Insurable Interest, Prinsip Penting dalam Dunia Asuransi

0
2002
Insurable Interest Adalah

Pendapatan yang Anda peroleh biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan atau ditabung. Namun, tabungan sebenarnya belum cukup untuk menjamin hal-hal yang tidak terduga. Maka dari itu, hadirlah asuransi untuk menjadi solusi dari masalah tersebut. Asuransi menutup berbagai kepentingan di masa mendatang sehingga nasabah mendapatkan rasa nyaman dan aman.

Nah, dunia asuransi memiliki beberapa prinsip yang perlu diketahui. Insurable interest adalah salah satu yang terpenting. Ingin memahami hal-hal seputar insurable interest? Mari baca penjelasan di bawah ini!

Pengertian dari Insurable Interest

Insurable interest adalah jenis investasi yang melindungi apa pun yang berkaitan dengan kehilangan finansial. Individu atau suatu entitas memiliki kepentingan untuk diasuransikan dalam setiap aset, tindakan, maupun peristiwa. Ketika hal-hal tersebut rusak atau hilang maka akan menimbulkan masalah-masalah, seperti financial loss.

Untuk memperoleh kepentingan yang diasuransikan (insurable interest), individu atau suatu entitas biasanya akan mengurus kebijakan asuransi yang melindungi individu, aset, atau peristiwa. Kebijakan asuransi akan meminimalkan risiko kehilangan ataupun kerusakan jika terjadi sesuatu pada aset yang dimiliki.

Selain itu, insurable interest adalah syarat esensial untuk mengeluarkan sebuah kebijakan asuransi. Hal ini supaya dapat membuat individu atau entitas menjadi legal, valid, dan terlindungi dari tindakan membahayakan yang disengaja. Orang-orang yang tak sedang kehilangan finansial tidak memiliki kepentingan yang diasuransikan. Maka dari itu, jika tak ada financial loss, seseorang atau entitas tidak bisa membeli sendiri kebijakan asuransi sebagai bentuk perlindungan.

Memahami Cara Kerja Insurable Interest

Secara singkat, insurable interest adalah sebuah metode pengumpulan eksposur risiko yang melindungi pemegang kebijakan dari kehilangan finansial. Perusahaan asuransi sudah menciptakan banyak alat untuk menutup kehilangan yang berhubungan dengan berbagai faktor, misalnya kendaraan, kesehatan, jiwa, pendapatan, dan kerusakan properti.

Insurable interest secara spesifik berlaku pada orang atau entitas pemilik asumsi keberlanjutan atau umur panjang yang logis, membatasi kejadian merugikan tak diduga dalam bentuk apa pun. Selain itu, kepentingan yang diasuransikan juga menjamin prospek kehilangan dari individu atau entitas.

Sebagai contoh, sebuah perusahaan kemungkinan memiliki insurable interest pada CEO (Chief Executive Officer). Adapun contoh lain, seperti tim sepak bola yang kemungkinan memiliki kepentingan yang diasuransikan pada atlet bintang. Selain itu, sebuah bisnis bisa memiliki insurable interest pada pegawai-pegawai tingkat atas, tetapi karyawan biasa tidak termasuk.

Kunci yang perlu Anda tanamkan di benak adalah:

  • Insurable interest adalah basis dari segala kebijakan asuransi.
  • Kepentingan yang diasuransikan bisa berupa objek yang apabila terjadi kerusakan akan menjadi beban finansial bagi pemegang kebijakan.
  • Untuk bisa mendapatkan insurable interest, pemegang kebijakan perlu membeli asuransi untuk aset atau entitas.
  • Kebijakan tidak boleh menciptakan bahaya moral yang membuat pemegang kebijakan sengaja menimbulkan kehilangan supaya memperoleh insentif.

Baca juga: Apa Itu Asuransi? 5 Prinsip Asuransi yang Mempermudah Hidup

Hubungan Insurable Interest dengan Indemnity

Prinsip ganti rugi atau indemnity dimaksudkan agar kebijakan asuransi harus mengompensasi pemegang kebijakan untuk kehilangan yang tertanggung. Namun, kehilangan tersebut tidak boleh menjadi hadiah maupun hukuman bagi para pemegang kebijakan.

Tak hanya itu, prinsip ganti rugi mengharuskan perusahaan asuransi untuk merancang kebijakan yang melindungi nilai aset berisiko sebaik mungkin. Kebijakan yang dirancang secara asal-asalan hanya akan menciptakan krisis moral. Hal ini dapat meningkatkan pengeluaran biaya dari perusahaan asuransi dan mengarahkan keuntungan yang tidak masuk akal bagi pemegang kebijakan.

Contoh Insurable Interest di Dunia Nyata

Asuransi jiwa juga terkadang membutuhkan insurable interest. Ada beberapa kasus ketika orang-orang membeli kebijakan asuransi jiwa untuk kenalan lansia hanya karena mereka mengharapkan kematian orang tua tersebut dalam waktu dekat. 

Peraturan asuransi jiwa sekarang sudah memperhitungkan hubungan pemegang kebijakan dengan jiwa yang diasuransikan sehingga dirinya dapat mengalami kehilangan finansial. Orang-orang yang dapat terdaftar dalam asuransi jiwa, antara lain, saudara kandung, kerabat, suami atau istri, kreditur, atau rekan bisnis.

Demikian informasi seputar insurable interest yang perlu diketahui. Sudah mengerti mengapa insurable interest adalah prinsip penting dalam dunia asuransi? Jika sudah paham, tentu tidak perlu ragu lagi untuk menyisihkan uang dan menaruhnya pada asuransi yang kredibel. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]