Plus Minus Investasi Saham

0
881
Papan Transaksi Saham - Sumber Foto: www.investor.id

Investasi dalam bentuk saham menjadi salah satu jenis investasi yang bisa dikatakan menggiurkan bagi Sobat yang memiliki profil investasi pengambil risiko. Investasi saham dikategorikan sebagai investasi berisiko tinggi meski imbal hasil yang didapat bisa lebih tinggi dan cepat dari jenis investasi lainnya. Meski demikian setiap jenis investasi pasti memiliki plus minus termasuk investasi saham.

Jika Sobat ingin berinvestasi dalam bentuk saham, selain memiliki profil pengambil risiko tetapi Sobat juga perlu memiliki pengetahuan dasar tentang investasi terutama berinvestasi di pasar saham. Jika sudah memiliki bekal tersebut, potensi untuk menikmati manfaatnya terbuka luas.

Untuk bisa menikmati manfaat investasi saham, yuk kenali terlebih dahulu plus minus investasi saham yang berhasil Akseleran rangkum berikut ini:

Plus Investasi Saham

1. Potensi imbal hasil yang tinggi
Pergerakan saham yang fluktuatif bisa menjadi peluang harganya akan terus naik, tetapi biasanya hal ini mengikuti sentimen global maupun dalam negeri. Tetapi bisa juga karena secara teknikal. Dengan demikian, jika mendapat sentimen positif saham yang Sobat miliki bisa dengan cepat naik dan Sobat bisa melakukan aksi jual sehingga mendapatkan imbal hasil yang cepat dan tinggi.

2. Mendapat dividen
Dividen merupakan keuntungan yang dihasilkan perusahaan dan Sobat sebagai investor berhak mendapatkan dividen tersebut. Dividen dibagi berdasarkan lembaran saham yang Sobat miliki, jadi makin banyak Sobat berinvestasi di perusahaan tersebut, makin banyaklah dividen yang Sobat kantongi. Namun pembagian dan jumlah dividen yang dibagikan ini haruslah direstui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) terlebih dahulu, karena bisa jadi keuntungan akan digunakan untuk pengembangan perusahaan.

3. Bisa dilakukan di mana saja
Di era serba online, termasuk dengan investasi saham, Sobat tidak perlu repot-repot datang ke Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk membeli saham atau mengawasi pergerakan saham milikmu di sana. Justru sekarang ada aplikasi investasi yang bisa di-download di telepon genggammu dan bisa melakukan transaksi di mana pun Sobat berada.

4. MengIkut laju inflasi
Investasi saham tidak perlu khawatir investasimu tergerus inflasi. Karena biasanya saham bergerak mengikuti laju inflasi. Terutama jika Sobat memilih jenis saham yang tidak terpengaruh inflasi, misalnya saham properti.

Baca Juga:
Plus Minus Investasi Emas
Cerdas Kenali Arti Inklusi Keuangan
Cerdas Kenali Arti Literasi Keuangan

Minus Investasi Saham

1. Waktu yang tidak fleksibel karena harus sering melihat pergerakan harga saham
Investasi saham meski bisa dilakukan di mana saja, tetapi perlu dipantau setiap saat. Mengingat harga saham yang bergerak fluktuatif. Maka kemungkinan harga naik maupun turun dalam waktu yang singkat jika Sobat tidak memantaunya maka Sobat bisa melewatkan momen itu. Jika turun maka akan rugi jika naik maka keuntungan akan tipis.

2. Risiko tinggi karena pergerakan saham yang fluktuatif
Kebalikan dari imbal hasil yang tinggi, Sobat juga bisa mengalami risiko yang tinggi di mana harga saham yang Sobat beli sebelumnya jatuh lebih rendah. Hal ini sering dikarenakan aktivitas bisnis perusahaan yang merugi atau salah strategi.

3. Memiliki potensi loss ketika perusahaan dinyatakan bangkrut
Perusahaan bangkrut merupakan mimpi buruk untuk investor karena akan kehilangan semua dana yang sudah diinvestasikan. Bila sebuah perusahaan gulung tikar, pemegang saham menjadi faktor terakhir yang mendapatkan ganti rugi, karena perusahaan akan memprioritaskan pembayaran utang dan gaji karyawannya terlebih dahulu.

4. Tidak mendapatkan dividen
Kebalikannya dari plus investasi saham. Karena tidak semua perusahaan memberikan dividen. Jika Sobat ingin memperoleh dividen, sebaiknya mencari tahu dulu perusahaan mana yang membagikan dividen sebelum melakukan aksi beli saham.

Sobat, itulah plus minus investasi saham semoga bisa memberikan pengetahuan lebih jika ingin melakukan diversifikasi dana lebih.

Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]