Endorse Adalah: Fungsi, Cara Hingga Strategi Memanfaatkannya untuk Bisnis Anda

0
337
Endorse Adalah

Di tengah teknologi digital yang semakin canggih, cara orang untuk melakukan promosi makin beragam. Tidak cukup hanya dengan menggunakan iklan Google atau media sosial, saat ini ada promosi dalam bentuk endorse atau endorsement yang semakin banyak digunakan. 

Jika Anda mengikuti salah satu influencer atau selebritis, istilah endorse adalah sesuatu yang tidak asing. Endorse sendiri adalah kegiatan yang dilakukan oleh tokoh terkenal untuk mempromosikan sebuah produk secara gratis atau dengan bayaran tertentu. Untuk lebih memahami apa itu endorse dan bagaimana strategi endorsement bisa membantu meningkatkan jangkauan bisnis Anda, simak ulasan berikut ini!

Pengertian Endorse

Kata endorse sebenarnya berasal dari bahasa Inggris yakni endorsement. Jika diartikan secara bahasa, endorse berarti dukungan atau pengesahan. Dilansir dari surat kabar The Economic Times, endorse sendiri merupakan sebuah cara beriklan atau berpromosi yang memanfaatkan seorang selebriti atau tokoh terkenal. Tokoh yang dipilih umumnya adalah orang yang memiliki banyak followers, disukai dan juga dihormati orang banyak.

Endorse bisa dilakukan dengan cara berbayar maupun tidak. Semuanya tergantung antara kesepakatan antara tokoh tersebut dengan promotor yang menggunakan jasa mereka.

Bagaimana Cara Kerja Endorse?

Dalam dunia digital marketing, endorsement dilakukan untuk membuat citra atau image bahwa produk yang dipromosikan itu mendapatkan dukungan dari orang yang meng-endorse-nya. Cara ini dilakukan dengan memanfaatkan popularitas dan kepercayaan orang-orang terhadap tokoh tersebut. Tujuannya tentu saja untuk membuat orang yang mempercayai sang tokoh, juga percaya pada produk yang di-endorse-nya.

Pada praktiknya di lapangan, endorsement bisa dilakukan dengan cara terang-terangan maupun soft selling. Endorse terang-terangan biasanya dilakukan dengan menampilkan secara langsung sang tokoh bersama barang yang diiklankan lengkap dengan caption persuasif untuk menarik perhatian pembeli.

Tapi ada juga promotor yang menghendaki endorse dengan cara yang lebih natural atau soft selling. Dengan kekuatan popularitas yang dimiliki oleh tokoh tersebut, perusahaan bisa mendapatkan keuntungan di mana brand awareness jadi meningkat. Jika berjalan baik, ini tentu bisa meningkatkan angka penjualan pada akhirnya.

Baca juga: Contoh Promosi Produk Yang Bisa Kamu Gunakan di Toko Online-mu!

Apa Manfaat Endorse bagi Para Pemilik Bisnis?

Jika Anda memiliki sebuah bisnis, melakukan promosi tentu adalah hal yang wajib. Ada berbagai cara ampuh yang bisa ditempuh saat ini dan endorse adalah salah satu langkah yang cukup jitu. Apa saja manfaat endorse bagi sebuah bisnis?

Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness atau kesadaran merek perlu dibangun agar semakin banyak orang yang mengenal brand Anda. Jika brand berhasil populer dengan cara yang positif, Anda tentu akan mendapatkan keuntungan berupa kenaikan penjualan.

Membangun Kredibilitas

Tujuan utama dari endorse sebenarnya adalah untuk membangun kredibilitas. Jika tokoh yang Anda pilih mempromosikan produk Anda, masyarakat akan lebih mudah percaya. Bisa dibilang bahwa kredibilitas brand Anda akan meningkat mengikuti kredibilitas tokoh yang mengiklankannya.

Menjangkau Target Pasar yang Baru

Tujuan promosi yang sebenarnya adalah untuk menjangkau lebih banyak orang. Ketika melakukan endorse, produk Anda secara khusus akan dikenal di kalangan para penggemar sang tokoh. Dengan begitu, jangkauan pasar Anda akan semakin besar.

Membantu Memasarkan Produk Anda yang Lain

Melakukan promosi dengan cara endorse tidak secara khusus hanya meningkatkan popularitas satu produk saja. Ketika Anda punya brand dengan berbagai produk, item lain yang tidak diiklankan juga akan mendapatkan perhatian dari publik. Ini secara langsung juga akan mendongkrak penjualan varian produk lain yang Anda punya.

Pada dasarnya endorse adalah cara berpromosi yang cukup ampuh untuk digunakan. Terutama jika target pasar Anda adalah pengguna internet. Tapi perlu diperhatikan bahwa Anda tidak boleh salah memilih tokoh. Pilihlah sosok yang memiliki citra baik dan punya pengikut yang sesuai dengan target pasar Anda. Dengan begitu, promosi yang dijalankan akan lebih maksimal. Jangan lupa juga untuk memilih tokoh yang rate-nya sesuai dengan bujet Anda, ya!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]