Memahami Karakteristik dan Tipe Interest Rate dalam Dunia Finansial!

2
3847
Interest Rate Adalah

Bagi mereka yang berkecimpung dalam dunia finansial tentunya interest rate atau suku bunga mungkin tidak lagi asing di telinga mereka. Saat melakukan pengajuan pinjaman maupun saat memberikan pinjaman akan berkaitan dengan berapa banyak bunga yang dikenakan dan berapa banyak bunga yang didapatkan. Oleh karena itu, penting untuk mereka mengetahui serta memahami lebih dalam mengenai interest rate ini. 

Pengertian Interest Rate atau Suku Bunga

Setiap perubahan dari tingkat suku bunga tentu akan berdampak pada perubahan jumlah investasi di suatu negara, hal tersebut juga berasal dari investor luar maupun dalam negara. Terlebih lagi pada jenis investasi portofolio yang memiliki jangka waktu lebih pendek. Perubahan dari tingkat suku bunga akan berpengaruh terhadap permintaan serta penawaran pada pasar uang domestik. 

Apabila pada suatu negara terjadi peningkatan aliran modal masuk di luar negeri, hal ini menyebabkan terjadinya perubahan nilai tukar mata uang negara tersebut terhadap mata uang asing di pasar valuta asing.

Karakteristik Pinjaman dari Tingkat Interest Rate

Seperti yang sudah kita singgung sedikit di atas bahwa berbicara mengenai interest rate atau suku bunga mungkin tidak akan lepas dari yang namanya pinjaman. Oleh karenanya, di bawah ini kita akan membahas mengenai karakteristik pinjaman dari tingkat interest rate yaitu:

  • Term or Maturity

Karakteristik yang satu ini adalah suatu jangka waktu atau jatuh tempo, dimana mereka harus melakukan pembayaran. 

  • Risk

Beberapa pinjaman pada umumnya tidak memiliki risiko, namun beberapa lainnya juga memiliki tingkat inflasi spekulasi yang tinggi.

  • Liquidity

Aktiva dikatakan likuid apabila dapat diubah dalam bentuk tunai secara cepat dan dengan kerugian yang minim.

  • Administrative Costs

Biaya administrasi yang dibebankan pada para peminjam atas kelalaian dan urusan administrasi. 

Itulah beberapa karakteristik pinjaman sesuai dengan tingkat suku bunganya.

Baca juga: Nikmati Kemudahan Pinjaman Bunga Rendah di Akseleran!

Tipe-Tipe Interest Rate atau Suku Bunga

Tipe suku bunga sendiri terbagi menjadi dua yaitu:

  • Real Interest Rate

Tipe suku bunga yang satu ini merupakan koreksi atas tingkatan inflasi dan didefinisikan sebagai nominal interest rate dikurangi dengan tingkat inflasi. Real interest rate ini juga memiliki rumus seperti di bawah ini: 

Real Rate = Nominal Rate – Rate of Inflation

  • Nominal Interest Rate

Tingkat suku bunga yang biasanya tertera pada rekening koran dimana mereka dapat memberikan tingkat pengembalian untuk setiap investasi yang dilakukan. 

Peran Suku Bunga dalam Perekonomian

Tingkat bunga dapat menentukan setiap jenis investasi yang akan memberikan keuntungan atau imbal hasil kepada para pengusaha. Para pengusaha ini juga akan melaksanakan investasi yang mereka rencanakan hanya apabila tingkat pengembalian modal yang mereka terima melebihi tingkat bunganya.

Dengan banyaknya investasi pada jangka waktu tertentu sama dengan nilai dari seluruh investasi yang tingkat pengembalian modalnya melebihi atau sama dengan tingkat bunga itu sendiri. 

Apabila tingkat bunga menjadi lebih rendah, lebih banyak usaha yang mempunyai tingkat pengembalian modal yang lebih tinggi daripada tingkat suku bunga. Semakin rendah tingkat bunga yang harus dibayar para pengusaha, semakin banyak usaha yang dapat dilakukan para pengusaha. Semakin rendah tingkat bunga semakin banyak investasi yang dilakukan para pengusaha.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100 Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

2 COMMENTS

Comments are closed.