Pentingnya Mempersiapkan Tabungan Pendidikan Anak

0
394
Tabungan Pendidikan

Tabungan pendidikan anak merupakan hal penting yang harus disiapkan oleh orang tua sejak dini. Bahkan, saat anak masih belum memasuki usia playgroup sekalipun, tabungan bisa dibuat. Anda bisa melakukan setoran secara rutin hingga akhirnya anak membutuhkannya untuk sekolah.

Memiliki tabungan pendidikan anak sejak dini wajib dimiliki oleh orang tua yang baru saja memiliki anak kecil. Kalau hal ini dilakukan, beberapa hal menarik di bawah ini bisa didapatkan dengan mudah.

  1. Ada Jaminan Biaya Saat Anak Membutuhkannya

Disadari atau tidak, biaya sekolah anak terus mengalami kenaikan dari waktu ke waktu. Bahkan, biaya SPP untuk anak TK saja bisa ratusan hingga jutaan rupiah per bulan. Kalau Anda tidak mempersiapkan semuanya sejak awal, biaya yang besar akan membebani Anda dan anak tidak dapat sekolah terbaik.

Itulah kenapa mempersiapkan tabungan pendidikan anak cukup direkomendasikan. Anda tidak perlu mematok atau menarget berapa jumlah uang yang akan disetor. Cukup melakukan setoran secara rutin saja sudah cukup.

  1. Risiko Kecil

Menabung di bank biasanya akan ditawari apakah memakai rekening biasa atau memang khusus tabungan anak. Keduanya sama-sama bisa dipakai untuk menyimpan uang. Keduanya juga berisiko cukup kecil. Peluang terjadi kerugian hampir tidak ada sama sekali meski disimpan bertahun-tahun.

Kalau Anda memilih tabungan khusus pendidikan anak, tanyakan pada pegawai bank, apa saja kelebihannya dibandingkan dengan jenis biasa. Kalau perbedaannya ada banyak dan cukup menguntungkan, Anda bisa memilihnya. Namun, kalau sama saja, lebih baik memiliki rekening standar saja.

  1. Membuat Anda Lebih Disiplin

Setelah memiliki anak dan membesarkannya, kebutuhan harian akan mengalami peningkatan. Ujung-ujungnya uang mudah habis dan tidak bisa memiliki uang simpanan. Menghindari hal seperti ini, Anda disarankan untuk langsung membagi uang ke beberapa keperluan, salah satunya adalah tabungan pendidikan anak.

Dengan rutin menyisihkan uang yang nantinya akan ditabungkan, Anda jadi lebih disiplin. Segala hal yang berhubungan dengan tabungan anak tidak bisa diotak-atik kecuali ada hal yang bersifatnya darurat. Karena sudah disiplin, ketika ada uang lebih akan langsung ditabung, tidak untuk senang-senang saja.

  1. Lebih Fleksibel dalam Menyimpan Uang

Karena bentuknya tabungan, Anda jadi lebih fleksibel dalam melakukan penyimpanan. Misal saat ini sedang ada banyak kelebihan, Anda bisa menggunakan internet banking untuk melakukan transfer. Namun, kalau sedang pas-pasan bisa menabung dengan jumlah minimal yang Anda tentukan sendiri.

Mau menyimpan uang kapan saja tidak masalah karena sudah bisa melakukan transfer langsung. Yang paling penting dalam satu bulan harus konsisten untuk menyetorkan uang dengan jumlah tertentu. Jangan sampai absen sekali saja karena bisa keterusan. Dampaknya tabungan anak tidak akan bertambah.

Baca juga: Pengertian Tabungan Jenis, Manfaat dan Fungsinya!

  1. Masih Mendapatkan Bunga

Sebenarnya inti dari menabung adalah untuk menyimpan uang agar bisa digunakan di kemudian hari. Jadi, Anda tidak akan memikirkan apakah nantinya akan bertambah atau malah berkurang. Yang jelas, setiap tabungan ada biaya administrasinya yang harus akan dipotongkan langsung setiap akhir bulan.

Kalau tabungan terus bertambah hingga jutaan rupiah, bank biasanya akan memberikan bunga. Besaran bunga bervariasi, umumnya 6% per tahun dari jumlah minimal yang tersimpan. Angka enam persen cukup lumayan kalau tabungan pendidikan anak yang Anda miliki tembus puluhan hingga ratusan juta.

Bunga tabungan di atas untuk jenis standar saja. Jenis tabungan lain seperti deposito kemungkinan memberikan bunga lebih banyak. Namun, dana akan tersimpan dalam jangka waktu tertentu. Kurang dari itu, uang tidak akan bisa Anda ambil.

Dengan mempersiapkan tabungan pendidikan anak sejak usia dini, mereka akan terjamin pendidikannya di masa depan. Selain itu, walaupun biaya pendidikannya besar, Anda tidak akan menambah kekurangannya terlalu banyak. Jadi, beban biaya anak saat sekolah tidak akan terasa sama sekali.

Selain dengan menabung langsung di bank, Anda juga bisa melakukan investasi. Cara ini cukup disarankan untuk Anda yang menguasai pasar saham atau uang dengan baik. Dengan begitu strategi investasi bisa diterapkan dan peluang mengalami rugi akan rendah. Bahkan bisa untung banyak dalam jangka waktu cepat.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]