Memahami Apa Itu Price to Book Value dalam Saham!

1
31178
PBV Adalah

PBV adalah – Melakukan investasi pada instrumen investasi saham tentunya diperlukan pengetahuan terkait dunia saham yang mendalam mulai dari banyaknya istilah yang ada dalam dunia saham maupun mengoptimalkan investasi melalui bermacam-macam strategi. Namun, kali ini kita tidak membahas strategi untuk mengoptimalkan investasi saham tetapi hal lainnya yang tidak kalah penting yaitu istilah dalam dunia saham.

Saat akan membeli saham, tentunya calon investor akan melihat apakah saham yang dibeli tersebut layak atau tidak untuk dibeli. Warren Buffet pernah mengatakan bahwa salah satu ukuran yang digunakan untuk melihat layak tidaknya saham untuk dibeli adalah melalui Price to Book Value.

Apa Itu Price to Book Value?

Price to Book Value atau PBV adalah ukuran yang memiliki fungsi untuk melihat apakah saham di suatu perusahaan dapat dikatakan mahal atau murah. Nilai PBV sendiri didapat dari pembagian harga per lembar saham perusahaan dengan nilai buku atau book value. Rumus untuk mencari nilai Price to Book Value seperti di bawah ini: 

Price to Book Value (PBV) = Harga Saham / Book Value

dan

Book Value = Nilai Ekuitas / Jumlah Lembar Saham beredar

Seperti yang sudah dibahas sedikit di atas, salah satu komponen untuk melakukan perhitungan Price to Book Value adalah Book Value. Book Value adalah modal sendiri yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Nilai book value tertera pada neraca perusahaan pada bagian sisi aktiva. Nilai book value ini juga bisa didapat dari perhitungan aset dikurangi dengan utang.

Nilai Price to Book Value ini digunakan untuk menilai apakah harga dari saham yang ditawarkan perusahaan adalah harga saham yang mahal atau murah. Apabila nilai Price to Book Value berada di atas nilai 1, maka sudah dipastikan harga saham mahal, begitupun sebaliknya.

Baca juga: Mengenal Istilah-istilah dalam Dunia Investasi

Para investor tentu memiliki keinginan untuk membeli saham dengan harga yang murah atau yang memiliki nilai PBV adalah kurang dari 1. Tetapi perlu diingat, bahwa harga saham yang murah bukanlah jaminan akan mendatangkan keuntungan yang besar bagi pemegang saham. Bisa saja nilai tersebut rendah karena perusahaan tersebut memiliki banyak utang.

Sebaliknya, perusahaan yang memiliki nilai atau harga saham yang mahal juga belum tentu dapat mendatangkan keuntungan yang rendah. Perusahaan besar serta perusahaan yang bergerak di bidang keuangan tentunya memiliki nilai Price to Book Value yang lebih tinggi. Walau memiliki nilai yang tinggi, perusahaan yang berskala besar dan perusahaan yang bergerak pada bidang keuangan memiliki keuntungan lebih. Karenanya, beberapa investor memilih untuk membeli saham pada perusahaan besar serta perusahaan yang bergerak di bidang keuangan.

Penting untuk kamu yang ingin memulai investasi di bidang saham untuk mengetahui apa itu Price to Book Value. Dengan mengetahui istilah ini kamu dapat lebih mengoptimalkan investasi yang kamu lakukan. Yang terakhir, jangan lupa melihat risiko dari setiap investasi ataupun pengembangan dana yang kamu lakukan untuk mengetahui apakah investasi yang dipilih aman atau tidak dan sesuai atau tidak dengan keuntungan yang diterima.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].

1 COMMENT

Comments are closed.