5 Hal yang Dapat Dilakukan Saat Puasa Ramadhan

2
4853
Puasa Ramadhan

Puasa Ramadhan sebentar lagi tiba! Tentunya ada banyak hal yang perlu dipersiapkan agar puasa tahun ini lebih berkah dan bermakna, seperti kesiapan fisik, ilmu seputar puasa dan zakat, serta target harian selama bulan ramadhan. 

Selama ramadhan seorang muslim diwajibkan menahan haus dan lapar dari pagi hingga sore. Tak ayal, rasa lemas pun kerap mendera dan membuat seseorang lebih memilih tidur. Meskipun tidur saat puasa tergolong sebagai ibadah, akan tetapi ada baiknya kalau Anda memanfaatkan waktu yang ada untuk melakukan aktivitas lainnya seperti berikut ini:

  • Belajar Al-Quran

Yuk, kumpulkan lebih banyak pahala dengan belajar Al-Quran. Biar seru, ajak keluarga belajar bersama sambil menunggu waktu berbuka. Bagaimana bila ada kerabat yang tengah datang bulan? Tenang saja, tetap mendengar lantunan ayat suci Al-Quran saja sudah bisa menambah pahala puasa, lho. 

Oh iya, kata belajar di sini bisa diartikan dalam beragam makna. Berusaha melantunkan ayat Al-Quran dengan tajwid yang benar, mengaji sambil menyimak terjemahan agar bisa memetik hikmah dari setiap ayat yang dibaca, melatih diri untuk menghafalkan surat-surat Al-Quran, dan membiasakan diri mengkhatamkan Al-Quran dalam sebulan juga bisa dikatakan sebagai belajar. 

  • Bagi-Bagi Takjil

Satu lagi amalan saat puasa ramadhan yang tak boleh dilewatkan adalah sedekah. Kegiatan sedekah sendiri tidak selalu identik dengan memberikan uang. Sebagai gantinya Anda bisa membagikan sedekah berupa makanan berbuka alias bagi-bagi takjil. Dalam sebuah hadis riwayat Tirmidzi No.807, Rasulullah bersabda:

“Barang siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sedikit pun.”

Di sisi lain, hikmah dari memberikan takjil adalah menjadi salah satu langkah memupuk tali silaturahmi serta saling menolong antar sesama muslim. 

  • Mendengarkan Ceramah

Bila hari-hari biasanya tak sempat mendengarkan ceramah agama, nah sambil menunggu datangnya waktu berbuka, Anda bisa menghabiskan waktu dengan kegiatan yang dapat menambah keilmuan seperti menyimak ceramah agama. 

Caranya pun beragam. Dengan memanfaatkan internet, Anda dapat mencari audio atau video ceramah keislaman. Selain itu, banyak TV nasional yang menayangkan acara kajian agama berbagai tema menjelang azan magrib. 

Bukan hanya menambah keilmuan, dengan rutin menghadiri kajian, seseorang akan terbiasa untuk selalu mengingat Rab-nya dan lebih bersyukur atas segala sesuatu yang telah diberikan. Oh iya, mendatangi majelis ilmu juga menjadi salah satu cara menjemput hidayah, lho. 

  • Membaca Buku

Selain ceramah, menambah ilmu pengetahuan soal agama juga dapat dilakukan dengan cara membaca buku. Aktivitas ini cocok sekali untuk mengisi waktu luang selama puasa ramadhan. Tak hanya buku bertema ilmu agama, Anda juga bisa membaca genre lain seperti fiksi guna mengusir kebosanan. 

Berikut beberapa rekomendasi buku yang bisa dijadikan bahan bacaan Anda. Suka dengan cerita bertema misteri dan kriminal? Kalau begitu buku The Strike Series karya Robert Galbrait adalah pilihan terbaik. Sementara bagi Anda yang menyukai genre misteri serta science fiction, karya Dan Brown berjudul Origin cukup direkomendasikan. 

Karya penulis dalam negeri pun tidak kalah menarik untuk dinikmati selama bulan puasa, di antaranya adalah Guru Aini (Andrea Hirata), Kamu Terlalu Banyak Bercanda (Marchella FP), Nebula, dan Selena karya Tere Liye. 

Baca juga: 5 Menu Buka Puasa Hemat dan Mengenyangkan

  • Belajar Keahlian Baru

Momen puasa ramadhan sering kali dianggap sebagai waktu yang tepat untuk melakukan perbaikan dan pembaruan. Kalau begitu, tak ada salahnya mempelajari hal-hal baru guna mengisi waktu luang. Anda bisa mulai dari bidang yang diminati. 

Misalnya saja, Anda hobi memasak. Jika biasanya hanya memasak makanan rumahan untuk keluarga, cobalah membuat kreasi resep lainnya seperti belajar memasak olahan pastry, dessert, atau jajanan kekinian yang tengah hit di media sosial. 

Sedangkan bagi Anda yang hobi menulis, aktif membagikan tulisan bermanfaat lewat blog bisa menjadi ladang pahala. Supaya blog berada di peringat teratas pada mesin pencarian, Anda bisa belajar mengenai SEO untuk menambah keahlian baru. 

Itulah 5 kegiatan positif yang bisa Anda lakukan selama bulan puasa ramadhan selain tidur. Sudah siap menyambut datangnya bulan penuh berkah? Semoga Allah menerima segala ibadah yang kita lakukan selama puasa, ya. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

2 COMMENTS

Comments are closed.