Contoh Laporan Arus Kas Beserta 2 Metode Penyusunannya

10
97505
Contoh Laporan Arus Kas

Di artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai kemudahan memiliki laporan arus kas untuk kebutuhan usaha. Di artikel kali ini kita akan membahas mengenai contoh laporan arus kas serta metode dari arus kas itu sendiri. Sebelum melihat contoh dari laporan arus kasnya, kita akan masuk ke dalam metode dari arus kas itu sendiri.

Metode Penyusunan Arus Kas

Dalam melakukan penyusunan arus kas terdapat dua metode di dalamnya yaitu metode langsung atau yang disebut direct cash flow dan metode tidak langsung atau indirect cash flow. Perbedaan dari kedua metode ini memang terlihat dari cara penyusunannya. Pada metode langsung penyusunannya dilakukan sesuai dengan buku kas/bank. Penggunaannya kamu harus melaporkan berbagai kelompok penerimaan dan pengeluaran kas dari kegiatan operasional dari perusahaan. Lalu, selanjutnya dilanjutkan dengan kegiatan investasi dan pembiayaan.

Sedangkan metode tidak langsung penyusunannya dilakukan sesuai dengan laporan laba rugi dan neraca. Melalui metode ini, baik itu laba/rugi harus sesuai dengan cara mengoreksi pengaruh dari transaksi bukan dengan kas.

Langkah awal saat akan membuat cash flow adalah memastikan bahwa sudah memiliki dua sumber data yang digunakan yaitu:

  • Laporan rugi laba periode berjalan
  • Neraca periode yang sedang berjalan dengan neraca periode tahun sebelumnya 

Baca juga: Tips Menjaga Cash Flow atau Arus Kas dalam Bisnis

Contoh Laporan Arus Kas

Laporan arus kas ini memiliki tiga bagian utama yang digunakan baik itu pada metode langsung maupun tidak langsung memiliki tiga bagian ini yaitu arus kas dari aktivitas operasional, aktivitas investasi dan aktivitas pendanaan. Semua aktivitas tersebut harus ada dalam sebuah laporan arus kas.

Untuk lebih jelasnya kita akan melihat masing-masing contoh dari laporan arus kas di bawah ini:

  • Laporan Arus Kas Langsung

Laporan Arus Kas Metode Langsung

  • Laporan Arus Kas Tidak Langsung

Laporan Arus Kas Metode LangsungLaporan Arus Kas Metode LangsungLaporan Arus Kas Metode Langsung

Setelah melihat kedua contoh laporan arus kas di atas sudah terlihat kan perbandingan keduanya. Ingat saat pemilihan kedua metode ini nantinya mempengaruhi bagian dari kegiatan operasional perusahaan sedangkan pada bagian investasi dan pendanaan tentu akan sama. Jadi bagaimana setelah melihat kedua perbedaan di atas, mau menggunakan metode langsung atau tidak langsung?

Dapatkan Template Contoh Laporan Arus Kas Word Gratis!

Klik tombol di bawah berikut dan dapatkan contoh laporan arus kas word yang bisa digunakan langsung untuk keperluan perusahaan dan pribadi.

Download Contoh Laporan Arus Kas Langsung

Download Contoh Laporan Arus Kas Tidak Langsung

Cek juga:

Apapun pilihan metode laporan arus kas milikmu pastikan pengelolaannya dilakukan dengan baik ya. Karena dengan memiliki laporan arus kas yang lengkap dapat dimanfaatkan untuk banyak kebutuhan perusahaan loh, salah satunya dapat mempermudah kamu untuk mengajukan pinjaman modal usaha tersebut.

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

Dapatkan pinjaman modal usaha dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

BLOG100

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected].

10 COMMENTS

  1. […] Laporan arus kas merupakan salah satu elemen yang penting dan perlu diperhitungkan di dalam sebuah bisnis maupun perusahaan. Laporan tersebut berisi mengenai keterangan tentang pemasukan serta pembelanjaan kas untuk kurun waktu yang telah ditentukan. Manfaat dari adanya laporan tersebut yaitu agar bisa mengetahui pemasukan dan pengeluaran operasional dari sebuah bisnis. […]

  2. […] Laporan arus kas dibuat untuk mengetahui kondisi kas keuangan perusahaan yang sesungguhnya. Kondisi keuangan dari perusahaan sesungguhnya tentu mengenai catatan perubahan pada kas atau setara kas, biasanya berupa investasi jangka pendek yang amat liquid atau cair. […]

  3. […] Laporan arus kas adalah sumber kehidupan bagi sebuah bisnis, karena jika arus kas masuk lebih banyak dibanding arus kas keluar maka arus kas tersebut dinilai sebagai arus kas positif. Buruknya haruskah sebuah bisnis bisa menyebabkan kerugian bahkan kebangkrutan, baik dalam skala kecil maupun skala besar. […]

Comments are closed.