17+ Ucapan Doa untuk Orang Berangkat Haji yang Benar

0
6398
Ucapan Doa untuk orang Berangkat Haji

Ucapan doa untuk orang berangkat haji adalah ekspresi bahagia saat melihat ada orang berangkat haji. Berangkat haji adalah rukun kelima dalam agama Islam, namun ibadah haji itu hanya wajib bagi orang yang mampu, baik secara fisik dan finansial. Ini sebabnya, jika seseorang telah siap fisik, mental, dan finansial melengkapi rukun Islamnya ini, ada banyak doa yang diucapkan.

Seseorang yang Allah panggil berangkat haji, tentu ini adalah hal yang wajib disyukuri. Ucapan doa naik haji dari orang lain pun bisa sebagai bentuk simpati dan menunjukkan keinginan kuat untuk segera menyusul mereka untuk berangkat haji. 

Orang bisa berangkat haji itu semata-mata karena panggilan Allah. Orang yang berangkat haji itu hanya orang yang Allah panggil menuju ampunan-Nya. Islam sangat menganjurkan kita untuk meminta doa dari orang lain, sebab kita tidak tahu doa mana yang akan Allah kabulkan.

Mengapa Perlu Mendoakan Orang Berangkat Haji?

Mendoakan orang yang berangkat haji agar sehat, selamat, dan bisa menjalankan ibadah haji secara sempurna adalah anjuran dalam ajaran Islam. Dalam Islam, anjuran itu bukan hanya untuk mendoakan, tetapi juga untuk menitipkan doa kepada orang yang akan berangkat haji. 

Karena  berdoa di Mekah dan Madinah itu sangat mustajab. Apalagi berdoa di depan Kabah dan di Raudhah (makam Rasulullah Saw.) itu sangat mustajab.

Bahkan tradisi mengantar orang yang akan berangkat haji sudah ada sejak zaman Rasulullah Saw. Tepatnya di tempat yang bernama Tsaniyyatul Wada’, yang juga jadi tempat bersejarah, yaitu tempat para sahabat Nabi menunggu beliau pulang perang. 

Maka, menitipkan doa pada orang yang akan berangkat haji itu sangat baik. Tujuannya untuk memperoleh keberkahan dan terkabulnya doa di tempat-tempat yang mulia itu.

Baca juga: 5 Hal yang Dapat Dilakukan Saat Puasa Ramadhan

Pilihan Ucapan Doa untuk Orang Berangkat Haji

Berikut beberapa doa yang bisa Anda sampaikan, bila ada saudara atau teman Anda yang berangkat haji:

  1. Selamat menunaikan ibadah haji. Semoga ibadah hajimu diterima di sisi Allah. Jangan lupa doakan aku dan keluargaku. Semoga kami bertambah sehat, semangat ibadah, ikhlas beramal  dan bisa segera menyusul kamu beribadah haji ke baitullah.
  2. Selamat aku ucapkan atas keberangkatan hajimu ini. Semoga memperoleh haji mabrur, hidup penuh berkah, dan istiqomah dalam ibadah.
  3. Selamat menjalankan ibadah haji. Semoga di sana selalu sehat dan bisa menjalankan semua amalan ibadah haji dengan sempurna dan pulang membawa predikat haji mabrur.
  4. Semoga Allah meridhoi keberangkatan hajimu ini. Sehingga sepulang haji, kamu menjadi haji yang mabrur yang diterima di sisi Allah.
  5. Aku mengucapkan selamat menunaikan ibadah haji. Semoga keberangkatanmu mendapat rida Allah. Dan pulang kamu membawa keberkahan, haji mabrur dan istiqomah dalam ibadah.
  6. Selamat menjalankan ibadah haji. Semoga perjalananmu lancar, bisa menjalankan semua ibadah wajib dan sunahnya, dan pulang haji dalam keadaan selamat dan penuh keberkahan.
  7. Aku mengucapkan selamat menjalankan  rukun Islam yang kelima, haji. Semoga ibadah hajimu ini menjadi penyempurna ibadahmu yang lain. Dan semoga sepulang dari ibadah haji, kamu memperoleh haji mabrur, kebahagiaan dan kelimpahan rezeki.
  8. Ya Allah, semoga engkau karuniakan haji yang mabrur kepada saudaraku ini. Semoga engkau tambahkan rahmat, nikmat dan kebahagiaan kepada-Nya.  Sehingga dia menjadi orang yang engkau ridhai di dunia dan akhirat.
  9. Semoga ridha Allah selalu menyertaimu dalam ibadah haji hingga sepulang haji nanti.  Hajimu menjadi amalan yang bernilai tinggi di sisi Allah dan memperoleh haji yang mabrur.
  10. Saya mendoakan semoga hajimu ini menjadi haji yang mabrur di sisi Allah. Orang yang hajinya mabrur itu tidak ada balasan baginya kecuali surga.
  11. Doaku selalu menyertaimu dalam ibadah haji. Semoga engkau bertemu dengan orang-orang soleh, bergaul dengan orang-orang saleh dan pulang menjadi orang soleh yang menyandang haji mabrur di sisi Allah. Semoga Allah meninggikan derajatmu dengan haji mabrur. Orang yang hajinya mabrur, maka tidak ada balasan baginya kecuali balasan surga.
  12. Semoga keberangkatanmu ke tanah suci ini menjadi wasilah Allah menerima amalmu, mengampuni dosa-dosamu, dan mengangkat derajatmu ke derajat yang tinggi dan mulia.
  13. Saya ikut mendoakan semoga keberangkatanmu ke Mekah dan Madinah bisa berjumpa dengan Raudhah dan berdoa di makam Nabi Muhammad Saw. Sehingga pulang dari ibadah haji kamu, menjadi haji yang mabrur, bertambah baik amal, akhlak dan ibadahmu.
  14. Selamat berangkat ke tanah suci. Keberangkatanmu ke tanah suci ini adalah panggilan Allah untuk mengangkat derajatmu menjadi manusia mulia dunia akhirat.
  15. Saya sangat senang dan bahagia Bapak berangkat haji. Semoga keberangkatan Bapak ke tanah suci ini memperoleh ridha Allah. Sehingga sepulang berhaji, Bapak bertambah berkah umur, amal dan ibadahnya.
  16. Keberangkatanmu ke tanah suci menjadi salah satu kebahagiaanku, sahabatku. Semoga kamu memperoleh ridha Allah berupa haji yang mabrur. Tidak ada balasan yang tepat bagi orang yang hajinya mabrur kecuali masuk ke dalam surga.
  17. Bisa berangkat haji itu sebuah kebahagiaan yang tak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Semoga Allah menerima ibadah hajimu dan menjadikan hajimu makbul dan mulia.

Ucapan Memohon Doa kepada Orang yang Akan Berangkat Haji

Ucapan selamat dan contoh titip doa untuk haji bila ada orang berangkat haji, yaitu:

  1. Saya mengucapkan selamat atas keberangkatan hajimu ini. Jangan lupa mendoakan aku. Semoga Allah memanggilku untuk bisa berangkat haji seperti kamu.
  2. Tak ada yang bisa saya ucapkan kecuali ucapkan syukur kepada Allah sehingga sahabatku diperkenankan untuk berangkat haji ke Baitullah. Jangan lupa sebut namaku di sana sehingga Allah mengabulkan doamu dan memanggil aku untuk haji di tahun berikutnya.
  3. Begitu bahagianya hati ini  mendengar kamu akan berangkat haji. Semoga ibadah hajimu diterima di sisi Allah dan mendapat haji mabrur. Jangan lupa mendoakan aku agar Allah memanggilku untuk berhaji.
  4. Selamat melaksanakan ibadah haji. Semoga dalam perjalanan hajimu, Allah mudahkan kamu bertemu dengan orang-orang baik dan soleh. Jangan lupa mendoakan aku, semoga Allah melimpahkan aku rezeki, kemudahan sehingga bisa menyusul kamu berangkat haji.
  5. Kebaikan tak terkira bila kamu bisa berangkat haji semata-mata karena panggilan Allah.  Semoga Allah mengganti semua biaya yang kamu keluarkan dan memperoleh keberkahan hidup.
  6. Selamat ya sahabatku, kamu termasuk orang beruntung, memperoleh kehormatan dipanggil oleh Allah untuk berangkat haji. Semoga hajimu menjadi haji yang berkah dan diterima di sisinya. Doakan sahabatmu ini, semoga Allah juga memanggilku untuk bisa berangkat haji.

Kesimpulan

Itu dia beberapa ucapan doa untuk orang berangkat haji. Ucapan ini bukan hanya doa tetapi juga afirmasi bagimu agar Anda segera Allah mudahkan untuk berangkat beribadah haji ke Mekkah dan Madinah. Bagi orang beriman ucapan doa orang naik haji itu sangat mujarab dan mudah terkabul sehingga saat ada orang mau berangkat berhaji, jangan lupa ucapan doa untuk orang yang naik haji untuk meminta doa kepadanya. Semoga Allah kabulkan doanya dan kamu Allah panggil untuk naik haji ke Baitullah.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].