7 Cara Mengembangkan Bisnis Online Agar Lebih Maju!

0
253
Cara Mengembangkan Bisnis Online

Kamu sudah memulai usaha atau bisnis online dalam kurun waktu yang cukup lama, tetapi belum ada peningkatan yang signifikan? Boleh jadi, cara mengembangkan bisnis online yang kamu lakukan masih belum tepat.

Pada dasarnya mengembangkan usaha merupakan tantangan yang relatif lebih besar dibandingkan membangun atau memulai di awal dulu. Nah, kalau Kamu masih bingung cara apa saja yang harus dilakukan untuk mengembangkan usaha online yang digeluti, berikut beberapa alternatif yang dapat dipertimbangkan.

Cara Mengembangkan Bisnis Online

  • Lakukan Evaluasi 

Cara mengembangkan bisnis online yang paling awal adalah dengan melakukan evaluasi dari apa yang sudah dilakukan selama ini. Jangan sampai kamu merasa tidak ada perubahan signifikan, padahal ternyata justru upaya yang sudah dijalani masih belum maksimal.

Lakukanlah evaluasi secara berkala. Hal ini akan lebih baik jika Kamu juga memiliki catatan terkait. Misal, kamu bisa mencatat, berapa penjualan yang terjadi, promosi apa saja yang sudah dilakukan, feedback apa yang diberikan pelanggan, dan sebagainya.

  • Pelajari Strategi Kompetitor

Karena kamu bukan satu-satunya penjual jenis produk yang dijual, maka mengenali kompetitor adalah bekal penting yang harus Kamu implementasikan. Observasi perkembangan yang mereka raih, lalu pelajari apa saja yang mereka lakukan hingga bisa mencapai titik ini.

Kamu bisa mencontoh apa yang mereka lakukan dengan modifikasi. Tenang saja, hal yang seperti ini sangat lumrah dilakukan dalam pengembangan usaha bahkan untuk bisnis perusahaan raksasa sekalipun.

  • Perdalam Riset Pasar

Bisa jadi, selama ini kamu terlalu fokus melakukan penjualan dengan melihat hanya dari sudut pkamung penjual. Dalam kata lain, kamu kurang berorientasi pada pelanggan. Padahal, bisnis yang baik adalah bisnis yang berorientasi pada pelanggan—melihat kebutuhan, keinginan, dan harapan dari sudut pandang pelanggan.

Cobalah untuk lebih memperdalam riset pasar. Kenali apa yang sedang menjadi tren, produk seperti apa yang sebenarnya lebih disukai dengan pelanggan, dan sebagainya. Kamu bisa meminta feedback dari pelanggan sebagai salah satu cara untuk melakukan riset ini.

  • Perluas Kanal Promosi

Teknologi digital benar-benar memberi kemudahan nyaris di segala aspek, terutama bisnis. Kamu tidak perlu lagi repot-repot melakukan promosi pengenalan produk secara door to door, menebar selebaran, dan cara-cara konvensional yang tidak cukup efektif maupun efisien baik dari segi waktu, biaya, maupun tenaga.

Manfaatkan berbagai kanal promosi yang ada. Meski word of mouth masih menjadi media promosi yang paling baik untuk jangka panjang, tak ada salahnya memperluas kanal promosi. Kamu bisa menggunakan Facebook Ads, Google Ads, bahkan YouTube sekalipun sesuai kemampuan yang dimiliki.

Baca juga: 5 Syarat Mudah Dari Produk Online Merchant Financing!

  • Perbanyak Promo

Pelanggan mana yang tak senang menyambut diskon? Potongan harga selalu menarik perhatian, baik bagi pelanggan baru maupun pelanggan lama. Berbagai studi pun menunjukkan bahwa adanya diskon membuat pelanggan merasa lebih berhemat meski mengeluarkan dana.

Manfaatkan kesempatan untuk meningkatkan penjualan ini dengan berbagai jenis promo. Kamu bisa memberi promo bundling, voucher diskon, pengumpulan kupon, dan sebagainya. Beberapa platform seperti GoFood dan Shopee misalnya, memiliki fitur untuk membuat promo yang akan memudahkan Kamu.

  • Buat Inovasi Produk

Barangkali, produk kamu yang itu-itu saja membuat pelanggan merasa jenuh. Hal ini bisa jadi dipengaruhi tren. Solusinya, tentu saja, adalah dengan menghadirkan inovasi.

Cara mengembangkan bisnis online ini bukannya menghilangkan identitas produk Kamu. Sebaliknya, inovasi yang dilakukan justru dapat meningkatkan keunikan dari produk yang kamu tawarkan. 

  • Perbaiki Aliran dan Pencatatan Keuangan

Perhatikan pencatatan keuangan yang sudah kamu terapkan selama ini. Bisa jadi, aliran dana yang masuk dan keluar tidak seimbang. Beberapa pengeluaran yang selama ini terlalu besar dan tidak terlalu substansial mungkin menjadi penyebab mengapa labamu terkesan tak juga bertambah sesuai yang diharapkan.

Periksa pula pencatatan keuangan yang dilakukan. Jika selama ini masih belum disiplin, mulailah untuk mencatat setiap detail pengeluaran maupun pemasukan—sekecil apa pun. Makin detail kamu mencatat, makin mudah untuk menelusuri bagian mana yang perlu dikoreksi.

Persaingan dalam usaha online semakin ketat setiap harinya. Maka dari itu, mau tidak mau, kamu pun harus adaptif dan melakukan berbagai cara mengembangkan bisnis online dengan tepat dan tekun.

Kembangkan Bisnismu dengan Mendapatkan Pinjaman Modal dari Akseleran!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehcingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

BLOG100

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]