Kriteria Pria Mandiri Secara Finansial

0
151

Menjadi pria yang mandiri secara finansial adalah sebuah proses yang akan terus berlanjut seumur hidup, sebuah proses tiada henti untuk menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya. Banyak pria yang mengidam-idamkan untuk memiliki status sosial ini, tak jarang pula seorang pria menjalani bisnis di luar pekerjaan utamanya sebagai pendapatan tambahan dengan tujuan tidak lagi memiliki beban keuangan, tidak lagi khawatir soal uang, bahkan ingin memiliki banyak aset.

Tetapi perlu diketahui, terkadang memiliki kekayaan yang banyak tidak serta merta menjadi seseorang yang memiliki kemandirian dalam keuangan. Nah, bagi Sobat yang kekayaannya tidak sebanyak orang yang Sobat ketahui atau Sobat kenal, namun Sobat bisa juga bisa menjadi orang yang sejatinya telah mencapai posisi mandiri secara keuangan itu sendiri.

Lalu sebenarnya seperti apa kriteria pria mandiri secara finansial? Berikut beberapa kriteria yang berhasil Akseleran rangkum untuk Sobat:

1. Gaya hidup sesuai pendapatan
Hal yang paling penting untuk memulai langkah mencapai seorang pria yang mandiri secara finansial adalah merefleksikan pepatah yang menyatakan bahwa ‘yang mahal adalah gaya hidup, bukan biaya hidup’. Artinya, Sobat harus mencukupkan diri dengan penghasilan yang dimiliki dan jangan terjebak pada gaya hidup di lingkungan sekitarmu. Tetapi menyesuaikan gaya hidup dengan pendapatan bukan berarti harus menjadi asosial, pelit, atau sangat membatasi diri, tetapi jangan juga memaksakan diri untuk sarapan di tempat yang menghabiskan budget weekend. Jika sudah bisa menerapkan ini secara tidak langsung akan membawa kebiasaan tanpa berutang.

2. Terbebas Utang
Beberapa pakar perencana keuangan mengatakan, memiliki utang sebenarnya hal yang wajar. Utang yang dimaksud adalah utang produktif seperti Kredit Pemilikan Rumah. Tetapi yang sangat tidak direkomendasikan adalah utang konsumtif.

Jika Sobat memiliki utang produktif, pastikan utang dikelola dengan baik yakni dibayar tepat waktu apapun keadaan Sobat. Jika pembayaran utang bisa dikelola dengan baik, kita bisa meraih banyak hal. Keterampilan mengelola utang menjadi salah satu kunci juga untuk mewujudkan tujuan finansial.

Untuk mencapai terbebas dari utang, caranya adalah lakukan pos-pos pengeluaran setiap bulannya, beli barang sesuai kebutuhan bukan keinginan, lakukan hal-hal yang produktif. Nah, jika terbebas dari utang, rasanya pasti begitu leluasa!

3. Memiliki diversifikasi portofolio
Memiliki diversifikasi portofolio sangat dianjurkan bagi setiap orang. Ini perlu dilakukan bukan untuk memupuk kekayaan, namun lebih dari itu untuk melindungi kekayaan itu sendiri. Misalnya saja, jika saat ini Sobat hanya berinvestasi pada sedikit bidang, maka dengan sendirinya Sobat hanya akan tergantung pada itu saja. Artinya Sobat tidak memiliki banyak pilihan ketika nantinya terjadi sesuatu pada salah satu instrumen investasi Sobat. Maka, jika tujuan Sobat adalah memiliki kemandirian finansial, lebih baik jika Sobat memiliki beragam investasi sehingga kemandirian secara finansial lebih memiliki potensi untuk dicapai.

Baca Juga:
Pria, Kenali Ciri Wanita Matre
Tips Mengatur Keuangan Bagi Pria Lajang
Tips Mengelola Keuangan untuk Pria Menikah

4. Memiliki dana darurat
Pria yang memiliki kemandirian finansial tidak pernah khawatir jika suatu saat terjadi hal buruk pada keuangannya. Karena pria mandiri secara finansial memiliki dana darurat yang siap dipakai kapan pun jika diterpa kejadian hal yang tak diinginkan terhadap dirinya. Tak sedikit pria yang sudah mandiri secara finansial akan merasa sadar betul bahwa uang sudah seharusnya tidak membuat hidup menjadi penuh kekhawatiran.

Untuk mencapai kemandirian finansial dalam porsi dana darurat pastikan Sobat memiliki minimal sebesar 6x lipat dari pengeluaran bulanan untuk single, 9x lipat dari pengeluaran bulanan untuk pasangan menikah dan 12x lipat untuk pasangan menikah dan memiliki anak.

5. Siap pensiun
Mungkin Sobat sekarang masih bekerja dan mendapatkan gaji, tetapi karena memiliki alasan lain seperti punya passion yang kuat di bidang yang saat ini digeluti, sehingga mendapatkan gaji sudah bukan lagi motivasi utama untuk melakukannya. Bisa dikatakan gaji dari pekerjaan sudah bukan yang utama lagi, maka seorang pria yang mandiri secara finansial akan siap untuk pensiun kapanpun mereka mau.

6. Memiliki proteksi yang cukup
Pria mandiri secara finansial, peduli dengan perlindungan diri. Maka pria mandiri secara finansial memiliki asuransi yang cukup untuk melindungi sesuatu yang menimpa dirinya dan orang-orang yang bergantung padanya, agar dapat meminimalisir dari risiko kerugian finansial yang bisa terjadi kapan saja.

Sobat, itulah beberapa kriteria pria mandiri secara finansial, apakah Sobat memiliki salah satu kriteria tersebut? Atau bahkan sudah memiliki semuanya? Nah, agar lebih maksimal lagi, yuk diversifikasi dana Sobat dengan cara mengembangkan dana di Akseleran. Mengembangkan dana di Akseleran aman, mudah dan menguntungkan karena Akseleran sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan tersertifikasi ISO270001, serta mendapatkan imbal hasil hingga mencapai 21% per tahun.

Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]