10 Ide Usaha Kreatif di Bulan Ramadhan

0
1936
Ide Usaha

Apakah Anda tengah mencari ide usaha kreatif di bulan Ramadan? Jika iya, maka Anda berada di tempat yang tepat. Di sini, Anda akan menemukan beragam ide menarik yang bisa menghasilkan. 

Bulan Ramadan sendiri merupakan momen yang dinanti seluruh umat Islam di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Di bulan yang penuh berkah ini, Anda bisa meraih pahala sekaligus menambah penghasilan. 

Yuk, Tambah Penghasilan Saat Ramadan dengan 10 Ide Usaha Menguntungkan Ini!

Tak perlu khawatir, sebab sebagian besar peluang usaha tidak membutuhkan banyak modal. Nah, bagi Anda yang ingin menambah penghasilan selama Ramadan, sejumlah usaha kreatif berikut ini bisa dijadikan sebagai pilihan terbaik. 

  • Jual Takjil

Takjil identik dengan bulan Ramadan. Setelah menahan haus dan lapar seharian, sebagian besar orang ingin menikmati hidangan yang lezat dan menyegarkan, seperti kolak, bubur sagu mutiara, es kopyor, es cincau, dan salad buah. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk mendapatkan keuntungan. 

Umumnya, takjil dijual menjelang berbuka. Banyak pedagang yang menjajakan dagangannya di sepanjang jalan maupun di depan rumah. Namun, kini menjual takjil bisa dilakukan secara online, baik melalui media sosial maupun marketplace.

  • Pakaian Lebaran 

Kendati harus melewati satu bulan berpuasa sebelum merayakan lebaran, sebagian orang sudah mempersiapkan barang-barang yang identik dengan hari raya sejak jauh hari. Salah satunya adalah membeli baju lebaran. Tak hanya baju lebaran dewasa, pakaian anak-anak juga sangat diminati konsumen. Manfaatkan peluang ini untuk menambah penghasilan Anda.

  • Perlengkapan Salat

Tidak hanya baju, perlengkapan salat juga dapat dijadikan sebagai ide usaha kreatif saat Ramadan. Biasanya, banyak orang mencari alat salat, seperti mukena, sarung, sajadah, hingga tasbih agar ibadah lebih khusyuk. Untuk meningkatkan angka penjualan, Anda bisa menawarkan paket hemat berisikan beberapa alat salat, misalnya sajadah, sarung, dan tasbih.

  • Kue Kering 

Usaha lain yang tak kalah menggiurkan adalah kue kering. Meskipun tingkat persaingannya tinggi, dengan rasa dan tampilan yang menggugah selera, konsumen pasti akan tertarik. Beberapa jenis kue kering yang banyak diminati, antara lain nastar, kue keju, puteri salju, kue kacang, kue kelapa, lidah kucing, dan semprit.

  • Paket Parsel

Di bulan Ramadan, banyak perusahaan, lembaga, maupun perorangan yang membutuhkan parsel untuk dibagikan pada karyawan atau kerabat sebagai ucapan berlebaran. Meskipun parsel identik dengan aneka kebutuhan pokok, ada juga parcel berisikan alat salat, kue kering, buah, barang pecah, bunga, alat elektronik, hingga voucher belanja.

Semakin kreatif parsel yang Anda tawarkan, semakin tinggi peluang keberhasilan meraup omzet tanpa batas selama bulan Ramadan. Agar lebih mudah, manfaatkan tutorial menghias parsel yang tersebar di internet.

  • Jual Menu Sahur dan Berbuka Puasa

Usaha kreatif selanjutnya adalah membuka warung makan yang menyediakan menu sahur dan berbuka. Usaha ini sangat laris, terutama di perkotaan. Maklum saja, banyak orang yang tidak sempat memasak menu sahur dan berbuka dikarenakan pekerjaan atau hal lainnya. 

  • Makanan Ringan

Berpuasa bukan halangan untuk menikmati makanan ringan layaknya hari biasa. Inilah mengapa penjual makanan ringan tak pernah sepi pembeli. Bahkan, omzet penjualan semakin meningkat saat bulan Ramadan. Gunakan kesempatan ini untuk meraup keuntungan maksimal. 

Anda bisa menjual makanan ringan, seperti kue basah, sosis atau bakso bakar, makaroni, keripik pedas, dan kurma, baik secara langsung ataupun online. Agar barang dagangan Anda laris manis, gunakan kemasan menarik dengan variasi rasa atau topping.

Baca juga: Pinjaman Modal Usaha di Akseleran Mudah, Aman dan Menguntungkan!

  • Usaha Pemancingan

Selagi menunggu waktu berbuka, banyak orang memanfaatkan waktunya untuk berjalan-jalan atau melakukan hobinya. Salah satu hobi yang dapat dijadikan peluang usaha adalah memancing. Jika Anda memiliki lahan kosong, maka sulap menjadi pemancingan sekaligus tempat makan. Pengunjung dapat melakukan hobinya sembari menikmati hasil pancingannya ketika azan berkumandang.

  • Usaha Parkir

Jika lokasi Anda terletak dekat kawasan ramai atau kampung Ramadan, maka usaha parkir bisa dijadikan pilihan. Namun, pastikan Anda menyediakan lahan parkir dengan keamanan ketat untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. 

  • Usaha Penitipan Hewan Peliharaan

Satu lagi usaha yang tak kalah potensial, yakni penitipan hewan peliharaan, seperti kucing, hamster, dan kelinci. Biasanya, pemilik hewan peliharaan membutuhkan jasa penitipan menjelang lebaran tiba. Usaha ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai hewan.

Demikianlah sejumlah ide usaha yang dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah di bulan Ramadan. 

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

pinjaman modal usaha

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]