Modal Usaha Laundry Kurang dari Rp10 Juta? Bisa!

2
2070
Modal Usaha Laundry
Modal Usaha Laundry

Bisnis laundry merupakan salah satu peluang usaha yang cukup menguntungkan. Terlebih apabila Anda tinggal di kota besar yang membutuhkan mobilitas yang tinggi serta aktivitas yang padat sehari-harinya. 

Layanan laundry yang terdiri dari cuci dan setrika pakaian ini tentu menjadi pilihan utama bagi mereka yang menginginkan pakaian bersih setiap harinya. Namun, apabila membicarakan tentang usaha, tentu erat kaitannya dengan modal. Berapakah modal usaha laundry yang sebenarnya?

Meski usaha laundry kiloan ini telah banyak bermunculan di segala sudut kota, Anda tak perlu khawatir. Sebab dengan perhitungan yang tepat, usaha ini akan sangat menguntungkan bagi Anda. 

Keuntungan Membuka Usaha Laundry

Mengelola usaha sendiri tentu akan membutuhkan upaya yang lebih, tetapi tentu menawarkan keuntungan tersendiri. Apa sajakah itu?

Mudah mendapatkan pelanggan

Membuka usaha laundry merupakan pilihan bisnis yang tepat karena target pasarnya yang luas. Namun, Anda harus tetap memperhatikan lokasi di mana bisnis laundry ini dijalankan. Misalnya saja, di perkotaan padat penduduk atau di area kos-kosan akan lebih ramai dibandingkan dengan area komplek perumahan.

Bisa dijalankan dari rumah

Bila rumah Anda memungkinkan, bisnis laundry ini dapat dijalankan hanya dari rumah sehingga dapat mengemat beban biaya untuk menyewa tempat. Namun, bila ada bujet lebih, tak ada salahnya untuk menyewa tempat baru di lokasi yang lebih strategis untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih luas.

Mudah dilakukan

Bila Anda sudah terbiasa menggunakan mesin cuci, tentu ini sangat mudah dan dapat dikerjakan sendiri. Untuk menjemur atau menyetrika, Anda bisa melakukan sendiri atau merekrut karyawan untuk membantu Anda.

Penghasilan cukup besar

Keuntungan yang ditawarkan cukup besar. Di kota-kota besar, per kilogram cucian dipatok dengan harga Rp7-10 ribu. Maka, semakin banyak pelanggan, keuntungan Anda semakin besar.

Kelemahan Usaha Laundry

Modal besar

Modal usaha laundry tentu membutuhkan dana yang cukup besar untuk membeli mesin cuci, menyewa tempat, membayar karyawan, hingga membeli sabun dan perlengkapan lainnya. 

Biaya perawatan mahal

Apabila mesin cuci, setrika atau alat elektronik lainnya rusak, Anda harus mengeluarkan biaya lebih untuk memperbaikinya.

Persaingan yang cukup ketat

Sebelum membuka bisnis laundry ini, ada baiknya untuk survei memilih lokasi yang tepat dan survei kompetitor agar menjadi tolok ukur bagi usaha laundry Anda. Misalnya dari segi harga maupun pelayanan.

Baca juga: 7 Usaha Online yang Menjanjikan

Modal Usaha Laundry

Agar Anda dapat memperkirakan berapa modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha laundry, berikut ini adalah estimasi keperluan operasional laundry pada umumnya. 

Modal awal:

Barang/itemJumlahHarga
Mesin Cuci2 unitRp4.000.000,-
Mesin Pengering1 unitRp1.500.000,-
Setrika5 unitRp500.000,-
Timbangan Digital1 unitRp250.000,-
Meja dan Kursi1 setRp500.000,-
Renovasi1 kaliRp1.000.000,-
Biaya PromosiCetak banner, dll.Rp300.000,-
Total modal awal:Rp8.050.000,-

Biaya operasional bulanan:

Listrik1 bulanRp500.000,-
Deterjen20 KgRp500.000,-
Pewangi15 LiterRp150.000,-
Air1 bulanRp300.000,-
Gaji Karyawan1 bulanRp800.000,-
Lain-lainRp.200.000,-
Total biaya operasional/bulanRp2.450.000,-
infografis modal usaha laundry

infografis faktor yang mempengaruhi konsumsiMaka, total modal usaha laundry yang diperlukan ditambah dengan biaya operasional bulanan yaitu Rp8.050.000 + Rp2.450.000 = Rp10.500.000,-

Perhitungan di atas tadi hanyalah perkiraan modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis laundry. Namun, perhitungan ini dapat menjadi acuan untuk Anda yang tertarik dengan bisnis laundry. Anda dapat mencari barang dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga yang tertera di atas. 

Ketika memilih barang elektronik seperti mesin cuci, mesin pengering, maupun setrika disarankan menggunakan merek terbaik yang menjamin keawetan mesin dan perhatikan masa garansi barang tersebut. 

Kesimpulan

Peluang bisnis laundry memiliki potensi yang besar dengan pangsa pasar yang luas sehingga usaha ini cukup menjanjikan bagi Anda yang ingin memiliki usaha sendiri. Meski demikian, Anda pun tak bisa asal dalam menjalankannya. Mulai dari pemilihan lokasi yang strategis, survei kompetitor, memilih mesin cuci yang awet, hingga pemilihan detergen dan pewangi laundry pun harus dilakukan secara teliti agar dapat memberikan keuntungan maksimal nantinya.

Semoga penjelasan di atas serta rincian modal usaha laundry dapat memberikan Anda gambaran mengenai usaha laundry. Meski terlihat sederhana dan mudah, usaha ini tentu memerlukan persiapan yang matang dan strategi yang tepat agar bisa mendapatkan keuntungan maksimal. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

2 COMMENTS

Comments are closed.