan karier menjadi seorang perawat. Menolong orang lain menjadi bagian penting yang tak bisa lepas dari tugas dan tanggung jawab seorang perawat. Tugas tersebut sangat sesuai dengan kepribadian ENFP yang gemar menolong orang lain, kan? 

Nah, itulah penjabaran lengkap tentang kepribadian ENFP yang menarik untuk Anda ketahui. Semoga bermanfaat, ya. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].