Apa Itu Asuransi? 5 Prinsip Asuransi yang Mempermudah Hidup

0
2357
Prinsip Asuransi

Prinsip Asuransi – Bagi sebagian orang, memiliki asuransi adalah prioritas setelah kebutuhan utama hidup. Pasalnya, asuransi dapat mengurangi risiko keuangan yang dapat terjadi kapan saja. Maka dari itu, saat ini terdapat banyak jenis asuransi dari mulai asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan, barang mewah, hingga asuransi kendaraan dan rumah. 

Namun, tahukah Anda jika semua jenis asuransi tersebut berpegang pada prinsip asuransi yang sama? Sebelum memutuskan untuk memilih asuransi yang tepat, kenali dulu enam prinsip asuransi berikut ini.

  • Proximate Cause

Merupakan penyebab utama terjadinya kerugian. Proximate cause merupakan kejadian paling awal dalam kronologis kerugian. Jadi, hal yang dianggap merugikan adalah penyebab awal dari rentetan kejadian. 

  • Insurable Interest

Insurable interest adalah hak yang diberikan oleh pengguna untuk mengasuransikan yang tertanggung dalam perjanjian asuransi. Hak ini timbul setelah ada perjanjian keuangan yang sering disebut dengan polis dan memiliki dasar hukum.

  • Utmost Good Faith

Utmost good faith adalah niat atau iktikad baik dari kedua pihak (penanggung dan tertanggung) untuk menjalankan hak dan kewajibannya sesuai dengan perjanjian asuransi yang sudah disetujui. Dalam hal ini, kedua belah pihak secara sadar harus menaati butir-butir yang tertuang dalam perjanjian tanpa ada sesuatu hal yang ditutupi.  

  • Indemnity

Perusahaan asuransi selaku penanggung wajib memberikan penanggungan ganti rugi sesuai dengan perjanjian. Nilai tanggungan harus sesuai dengan nilai klaim yang sudah diajukan tanpa adanya penambahan atau pengurangan nilai dengan maksud mencari keuntungan. 

  • Subrogation

Prinsip asuransi ini berlaku jika kerugian diakibatkan oleh pihak ketiga di luar penanggung dan tertanggung. Setelah pengguna atau tertanggung mendapatkan ganti rugi yang sepadan, berikutnya biaya ganti rugi yang dibayarkan pihak ketiga harus menjadi hak penanggung. 

  • Contribution/Chronology

Penanggung berhak untuk mengumpulkan penanggung lainnya untuk ikut mengganti kerugian. Ini berlaku apabila pemegang polis atau tertanggung memiliki perjanjian dengan perusahaan asuransi lain. 

Pada dasarnya, asuransi menjamin kestabilan keuangan jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Tujuannya adalah untuk mengembalikan kondisi keuangan seseorang ke kondisi semula sebelum kerugian terjadi. Maka dari itu, asuransi juga bisa dianggap sebagai upaya mengelola risiko. 

Biasanya, premi yang dibayarkan pemegang polis selama jangka waktu asuransi akan sepadan dengan jumlah penanggungan yang akan didapatkan. Inilah mengapa, pemilihan asuransi berdasarkan jenis, fungsi, serta premi sangat penting untuk dilakukan.

Memilih Asuransi yang Baik

Saat Anda menyetujui perjanjian asuransi dengan agen atau perusahaan, Anda harus berpikir secara jangka panjang. Memang, dibutuhkan pertimbangan lebih dalam sebelum Anda benar-benar menandatangani perjanjian tersebut. 

  • Pilih yang Anda butuhkan

Misalnya saja, Anda mungkin perlu untuk mengambil asuransi pendidikan jika memiliki anak-anak yang masih kecil dan akan bersekolah. Atau, asuransi kesehatan tentu saja berguna terutama karena biaya rumah sakit bisa tidak terduga dan berjumlah besar. 

  • Sesuaikan premi dengan kemampuan finansial Anda

Premi akan terus Anda bayarkan setiap bulan selama beberapa tahun ke depan. Jadi, usahakan agar nilai tersebut tidak memberatkan pengeluaran Anda setiap bulannya. 

  • Cari tahu tentang perusahaan asuransi Anda

Hampir semua agen asuransi menawarkan keuntungan yang menggiurkan dalam bentuk proteksi. Namun begitu, Anda juga harus teliti dalam mencari informasi tentang perusahaan asuransi tersebut. Untuk asuransi jiwa, pastikan perusahaan terdaftar pada Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI).

Dalam memilih asuransi, Anda tidak perlu tergesa-gesa dalam mengambil keputusan. Periksa semua klausul yang ada pada perjanjian asuransi dan baca satu per satu. Hal ini perlu dilakukan agar Anda mengerti tentang hak dan kewajiban yang timbul setelah perjanjian disetujui—termasuk kewajiban untuk membayar premi secara konsisten setiap bulan.

Pentingnya Berasuransi

Hidup penuh dengan hal tidak terduga, dan asuransi adalah salah satu cara untuk mengantisipasinya. Dengan manajemen risiko yang baik, Anda bisa mengurangi kerugian yang mungkin saja terjadi. 

Jika Anda belum yakin mengenai asuransi apa yang sebaiknya Anda pilih, konsultasikan dengan agen penjual asuransi. Dengan melihat aset, usia, jumlah anggota keluarga, usia, serta pendapatan, mereka bisa membantu Anda untuk menghitung perkiraan risiko yang mungkin terjadi dan kerugiannya. 

Setelah mengetahui prinsip asuransi, apakah Anda siap melindungi diri dan keluarga dengan asuransi yang tepat? Cari tahu lebih lanjut dan tentukan pilihan.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

voucher promo akseleran blog blog100

Akseleran Apps

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]