Contoh Promosi Produk Yang Bisa Kamu Gunakan di Toko Online-mu!

0
761
Promosi Produk
Promosi Produk

Promosi adalah salah satu tahap yang sangat penting dalam penjualan. Dengan mempromosikan produk, calon konsumen dapat mengetahui keunggulan yang ditawarkan. Promosi harus bersifat menarik perhatian agar sukses mendorong konsumen berbelanja. Ada berbagai contoh promosi produk yang efektif dilakukan untuk mendongkrak penjualan. Apa saja di antaranya?

  • Penawaran Diskon

Siapa yang tidak tertarik dengan penawaran diskon besar-besaran? Menjual produk dengan embel-embel kata “diskon” dapat membuat konsumen tergerak untuk mencari informasi mengenai produk tersebut. Ketertarikan ini merupakan langkah awal sebelum melakukan pembelian. Jika produk tersebut sesuai dengan kebutuhan, proses jual beli akan terjadi.

Saat menawarkan diskon, penjual kerap menaikkan harga terlebih dahulu. Strategi ini kadang-kadang dipakai untuk menarik perhatian calon pembeli agar mau melihat-lihat produk. Jadi atau tidaknya pembelian selanjutnya bergantung pada ketersediaan dana dari pembeli atau kebutuhan terhadap produk tersebut.

  • Pemberian Hadiah

Salah satu cara yang paling efektif untuk mempromosikan produk adalah dengan memberikan hadiah kepada pembeli. Ada berbagai macam bentuk hadiah. Anda bahkan bisa menggunakan salah satu produk sebagai hadiah kepada pelanggan setia. 

Kriteria penerima hadiah bisa ditentukan sebelumnya. Sebagai contoh, konsumen yang berbelanja hingga Rp100.000 dalam satu waktu akan mendapatkan voucher diskon ekstra sebesar Rp25.000 untuk kembali berbelanja. Hadiah juga bisa diberikan kepada pelanggan yang selalu berbelanja di toko Anda.

  • Penawaran Reward

Konsep reward yang digunakan sebagai bentuk promosi berbeda dengan hadiah. Reward dapat berbentuk poin yang bisa dikumpulkan oleh pembeli setiap kali berbelanja. Pembeli bisa mendapatkan reward setelah berbelanja dalam jumlah tertentu. Selanjutnya, reward akan ditukarkan dengan produk atau potongan belanja.

Konsep reward seperti ini efektif untuk membangun loyalitas konsumen. Untuk mendapatkan keuntungan ekstra berupa reward, ia harus berbelanja secara berkala. Bagi penjual, tatkala konsumen berburu reward, produk pun akan lebih banyak terjual.

  • Pemberian Cashback

Salah satu contoh promosi produk adalah memberikan cashback. Cashback adalah pengembalian uang dengan persentase tertentu yang dihitung dari jumlah pembelian. Pemberian cashback akan mendorong pembeli untuk berbelanja dalam jumlah yang banyak. Logikanya, makin besar pembelian, makin besar pula cashback yang akan didapatkan.

Bagi pembeli, mendapatkan cashback akan membuat pengeluaran lebih hemat. Hal ini terutama ditekankan pada pembelian atau pembayaran yang berulang, seperti membayar tagihan. Namun, cashback biasanya disertai dengan syarat tertentu. Pembeli yang ingin mendapatkan dana ini harus memenuhinya terlebih dahulu.

Baca juga: 7 Cara Mengembangkan Bisnis Online Agar Lebih Maju!

  • Beli 1 Gratis 1

Contoh promosi produk yang umum ditawarkan oleh toko online adalah Beli 1 Gratis 1. Artinya, saat pembeli membeli satu produk, ia juga akan mendapatkan satu produk yang sama secara gratis. Biasanya, penjualan dibuat per paket sehingga pembeli langsung mengenali promo Beli 1 Gratis 1. Jika dihitung, harga produk hanya sebesar 50% dari harga yang sebenarnya.

Akan tetapi, alih-alih memotong harga menjadi setengahnya, strategi ini dapat “memaksa” pembeli membeli dua produk secara sekaligus. Hal ini menjadi keuntungan bagi penjual karena barang yang terjual pun lebih banyak. Sebagian pembeli tetap tertarik mendapatkan promo ini walaupun tidak membutuhkan lebih dari satu produk.

  • Penawaran Flash Sale

Flash sale adalah penawaran diskon dalam jangka waktu tertentu. Strategi penjualan ini sangat efektif karena mendorong pembeli untuk melakukan pembelian dalam waktu cepat. Ini membuat konsumen tidak menunda-nunda untuk berbelanja karena takut kehilangan kesempatan mendapatkan produk yang murah.

Keuntungan flash sale bagi penjual adalah dapat fokus menjual produk tertentu. Biasanya, produk yang dimasukkan dalam kategori flash sale hanya produk tertentu. Pembeli pun secara otomatis akan memilih dari jenis produk yang ditawarkan. Penjual bisa menggunakan strategi promosi ini untuk menjual produk lebih cepat karena ada produk lain yang lebih unggul.

Beberapa contoh promosi produk ini layak dicoba untuk mendapatkan jumlah penjualan yang lebih besar. Anda bisa menentukan jenis promosi yang sesuai dengan karakteristik produk atau kebutuhan pelanggan. Dengan menerapkan strategi promosi yang tepat, toko online akan bisa bertahan di tengah persaingan ketat. 

Sisihkan Hasil Keuntungan yang Didapatkan dari Usaha Kamu dengan Melakukan Pengembangan Dana di Akseleran!

Miliki passive income yang menjanjikan dengan mengembangkan dana sekaligus membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]