Selain Meningkatkan Kualitas Iman, Ini Dia 7 Manfaat Puasa yang Perlu Anda Tahu

0
2298
Manfaat Puasa

Bulan Ramadan menjadi momen penuh berkah bagi umat Islam di dunia. Setiap muslim tampak berlomba-lomba untuk menjalankan kebaikan, meningkatkan kualitas ibadah, serta menjauhi segala hal buruk yang dapat membatalkan puasa guna meraih pahala lebih banyak. 

Terlepas dari menjalankan kewajiban, puasa ternyata mendatangkan sejumlah manfaat kesehatan bagi siapa saja yang melakukannya. Selain meningkatkan kualitas iman, berikut 7 manfaat puasa untuk kesehatan yang perlu Anda tahu. 

  • Memperbaiki Pola Makan

Kabar gembira bagi Anda yang memiliki pola makan yang buruk di keseharian. Kebiasaan mengonsumsi makanan secara berlebihan ternyata bisa ditekan lewat puasa, lho. Seperti yang kita tahu, saat berpuasa seseorang hanya boleh makan di waktu tertentu yaitu saat berbuka dan sahur. Dari situ, Anda akan terbiasa untuk mengatur pola makan secukupnya dengan waktu terjadwal. 

  • Membuang Racun Dalam Tubuh

Tahukah Anda bahwa setiap harinya tubuh bisa terpapar racun lewat makanan yang dikonsumsi atau hasil metabolisme? Pada dasarnya, tubuh manusia memiliki mekanisme sendiri untuk membersihkan racun seperti lewat keringat dan air kencing. Tapi, akan lebih baik kalau Anda membantu tubuh melakukan detoksifikasi guna membuang racun. 

Bagaimana caranya? Salah satu tipsnya adalah berpuasa. Selama puasa, hampir seharian penuh tubuh tidak mendapatkan asupan makanan juga minuman. Dengan begini, sistem pencernaan memiliki waktu untuk beristirahat dan memaksimalkan kinerjanya dalam melakukan detoksifikasi. 

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat puasa ketiga adalah mampu membantu Anda menurunkan berat badan. Nah, kalau Anda sedang menjalankan program diet, puasa bisa menjadi salah satu solusinya. Ketika berpuasa, tubuh hanya menyimpan cadangan energi dalam bentuk glukosa pada otot dan hati. 

Saat cadangan energi mulai digunakan, tubuh akan membakar lemak sebagai sumber energi baru. Proses inilah yang kemudian membuat berat badan berkurang. Namun, di sisi lain pola makan di waktu berbuka juga perlu dikontrol agar tidak berlebihan. Pasalnya, sering kali seseorang akan kalap makan banyak setelah seharian menahan lapar. 

  • Membantu Memperbaiki Sensitivitas Insulin

Puasa ternyata mampu memberikan efek positif pada sensitivitas insulin. Insulin sendiri merupakan hormon yang berperan mengendalikan kadar gula dalam darah. Selain itu, hormon yang diproduksi oleh pankreas ini juga berfungsi mengubah glukosa menjadi energi. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa setelah puasa, insulin dalam tubuh bekerja lebih efektif untuk mengelola glukosa dalam darah. 

  • Meningkatkan Fungsi Otak

Pernah dengar mengenai Brain Derived Neurotrophic Factor (BDNF)? Jadi, BDNF merupakan protein pada otak yang memiliki banyak fungsi seperti mencegah kematian neuron yang ada serta memberikan sinyal berkembangnya neuron baru.

Dengan berpuasa, maka produksi BDNF pada otak akan meningkat. Alhasil, sel otak pun akan terlindung dari kerusakan yang menyebabkan penyakit pikun. Manfaat puasa bagi fungsi otak lainnya adalah membantu menyingkirkan sel-sel mati pada otak dan mencegah penyakit neurodegeneratif terjadi. 

Baca juga: 5 Hal yang Dapat Dilakukan Saat Puasa Ramadhan

  • Meminimalisasi Risiko Penyakit Jantung

Sebuah penelitian pernah menyebutkan bahwa berpuasa secara teratur bisa membantu tubuh menurunkan risiko penyakit jantung. Bagaimana bisa? Pertama, puasa bisa membawa manfaat berupa menstabilkan tekanan darah serta menurunkan kadar kolesterol.

Ketika dua hal ini tak dijaga keseimbangannya, maka seseorang akan berpotensi mengalami hipertensi. Penyakit hipertensi sendiri bisa menjadi pemicu penderitanya mengidap penyakit jantung dan stroke. 

Manfaat puasa keenam ini akan lebih terasa apabila saat sahur juga berbuka diimbangi dengan pilihan menu sehat sekaligus menghindari makanan mengandung lemak seperti junk food dan gorengan. 

  • Membantu Awet Muda

Setiap orang pastinya ingin memiliki tubuh serta wajah awet muda. Untuk mewujudkannya, salah satu caranya adalah dengan rajin berpuasa. Percaya atau tidak, sebenarnya semakin sedikit kebiasaan makan, maka hal tersebut bisa membantu tubuh awet muda. 

Sebab, metabolisme tubuh terjadi lebih cepat. Sekadar informasi, salah satu pemicu terjadinya penuaan dini adalah lambatnya proses metabolisme akibat terlalu banyak makan. 

Itulah 7 manfaat puasa bagi tubuh. Selama puasa, Anda juga bisa mengisi waktu luang yang ada dengan kegiatan positif seperti membaca Al-Quran, mendengarkan kajian agama, dan sedekah agar puasa tahun ini membawa lebih banyak berkah sekaligus meningkatkan pahala. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]