Bulan Lalu ORI017 Rilis! Tapi, Sudah Tahu Apa Itu ORI?

0
248
ORI

Melakukan investasi sejak dini memang menjadi satu hal yang baik terutama untuk mereka yang ingin merencanakan keuangan dengan matang. Namun, saat ini memang pilihan instrumen investasi yang tersedia juga semakin beragam salah satunya adalah ORI yang belakangan menjadi perbincangan hangat di kalangan investor.

Ya, karena ORI ini menawarkan bunga di atas rata-rata inflasi serta juga lebih tinggi dibandingkan deposito, tentunya dengan risiko yang sangat kecil. Tetapi, dengan banyaknya keuntungan dari ORI tidak semua investor cocok dengan instrumen yang satu ini.

Oleh karena itu kita akan membahas lebih jauh mengenai lengkapnya pengembangan dana melalui instrumen yang satu ini:

Pengertian Serta Karakteristik dari ORI

Seperti yang kita ketahui bahwa pemerintah Indonesia tentunya membutuhkan bantuan kita sebagai masyarakat Indonesia untuk membangun negeri ini. Karena itu pemerintah melalui surat utang atau yang disebut obligasi inilah akhirnya berhutang kepada masyarakat.

Dalam bentuk tersebut obligasi yang diterbitkan adalah melalui negara bukan melalui perusahaan maupun lembaga lainnya. Hal itu juga agar para lapisan masyarakat dapat ikut berpartisipasi secara lebih menyeluruh. Lalu, sebenarnya apa itu surat utang atau obligasi yang diterbitkan pemerintah?

Seperti yang sudah kita bahas sedikit di atas, surat utang tersebut adalah surat yang menyatakan terkait utang dengan jumlah yang sudah ditentukan dan harus dibayar lunas pada jangka waktu tertentu. Di dalamnya juga tertera bunga atau kupon yang dibayarkan secara rutin selama periode tertentu.

Beberapa persyaratan untuk memulai investasi ORI ini adalah:

  • Orang perseorangan warga negara indonesia yang dibuktikan dengan Kartu Tanpa Penduduk
  • Investasi minimum dimulai dengan Rp1 juta dan kelipatannya
  • Memiliki rekening tabungan di bank

Manfaat serta Keuntungan ORI

  • Memiliki Keamanan yang Terjamin

Karena surat utang ini resmi dikeluarkan oleh negara atau pemerintah, maka sudah pasti tingkat keamanannya relatif lebih baik. Itu juga yang menjadi salah satu keunggulan dari instrumen investasi yang satu ini. Selain itu juga risiko gagal bayar dari ORI ini terbilang cukup rendah karena pembayaran pokoknya juga dijamin oleh negara.

  • Memiliki Imbal Hasil yang Tinggi

Keuntungan lainnya yang bisa didapatkan melalui investasi ORI ini adalah imbal hasil yang terbilang cukup tinggi. Pada seri terakhir dari ORI016 saja imbal hasilnya ada di angka 6,8%. Imbal hasil tersebut terbilang lumayan dan lebih tinggi sedikit dari instrumen investasi lainnya seperti deposito.

  • Pajak yang Tergolong Rendah

Jangan lupakan pajak! Ya, pada pajak yang dikenakan ORI ini juga cukup rendah kok, instrumen ini hanya mengenakan pajak sebesar 15% dibandingkan beberapa instrumen lain yang bahkan menerapkan pajak sebesar 20%.

Baca juga: Bayar Pajak Online? Mudah Kok Ini Caranya!

  • Dapat Dijadikan Agunan

Keuntungan berikutnya dari Obligasi Ritel adalah dapat dijadikan agunan. Obligasi ini dapat dijadikan jaminan, apabila kamu sedang membutuhkan dana untuk kebutuhan yang darurat sehingga obligasi ini bisa menjadi pilihan agunannya.

  • Tingkat Bunga Fixed

Keuntungan yang satu ini juga membuat banyak orang memilih ORI sebagai instrumen investasi miliknya yaitu tingkat bunga yang fixed atau tetap. Dengan tingkat bunga yang tetap, maka uang yang diinvestasikan oleh para investor tentu lebih aman.

  • Dapat Berpartisipasi Untuk Mengembangkan Negara

Yang terakhir dan paling penting dengan ORI kamu dapat melakukan investasi sekaligus membantu meningkatkan pembangunan negara ini. Secara tidak langsung kamu dapat berpartisipasi untuk mengembangkan pembangunan di Indonesia secara merata.

Obligasi yang satu ini memang terbilang risiko rendah, namun rendahnya risiko dari instrumen ini tidak membuat kamu santai sekali dalam memperhatikan pengelolaannya. Karena itu tetap memerlukan perhatian agar kamu juga dapat menentukan langkah selanjutnya dalam pengembangan dana yang kamu lakukan.

Pastikan setiap pilihan pengembangan dana yang dipilih sesuai dengan preferensimu dan juga jangan lupa untuk memastikan apakah instrumen pilihanmu bisa memberikan proses yang mudah, aman dan menguntungkan.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]