Cerdas Kenali Arti Literasi Keuangan

0
2118

Terhimpit masalah keuangan seringkali memaksa banyak orang melakukan berbagai cara agar mendapatkan uang atau melipatgandakan uang dengan mudah dan cepat. Salah satu caranya bisa dari sebuah penawaran simpanan di koperasi, multi level marketing (MLM) hingga penawaran simpanan dalam bentuk digital. Terlebih kecanggihan teknologi tentu memberikan banyak kemudahan.

Sobat, sebaiknya berhati-hati dengan penawaran semacam itu dan pastikan legalitas hukumnya! Sebab, di Indonesia masih marak penawaran berkedok investasi semacam itu. Menariknya, yang menjadi korban berasal dari berbagai kalangan, mulai dari ekonomi menengah ke bawah hingga menengah ke atas. Salah satu penyebabnya adalah pemahaman literasi keuangan (financial literacy) yang masih rendah.

Apa itu Literasi Keuangan?

Literasi keuangan adalah pengetahuan dan kesadaran masyarakat mengenai lembaga keuangan formal, produk, dan jasa keuangan. Termasuk di dalamnya adalah manfaat, fitur, risiko biaya, kewajiban, dan hak dari suatu produk dan jasa keuangan. Dengan memahami financial literacy, Sobat dapat mengambil keputusan yang berkaitan dengan bisnis dan keuangan secara cerdas dan tepat. Misalnya, berkaitan dengan hal peningkatan aset, perencanaan pensiun, peminjaman, tabungan masa depan, dan lain-lain.

Kenapa Literasi Keuangan itu Penting?

Berbagai penelitian menyebutkan literasi keuangan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi suatu negara. Bahkan Bank Dunia (World Bank) dan Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank) pernah melakukan penelitian terkait hal tersebut.

Baca Juga:
Mengenal Ciri Investasi Bodong
Mengenal Tentang Perencana Keuangan
Mengenal Tentang Manajer Investasi dan Jenisnya

Otoritas Jasa Keuangan melakukan Survei Nasional Literasi Keuangan (SNLIK), hasil survei tahun 2019 lalu menunjukkan indeks literasi keuangan mencapai 38,03%. Angka tersebut meningkat dibanding hasil survei OJK 2016 yaitu indeks literasi keuangan 29,7%. Maka dalam 3 tahun terakhir terdapat peningkatan pemahaman keuangan (literasi) masyarakat sebesar 8,33%.

“Peningkatan tersebut merupakan hasil kerja keras bersama antara Pemerintah, OJK, Kementerian/lembaga terkait, Industri Jasa Keuangan dan berbagai pihak lain, yang terus berusaha secara berkesinambungan meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di masyarakat,” kata Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Tirta Segara melalui siaran pers yang disampaikan pada website www.ojk.go.id.

Meski mengalami peningkatan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan tingkat literasi keuangan di Indonesia masih rendah. Hal ini dikatakan Jokowi dalam Rapat Terbatas membahas Strategi Nasional Keuangan Inklusif di Kantor Presiden, Jakarta, mengutip www.suara.com.

Keuntungan Mengenal Literasi Keuangan Sejak Dini

Mengutip www.ojk.go.id, perlunya mengenal literasi keuangan sejak dini agar masyarakat luas dapat menentukan produk dan layanan jasa keuangan yang sesuai dengan kebutuhan, masyarakat harus memahami dengan benar manfaat dan risiko, mengetahui hak dan kewajiban serta meyakini bahwa produk dan layanan jasa keuangan yang dipilih dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Keuntungan bagi Sobat yang memahami literasi keuangan:

  • Mampu memilih dan memanfaatkan produk dan layanan jasa keuangan yang sesuai kebutuhan; memiliki kemampuan dalam melakukan perencanaan keuangan dengan lebih baik.
  • Terhindar dari aktivitas investasi pada instrumen keuangan yang tidak jelas.
  • Mendapatkan pemahaman mengenai manfaat dan risiko produk dan layanan jasa keuangan.

Sobat, itulah pentingnya mengenal literasi keuangan, jika sudah memahami literasi keuangan sehingga bisa terhindar dari jenis penipuan yang berkedok investasi atau investasi bodong, bisa membuat perencanaan keuangan yang baik, memiliki tujuan keuangan yang jelas, bisa menentukan jenis investasi yang tepat sesuai profil pribadi.

Jika Sobat masih boros atau kebiasaan nongkrong sehabis pulang kuliah/kerja bahkan impulsive ketika membuka aplikasi e-commerce atau belanja di mal. Berarti Sobat belum memahami betul apa itu literasi keuangan. Untuk itu, mulai sejak dini mempelajari literasi keuangan agar masa depan lebih baik dan terukur.

Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]