Unique Selling Point (USP): Definisi, Manfaat dan Contohnya

0
546
USP Adalah

Nilai jual yang unik atau disebut juga Unique Selling Point (USP) menjadi hal utama yang bisa membedakan bisnis atau perusahaan Anda dengan banyaknya kompetitor yang menawarkan produk yang sama. Ini artinya, adanya USP memang sangat penting untuk suatu bisnis atau usaha, karena USP adalah cara yang bisa Anda gunakan untuk memilih siapa saja calon pelanggan potensial untuk kompetisi pasar bisnis Anda.

Definisi Unique Selling Point

Seperti sebutannya, USP adalah hal yang bisa membuat bisnis Anda berbeda dengan kompetitor. USP bisa disebut sebagai alasan para pelanggan tetap mau mengeluarkan uang untuk membeli produk yang Anda miliki dan bukan produk serupa milik pesaing. 

Memang benar, apabila semua pemilik bisnis menawarkan barang dan jasa serupa, maka calon pelanggan bisa kebingungan memilih produk yang tepat untuk mereka. Alhasil, mereka akan cenderung membeli produk yang ditawarkan oleh penjual yang dirasa mampu memberikan nilai keuntungan lebih baik dibandingkan dengan produsen lainnya. Nah, inilah yang selanjutnya dikenal dengan istilah USP. 

Nilai jual yang unik sendiri bisa dibilang jadi hal yang begitu krusial dalam bisnis, terlebih dengan berkembangnya teknologi sekarang ini. Bukan tanpa alasan, para kompetitor yang memiliki bisnis yang sama dengan Anda tak hanya berasal dari dalam negeri, tetapi bisa Anda jumpai di seluruh dunia. Artinya, calon pelanggan Anda punya banyak sekali pilihan. 

Jadi, apabila produk Anda tidak memiliki nilai jual yang unik yang mampu menarik minat calon pelanggan, bukan tidak mungkin mereka akan sangat mudah berubah pikiran dan membeli produk serupa dari para kompetitor. 

Manfaat Unique Selling Point

Memiliki produk yang unik tentu akan menghadirkan keunggulan tersendiri. Nah, beberapa manfaat dari USP adalah: 

Sebagai Pembeda

USP akan membuat produk yang Anda tawarkan punya perbedaan yang nyata dengan produk serupa yang dimiliki kompetitor. Berbagai fitur yang unik, penggunaan material yang berkualitas, tampilan luar yang lebih menarik, layanan purna jual yang responsif, hingga reputasi dari merek itu sendiri menjadi beberapa aspek umum yang biasanya dipakai oleh pemilik bisnis dalam menentukan USP produk. 

Membantu Meningkatkan Pendapatan

Saat Anda menawarkan produk dengan cara menjabarkan keunikan produk tersebut dan calon pelanggan melihat hal itu dengan baik, tentunya ini akan berdampak positif pada pemasukan bisnis. Semakin signifikan nilai jual unik yang dimiliki, semakin besar peluang Anda mendapatkan keuntungan. 

Membangun Pasar yang Loyal

Selain membantu meningkatkan pendapatan perusahaan, adanya USP juga memungkinkan Anda membangun pasar yang loyal. Pelanggan secara otomatis akan membeli kembali produk Anda, baik produk yang sama maupun produk lain yang Anda miliki. 

Promosi Lebih Mudah

Manfaat lain dari USP adalah produk Anda akan lebih mudah dikenal oleh calon pelanggan tanpa harus menggunakan banyak cara promosi. Jika Anda telah mendapatkan pelanggan setia atau pasar yang loyal, mereka secara sukarela akan merekomendasikan produk Anda pada orang lain yang belum pernah menggunakannya. 

Baca juga: Contoh Promosi Produk Yang Bisa Kamu Gunakan di Toko Online-mu!

Contoh Unique Selling Point

Cara paling mudah untuk lebih memahami bagaimana cara membuat USP sekaligus mengetahui cara kerjanya tentu melalui contoh nyata dalam bisnis yang sudah ada. Berikut beberapa pilihan bisnis yang telah sukses menerapkan USP:

Starbucks

Anda pasti sudah sangat akrab dengan nama kopi satu ini, ya? Mulanya, Starbucks hanyalah sebuah kedai kopi kecil di salah satu sisi kota Washington. Kini, brand satu ini berhasil membuka banyak cabang. Tak hanya di negaranya sendiri, tetapi hingga ke berbagai negara di seluruh dunia. Alasan utama Starbucks bisa menjadi salah satu merek kopi yang begitu mendunia karena mereka menawarkan kopi premium. 

Dessert Puyo

Contoh bisnis lain yang berhasil sukses dengan menerapkan USP adalah Dessert Puyo. Kalau mendengar kata dessert, Anda mungkin akan memikirkan berbagai makanan penutup yang memiliki kandungan gula dan kalori yang tinggi. Namun, Puyo berhasil memberikan pandangan yang berbeda tentang makanan penutup dengan menawarkan puding sehat yang kaya serat, tanpa pengawet, dan memiliki kandungan kalori rendah. 

Apple

Berikutnya ada Apple yang memiliki produk dengan logo buah apel tergigit di salah satu sisinya. Meski harga elektronik besutan Apple terbilang sangat tinggi, penyuka teknologi tetap memilih menggunakan produk mereka karena kecanggihan yang disematkan dalam semua produknya, baik ponsel, iPad, hingga MacBook.


Jadi, memang benar bahwa USP adalah hal yang sangat penting untuk bisa tetap bertahan di tengah persaingan bisnis. Aspek ini tentu akan menjadi pembeda yang signifikan antara bisnis Anda dengan para kompetitor.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]