Cara Menabung 50 Juta Dalam Setahun, Mulai Tahun Depan!

0
121
cara menabung 50 juta dalam setahun

Tak sedikit orang mencoba menerapkan cara menabung 50 juta dalam setahun. Meskipun tampak sulit, target tersebut dapat Anda capai dengan niat kuat dan usaha. Pada dasarnya, kegiatan menabung memang dianjurkan untuk mempersiapkan keperluan di masa mendatang. Ketika terjadi hal mendesak, Anda tak perlu panik mencari pinjaman karena dapat menggunakan tabungan untuk mengatasi permasalahan tersebut. 

Begini Cara Menabung 50 Juta Dalam Setahun

Untuk mewujudkan target menabung 50 juta dalam setahun, Anda perlu menyusun strategi yang tepat. Selain usaha, disiplin dan konsisten juga menjadi salah satu kunci kesuksesan menabung. Lantas, bagaimana cara menabung 50 juta dalam setahun? Berikut uraiannya. 

Membatasi Pengeluaran

Mengumpulkan uang 50 juta bukanlah perkara mudah. Terutama bagi Anda yang sudah berkeluarga atau memiliki penghasilan pas-pasan. Solusinya, mulailah dengan membatasi pengeluaran dan mengurangi belanja yang tidak diperlukan. Susun skala prioritas untuk memudahkan Anda memilih kebutuhan yang penting, kurang penting, dan tidak penting. Manfaatkan promosi atau diskon di waktu tertentu untuk menghemat pengeluaran. 

Membatasi pengeluaran secara tidak langsung mendorong Anda untuk hidup hemat dan membiasakan diri membeli barang yang benar-benar dibutuhkan. Alih-alih nongkrong bersama teman dan menghabiskan uang hingga ratusan ribu, uang tersebut bisa dialihkan untuk tabungan masa depan. Apabila dilakukan secara terus-menerus, lambat laun uang tabungan akan terkumpul sesuai target. 

Manfaatkan Aplikasi Pencatat Keuangan

Cara menabung 50 juta dalam setahun bisa Anda wujudkan dengan memanfaatkan aplikasi pencatat keuangan. Sesuai namanya, aplikasi ini dirancang untuk memberikan informasi lengkap mengenai keuangan. Gunakan aplikasi pencatat keuangan agar jejak arus kas keluar dan masuk terekam jelas. Aplikasi pencatat keuangan juga memudahkan Anda mengelola keuangan, meminimalisasi kesalahan perhitungan, dan menghemat waktu.

Buat Tabel Menabung

Buat tabel menabung 50 juta dalam setahun untuk mendorong semangat mengumpulkan uang. Agar lebih menarik, buat tabel tabungan selama 30 hari dengan nominal bervariasi. Namun, perlu diingat bahwa nominal tersebut harus berjumlah Rp4.200.000 supaya target menabung 50 juta dalam setahun dapat direalisasikan. 

Contoh: hari pertama tabel bertuliskan Rp50.000, coret angka tersebut dan masukkan uang ke celengan. Nominal hari kedua lebih besar, yakni Rp200.000. Setelah mencoret angka, masukkan uang sesuai nominal ke celengan. Lakukan hal yang sama hingga tabel penuh dan buat tabel baru untuk bulan berikutnya hingga satu tahun ke depan. 

Terapkan Metode 50/20/30

Cara menabung uang 50 juta dalam setahun selanjutnya adalah menerapkan metode 50/20/30. Metode yang diperkenalkan oleh Senator Elizabeth Warren ini mengajak Anda untuk membagi seluruh pemasukan menjadi tiga bagian. 50% untuk tagihan dan kebutuhan harian, 20% untuk tabungan dan investasi, serta 30% untuk hiburan. Meskipun disarankan, cara ini lebih cocok bagi Anda yang memiliki penghasilan bulanan di atas Rp20.000.000. 

Mencari Pekerjaan Tambahan

Bagi Anda yang memiliki gaji pas-pasan, dianjurkan untuk mencari pekerjaan tambahan agar target tercapai. Anda bisa membuka usaha kecil-kecilan di rumah atau bekerja freelance. Gunakan kemampuan Anda untuk mendapatkan uang tambahan. Contoh: Anda pandai menggambar, manfaatkan hal ini dengan cara menjual jasa gambar ke teman-teman atau melalui media sosial. Kalau Anda memiliki kemampuan memasak yang baik, jangan ragu menitipkan makanan di warung, pasar, atau membuatnya ketika ada pesanan.

Baca juga: Mau Dapat Uang dengan Jadi Online Freelancer?

Jual Barang Bekas

Banyak orang menghemat pengeluaran dengan membeli barang layak guna melalui marketplace. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk menambah pemasukan. Jual barang bekas yang tak terpakai, seperti baju, sepatu, celana, alat rumah tangga, atau lainnya dengan harga terjangkau. 

Kesimpulan

Menabung 50 juta dalam setahun bukanlah hal mustahil. Banyak cara yang dapat Anda coba untuk mewujudkan hal tersebut. Salah satunya dengan membatasi pengeluaran dan mulai menerapkan gaya hidup hemat. Meskipun mungkin Anda akan kesulitan ketika memulainya, niat kuat akan mendorong Anda untuk terus berusaha tanpa berputus asa. 

Demikianlah sejumlah cara menabung 50 juta dalam setahun yang bisa Anda terapkan. Berbekal cara tersebut, Anda tak perlu ragu untuk menyisihkan uang setiap bulan selama satu tahun ke depan. Ingat, gunakan uang dengan bijak dan mulailah menabung untuk investasi di masa mendatang!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]