Mau Dapat Uang dengan Jadi Online Freelancer?

0
672

Pekerjaan sampingan online atau online freelancer bisa dikatakan sangat menggiurkan. Tak heran bisnis ini cukup banyak diminati oleh masyarakat, terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang. Selain menambah pundi rekening tetapi juga dianggap sebagai kegiatan yang produktif ketika di rumah saja.

Lalu online freelancer apa yang cocok untuk Sobat? Berikut beberapa tips yang berhasil Akseleran rangkum dari artikel-artikel terpercaya, agar Sobat bisa menjadi online freelancer yang dibanjiri project.

Berikut tipsnya!

1. Tentukan arah bisnis yang akan dijalani
Berjalan tanpa tujuan tentu akan sangat melelahkan. Begitu pula dengan bisnis, tanpa tujuan yang jelas dan yang terukur, tentu Sobat akan mengalami kesulitan untuk memulai dan menjalankan usaha sebagai freelancer atau cara mencari uang tambahan. Jadi, cobalah luangkan waktu untuk memikirkan dan memahami minatmu agar bisnis freelance berjalan dengan konsisten.

Sebagai contoh, apakah Sobat ingin menjadi penulis lepas? Desainer? Developer website? Pastikan keputusan ini adalah yang benar-benar Sobat inginkan atau minat dan keahlian agar bisa berkomitmen dalam menjalankannya.

2. Cari target bisnis yang menguntungkan
Menentukan target bisnis merupakan hal yang relatif sulit. Terlebih jika Sobat belum memahami peluangnya. Untuk mengetahui peluang Sobat bisa riset atau bertanya kepada teman yang memiliki profesi dengan keahlian yang Sobat miliki. Dari situ, Sobat bisa mengetahui peluang mendapatkan pekerjaan sampingan seberapa besar?

Hal ini tentu ada banyak pesaing. Misalkan Sobat memiliki keahlian menulis, di bidang menulis yang akan bersedia mengenakan tarif jauh lebih rendah daripada Sobat mungkin lebih banyak. Bahkan mungkin saja terdapat klien dari berbagai latar belakang kebutuhan dengan biaya hidup rendah sehingga bersedia menerima tarif menulis yang lebih murah dibanding menggunakan jasa Sobat. Lalu bagaimana? Tentunya Sobat jangan langsung patah semangat, tetapi coba cari cara lain dengan menambah jaringan atau luangkan waktu untuk bertemu dengan teman-teman lama, lalu memperkenalkan pekerjaan sampingan yang Sobat tekuni. Hal ini mungkin bisa menjadi peluang terbaikmu.

Dengan begitu, sebenarnya Sobat akan merasa lebih aman karena orang yang mereferensikan Sobat sudah pasti tahu bagaimana karakter dan gaya kerja Sobat. Mereka bisa mengekspos kelebihanmu pada rekan atau kerabat mereka.

Baca Juga:
2020 Segera Berakhir, Sudah Siapkan Resolusi Keuangan 2021?
Seberapa Besar Peluang Investasi di Masa Resesi Ekonomi?

3. Kenali lebih mendalam target klienmu
Mengenali lebih mendalam siapa target klienmu adalah hal yang penting. Hal ini agar memudahkan Sobat ketika mendapatkan arahan dari klien, setidaknya sudah memahami kebutuhan dasar para klien ketika menggunakan jasamu.

Misalnya, Sobat seorang freelance writer yang sudah biasa bekerja di lingkungan startup dan e-commerce. Sobat mungkin bisa memberi suggest dengan fokus membangun proyek-proyek bisnis klien dan perjelas pada mereka bahwa Sobat sudah terbiasa di bidang/ lingkungan tersebut. Sobat bisa meyakinkan mereka bahwa Sobat adalah orang yang tepat untuk membantu kesuksesan bisnis mereka dengan jasa yang Sobat tawarkan.

Dengan adanya spesialisasi seperti di atas, Sobat akan lebih leluasa untuk menawarkan tarif yang mampu bersaing. Bahkan mungkin Sobat bisa punya daya tawar yang tinggi.

Jika masih merasa sulit mengenal target klien, Sobat bisa mencoba menjawab beberapa pertanyaan berikut:

  • Online freelancer apa yang akan ditekuni dan bermanfaat?
  • Berapa tarif jasa online freelance Sobat?
  • Bisnis mana yang mampu membayar harga sesuai tarif yang Sobat tentukan?
  • Seperti apa demografi minat online freelance yang Sobat tekuni?
  • Bagaimana cara Sobat mendapatkan klien?

Well Sob, jangan biarkan orang lain mendikte bahkan menentukan tarif jasa yang Sobat tawarkan ya! Sobat cukup buktikan kualitas dan keahlian yang Sobat miliki. Sobat berminat menjadi online freelancer? Jika sudah mendapatkan online freelance, yuk kembangkan upah pekerjaan sampingan tersebut ke P2P Lending Akseleran! Agar upah dari online freelance semakin cepat berkembang karena mendapatkan imbal hasil hingga mencapai 21% per tahun.

Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]