12 Cara Menghemat Uang yang Simpel Untuk Diterapkan

0
170
cara menghemat uang

Cara menghemat uang merupakan solusi untuk mengatasi pengeluaran lebih besar dari pemasukan. Tak sedikit orang mengeluh penghasilan sebulan habis dalam waktu singkat. Penyebabnya beragam, mulai dari gaji pas-pasan, tak dapat mengatur keuangan, hingga kebiasaan menghamburkan uang. Apabila terus berlanjut, hal tersebut dapat menyebabkan Anda kesulitan memenuhi kebutuhan harian dan berakhir mengalami krisis keuangan.

Begini Cara Menghemat Uang yang Mudah dan Simpel

Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menghemat uang. Cara menghemat uang dapat dimulai dengan mengatur pengeluaran secara detail. Supaya lebih jelas, berikut tips mudah menghemat uang yang bisa diterapkan.

Catat Pengeluaran

Kendati kerap disepelekan, mencatat pengeluaran termasuk cara menghemat uang bulanan yang berdampak baik pada keuangan. Siapkan buku catatan dan tulis seluruh pengeluaran sesuai tanggal dan jumlah nominal. Cara ini memudahkan Anda mengetahui aliran dana keluar. 

Buat Anggaran

Ketika memiliki jejak pengeluaran, Anda bisa memanfaatkan catatan tersebut untuk membuat anggaran. Pilih barang yang dibutuhkan. Apabila dirasa terlalu boros, Anda bisa mengurangi anggaran yang tidak diperlukan.

Skala Prioritas

Skala prioritas sangat efektif mencegah pengeluaran uang berlebih. Mulailah menerapkan skala prioritas ketika ingin membeli barang. Supaya lebih mudah tulis seluruh barang yang hendak dibeli. Apakah barang tersebut benar-benar dibutuhkan atau hanya keinginan Anda untuk memilikinya? Jika tidak begitu mendesak, alangkah bijak apabila barang tersebut dimasukkan ke daftar tunggu. 

Menabung

Menabung adalah cara menghemat uang paling simpel untuk dilakukan. Kebiasaan ini bisa dimulai dengan menyisihkan uang receh yang didapat ketika belanja. Bisa juga dengan menyisihkan 10-20% penghasilan untuk ditabung setiap bulan. 

Bertransaksi Tunai

Alih-alih menggunakan kartu debit atau pembayaran digital lainnya, pilih pembayaran dengan uang tunai atau COD ketika berbelanja. Cara menghemat uang belanja ini mampu menekan pengeluaran. Pasalnya, bertransaksi tunai memudahkan Anda mengetahui arus kas keluar. Ketika hampir mencapai batas maksimal pengeluaran, Anda bisa mengurangi kegiatan belanja. 

Baca juga: Mengenal Lebih dalam Mengenai Sistem Transaksi yang Berlaku di Indonesia

Masak Sendiri

Banyak orang lebih menyukai membeli masakan matang karena dianggap lebih praktis dan menghemat waktu. Meskipun praktis, hal ini justru menghabiskan banyak biaya yang bisa Anda tekan dengan memasak sendiri. Selain lebih sehat, memasak sendiri dapat mengurangi pengeluaran hingga 20-30%. 

Bawa Bekal

Apabila memasak sendiri, Anda bisa membawa makanan tersebut sebagai bekal. Anda tidak harus mengeluarkan uang untuk makan siang. Uang tersebut bisa Anda simpan atau tabung untuk keperluan lainnya. 

Cari Barang Diskon

Mencari barang diskon atau promo menjadi cara menghemat uang paling banyak dilakukan. Anda harus rajin mengecek promo yang biasanya terpampang di halaman iklan marketplace atau brosur dan spanduk pusat perbelanjaan. Biasanya diskon besar-besaran banyak diberikan di waktu tertentu, seperti Hari Belanja Nasional, mendekati lebaran, HUT RI, serta Natal dan Tahun baru. Gunakan kesempatan tersebut untuk belanja dengan harga yang lebih murah.

Mengurangi Jajan

Menghemat uang jajan dapat dilakukan dengan mengurangi camilan. Alih-alih mengonsumsi makanan ringan, alangkah baik apabila Anda menerapkan jam makan secara disiplin. Makan tepat waktu tak hanya menyehatkan, tetapi juga membuat perut tetap kenyang hingga jam makan berikutnya.

Menggunakan Transportasi Umum

Menggunakan transportasi umum dinilai lebih murah dibandingkan kendaraan pribadi. Namun, Anda harus bangun lebih awal untuk menghindari kemacetan. Selain menghemat biaya, memilih transportasi umum artinya Anda telah mendukung Program Langit Biru.

Hindari Menggunakan Kartu Kredit

Menggunakan kartu kredit memang praktis. Namun, tak jarang hal ini mendorong seseorang terlalu konsumtif hingga pengeluaran membengkak. Alangkah bijak apabila Anda menggunakan kartu kredit ketika benar-benar diperlukan. 

Bijak Menggunakan Listrik

Tak dapat dimungkiri bahwa penggunaan listrik kerap disepelekan. Faktanya, menghemat listrik sama artinya dengan menghemat pengeluaran. Mulailah dengan mengurangi ketergantungan listrik. Contoh sederhana: mencabut kabel charger setelah digunakan atau mematikan lampu apabila tidak digunakan.  

Kesimpulan

Menghemat uang memang bukan hal yang mudah. Namun, masih bisa diupayakan dengan mengurangi pengeluaran yang kurang diperlukan. Lambat laun Anda akan terbiasa untuk membatasi pengeluaran sesuai kebutuhan, bukan apa yang Anda inginkan. 

Demikianlah sejumlah cara menghemat uang yang dapat Anda coba. Berbekal cara tersebut, Anda bisa menghindari pengeluaran berlebih. Gunakan uang dengan bijaksana, seperti menabung untuk hari tua atau investasi jangka panjang demi masa depan lebih baik.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]