Contoh dari Laporan Perubahan Modal

1
10146
Contoh Laporan Perubahan Modal

Ada beberapa laporan keuangan yang harus dibuat oleh pelaku usaha supaya dapat benar-benar mengetahui kondisi perusahaan. Salah satunya, laporan perubahan modal. Ini adalah laporan keuangan yang berisi informasi mengenai perubahan jumlah modal  pada perusahaan. Perubahan terjadi karena adanya kegiatan operasional yang dihitung dalam satu periode akuntansi.

Beberapa hal yang menyebabkan terjadinya perubahan modal adalah adanya tambahan modal dari investor atau sumber lain, adanya laba atau kerugian pada usaha, dan adanya pengambilan modal oleh pelaku usaha untuk keperluan lain. Nah, sebelum menyusun laporan perubahan modal, pelaku usaha harus membuat laporan laba rugi terlebih dahulu sebagai sumber data.

Komponen Laporan Perubahan Modal

Ada beberapa komponen yang harus tersedia di dalam sebuah laporan perubahan modal, yaitu:

  • Modal Awal

Modal awal adalah saldo yang tercatat pada awal periode laporan komparatif. Hal ini tercermin pada laporan posisi keuangan di periode sebelumnya. Modal awal ini tidak disesuaikan terkait koreksi kesalahan yang terjadi pada periode sebelumnya dan diperbaiki pada periode berjalan. Adanya perubahan kebijakan akuntansi selama tahun berjalan juga berdampak. 

  • Laba Bersih Setelah Pajak

Angka laba bersih setelah pajak bisa didapatkan dari hasil akhir laporan laba rugi perusahaan. Adapun hasil laba bersih setelah pajak didapatkan dari sejumlah perhitungan. Pertama, mendapatkan hasil laba kotor dari pengurangan penjualan bersih dengan harga pokok penjualan. Laba kotor tersebut dikurangi biaya beban usaha untuk mendapatkan angka laba usaha.

Selanjutnya, laba usaha ditambahkan dengan pendapatan lain di luar usaha, seperti pendapatan bunga. Hasil penjumlahan ini kemudian dikurangi dengan pajak penghasilan. Hasil yang didapatkan disebut dengan laba bersih setelah pajak.

  • Prive

Apa itu prive? Prive adalah pengambilan dana yang dilakukan oleh pemilik usaha perorangan untuk tujuan pribadi. Prive juga merupakan hak investor. Untuk melakukan prive, harus ada persetujuan dari para komisaris. Prive dapat berupa aset tak tetap dan aset tetap atau produk dari perusahaan tersebut.

Pengambilan dana ini akan mengurangi modal. Karena itu, prive harus dilakukan secara bijak. Ada beberapa aturan yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk mengelola prive, yaitu tidak boleh melebihi jumlah laba yang didapatkan, harus ada batasan, dan harus selalu dievaluasi secara rutin.

  • Tambahan Investasi

Selain faktor pengurang modal, ada pula faktor penambah modal dalam laporan perubahan modal, yaitu tambahan investasi. Meskipun faktor ini tidak selalu ada, tentu perlu dipertimbangkan juga sebagai bagian dari perubahan modal di perusahaan. Data tambahan investasi dapat diambil dari jurnal penyesuaian.

Baca juga: Nih 4 Jenis Investasi Jangka Pendek Untuk Pemula!

Membuat Laporan Perubahan Modal

Baik usaha kecil mikro maupun usaha makro harus memiliki laporan perubahan modal. Secara sederhana, rumus yang dapat digunakan adalah:

Modal Akhir = Modal Awal + (Laba Bersih – Prive)

Jika saldo perusahaan ternyata rugi, maka rumus yang digunakan adalah:

Modal Akhir = Modal Awal – (Rugi Bersih + Prive)

Supaya lebih jelas, berikut contoh laporan perubahan modal yang dapat Anda buat sendiri sesuai kondisi perusahaan.

PT Adi Perkasa

Laporan Perubahan Modal

Periode Januari 2020

Modal Awal Rp20.000.000

Tambahan Modal Disetor Rp15.000.000

Laba Bersih Setelah Pajak Rp25.000.000

Rp60.000.000

Prive Rp10.000.000

Modal Akhir Rp50.000.000

Dengan demikian, dari perhitungan tersebut, hasil modal akhir perusahaan adalah Rp50.000.000.

Selain sejumlah komponen yang menyusun laporan perubahan modal di perusahaan, ada pula beberapa faktor penambah atau pengurang lain. Salah satunya, keuntungan dan kerugian lain yang tidak diakui dalam laporan laba rugi, seperti keuntungan dan kerugian karena penerapan nilai tukar dan pajak biaya masuk.

Jika perusahaan memiliki investor, pembayaran dividen juga harus dikurangkan pada ekuitas pemegang saham. Selain itu, perubahan modal saham pun perlu dimasukkan dalam laporan perubahan modal yang dibuat dalam periode terkait. 

Dapatkan Template Contoh Laporan Perubahan Modal Word Gratis!

Klik tombol di bawah berikut dan dapatkan contoh laporan perubahan modal word yang bisa digunakan langsung untuk keperluan perusahaan dan pribadi.

Download Contoh Laporan Perubahan Modal

Cek juga:

Jadi, membuat laporan perubahan modal pada perusahaan merupakan hal yang sangat penting karena berkaitan dengan kondisi perusahaan secara keseluruhan. Dengan laporan ini, Anda bisa mengetahui penyebab bertambahnya atau berkurangnya modal perusahaan dengan jelas. Dengan demikian, Anda bisa melakukan langkah-langkah yang efektif untuk mengelola perusahaan. 

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

BLOG100

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]

1 COMMENT

Comments are closed.