Kata-Kata Motivasi yang Bikin Semangat Investasi!

0
2721
Kata-Kata Motivasi

Sebagian besar dari kita sering menganggap investasi sebagai aktivitas yang berisiko tinggi. Orang yang akan melakukan investasi harus memiliki modal besar agar mendapatkan keuntungan. Anggapan itu sebenarnya tidak sepenuhnya salah, tapi juga tidak mutlak benar. Investasi memang berisiko, tapi bisa dipelajari dengan baik.

Selain itu, investasi juga tidak selalu menuntut untuk modal besar. Untuk Anda yang masih pemula, dana minim pun bisa digunakan. Yang paling penting adalah semangat dan mau belajar. Kalau saat ini Anda sedang ingin terjun ke dunia investasi, simak kata-kata motivasi di bawah ini.

  • The stock market is a device for transferring money from the impatient to the patient. – Warren Buffett

Seperti kata penguasa terkenal dunia, Warren Buffett, saat melakukan investasi baik itu pasar saham atau lainnya, lakukan dengan sabar. Jangan grusa-grusu hanya karena ingin keuntungan sesaat.

Pasar saham memiliki pergerakan yang cukup fluktuatif. Kadang naik dan kadang turun. Anda bisa mengamati tren yang terjadi apakah sedang mengalami bearish atau bullish. Dari tren ini Anda bisa menentukan kapan waktu yang tepat untuk buy dan sell agar dapat untung.

  • Investors should purchase stocks like they purchase groceries, not like they purchase perfume. – Ben Graham

Maksud dari kata-kata motivasi di atas adalah Anda disarankan untuk membeli saham atau melakukan investasi pada sektor yang memang dibutuhkan saja. Kalau tidak dibutuhkan, lebih baik uang disimpan dahulu dan menunggu kesempatan lain yang jauh lebih baik.

Jangan melakukan investasi dengan sembrono karena terlihat menarik. Ujung-ujungnya tidak terpakai atau tidak bisa dimanfaatkan dengan baik. Jangan hanya mengikuti tren sesaat.

  • Individual who cannot master their emotions are ill-suited to profit from the investment process. – Benjamin Graham

Saat melakukan investasi apa pun, jangan sesekali menggunakan emosi sesaat saja. Mengapa demikian? Karena Anda akan sulit sekali mencari celah untuk mendapatkan keuntungan.

Hilangkan emosi yang tidak perlu saat melakukan investasi. Dengan begitu, pikiran Anda akan jernih dan tahu mana saja investasi yang harus diambil dan mana yang harus dihindari.

  • Wall Street makes its money on activity, you make your money on inactivity. – Warren Buffett

Kata-kata motivasi lain dari Warren di atas cukup powerful. Kali ini beliau mengatakan kalau sebenarnya kita bisa membuat uang dalam kondisi santai atau tidak bekerja sama sekali. Biarkan pasar saham atau investasi berjalan dengan sendirinya dan Anda cukup mendulang untung.

Itulah kenapa semua orang disarankan melakukan investasi sedini mungkin meski modal yang digunakan tidak terlalu besar. Yang paling penting adalah keinginan untuk mencoba meskipun dengan modal seminimal mungkin. Kalau saat investasi dilakukan Anda di jalan yang tepat, uang akan bertambah dengan sendirinya.

Baca juga: 5 Cara Memulai Investasi Saham Untuk Pemula

  • Learn everyday, but especially from the experiences of others. It’s cheaper! – John Bogle

Saat melakukan investasi, Anda akan belajar banyak hal dari pengalaman orang lain. Terkadang sesuatu yang sangat text book tidak begitu relevan dengan kondisi sekarang. Akibatnya, Anda jadi susah sendiri dan kerap mengalami kerugian.

Salah satu cara paling mudah dan murah untuk belajar aneka teknik adalah dengan bertanya pada orang lain. Anda bisa bergabung dengan forum atau sejenisnya untuk saling membagi pengetahuan dan pengalaman.

  • To be a successful business owner and investor, you have to be emotionally neutral to winning and losing. Winning and losing are just part of the game. – Rich Dad

Lanjutan dari tidak boleh sering menggunakan emosi dalam bisnis atau investasi. Kata-kata motivasi di atas meminta Anda untuk tetap mawas diri meski sedang rugi banyak atau untung berlipat-lipat.

Investasi adalah bagian dari permainan yang menang atau kalah adalah sesuatu yang biasa. Namun, dengan strategi yang tepat, Anda bisa memenangkan apa saja dengan mudah.

Kata-kata motivasi di atas sedikit memberikan gambaran kalau dalam investasi kita harus memahami peluang, tidak boleh mengedepankan emosi, sampai anjuran untuk berinvestasi yang tepat sasaran. Jadi, kapan Anda mulai berinvestasi?

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]