8 Usaha untuk Ibu Rumah Tangga yang Punya Anak Kecil

0
168
usaha untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil

Siapa, sih, yang tidak ingin mendapatkan penghasilan tambahan? Jika Anda seorang ibu rumah tangga dengan anak yang masih kecil, mungkin akan sedikit susah untuk mencari penghasilan tambahan jika harus keluar rumah. Tak perlu khawatir, Anda bisa memulai usaha untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil sebagaimana yang akan dijelaskan di artikel berikut.

Rekomendasi Pilihan Usaha untuk Ibu Rumah Tangga yang Punya Anak Kecil

Berikut adalah 8 rekomendasi pilihan usaha yang bisa Anda mulai di rumah.

Buka warung kelontong

Bagi Anda yang bingung ingin usaha apa, membuka warung kelontong adalah opsi utama yang bisa dicoba. Untuk memulai usaha warung kelontong, Anda perlu menyiapkan berbagai barang kebutuhan sehari-hari seperti gula, garam, minyak goreng, sabun, makanan instan, makanan ringan, dll. Anda juga boleh menjual sembako untuk melengkapi toko kelontong Anda.

Mulai bekerja secara freelance

Bekerja secara freelance juga bisa menjadi rekomendasi usaha untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil—terlebih lagi jika Anda memiliki skill dengan demand yang kontinyu seperti skill menulis artikel, membuat ilustrasi, entry data, dll.

Bayaran yang bisa Anda dapatkan pun bisa dikatakan lumayan, lho, apalagi jika Anda mampu menawarkan layanan freelance kepada klien luar negeri. Bagaimana, menarik, bukan? 

Jualan pulsa dan kuota

Tidak dipungkiri lagi bahwa pulsa dan kuota adalah kebutuhan setiap orang yang menggunakan handphone. Maka dari itu, usaha yang satu ini cocok dijadikan opsi usaha untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil. 

Jika Anda juga membuka toko kelontong di rumah, menambah pulsa dan kuota ke dalam daftar barang jualan bisa menambah pundi-pundi pemasukan Anda. Lumayan, kan, bisa untuk menambah uang belanja?

Buka jasa laundry kiloan

Kesibukan orang-orang dengan pekerjaan membuat usaha jasa laundry kiloan kian laris manis. Nah, jika Anda sedang mencari rekomendasi usaha yang bisa dilakukan di rumah, laundry kiloan adalah salah satu jawabannya. 

Untuk memulai bisnis ini, modal yang Anda perlukan memang cukup besar, namun tidak sampai ratusan juta. Alat dan bahan untuk memulai usaha pun dapat dibeli dengan mudah di kota domisili Anda. Meski mudah, mungkin Anda perlu merekrut karyawan untuk membantu mengerjakan orderan. Pasalnya, pekerjaan di laundry membutuhkan tenaga yang cukup besar. 

Baca juga: Modal Usaha Laundry Kurang dari Rp10 Juta? Bisa!

Membuka butik online

Membuka butik online juga bisa menjadi solusi usaha yang bisa dimulai di rumah. Jenis pakaian yang bisa Anda jual pun beragam, mulai dari daster, pakaian kasual, atau mungkin pakaian pesta. Anda bisa pilih jenis pakaian yang menguntungkan untuk dijual. 

Selain berjualan secara online, Anda juga bisa membuka butik di rumah. Dengan demikian, semakin banyak orang yang tahu bisnis Anda. Peluang peningkatan penjualan pun bisa Anda dapatkan.

Buka depo isi ulang air

Membuka depo isi ulang air juga bisa menjadi ide usaha untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil. Pasalnya, untuk mengisi ulang air Anda tidak membutuhkan waktu pelayanan yang lama untuk tiap customernya. Hanya saja, Anda mungkin akan dituntut untuk memiliki tenaga ekstra terutama saat mengangkut galon.

Jika berkenan, Anda bisa merekrut karyawan untuk membantu di depo isi ulang air minum. Dengan demikian, Anda bisa lebih fokus merawat anak, namun depo isi ulang air tetap beroperasi.

Jualan kebutuhan anak/balita (susu, popok, baju anak, dsb.)

Nah, opsi usaha selanjutnya adalah menjual kebutuhan anak/balita baik berupa susu, pakaian anak, maupun popok. 

Usaha jual beli susu formula dan popok bayi ini bisa menjadi salah satu pilihan usaha yang menguntungkan, lho. Pasalnya, demand untuk produk susu formula dan popok akan terus ada, demikian pula dengan pakaian anak. 

Jualan frozen food

Jenis usaha yang bisa Anda coba selanjutnya adalah berjualan frozen food. Jenis makanan yang satu ini sempat naik daun pada awal pandemi Covid-19 di Indonesia. Menariknya, meski saingan semakin banyak, Anda bisa menjumpai semakin banyak juga toko frozen food yang semakin besar.

Kepopuleran frozen food ini disebabkan karena kepraktisan pengolahannya. Rasanya pun juga enak dan harganya bisa dibilang cukup murah jika dibandingkan dengan bahan aslinya. Nah, karena alasan-alasan itulah, jualan frozen food bisa menjadi ide usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga yang memiliki anak kecil.

Demikianlah 8 rekomendasi usaha untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil. Menurut Anda, ide usaha yang mana, nih, yang cocok untuk Anda dan bisa direalisasikan secepatnya?

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]