Cara Memulai Bisnis Frozen Food: Modal, Keuntungan dan Kekurangannya

3
1283
frozen food

Usaha frozen food atau makanan beku siap masak merupakan salah satu bisnis yang semakin menemukan momentum setelah pandemi. Anda bisa memulainya dari berbagai level, mulai dari rumah tangga hingga bisnis ukuran sedang. Tertarik ingin memulai? Mulailah dari panduan ini.

Mengapa Memilih Bisnis Frozen Food?

Bisnis frozen food memiliki banyak pelanggan bahkan sebelum pandemi. Makanan beku siap masak bersifat praktis, tahan lama, dan hemat karena bisa disimpan di lemari es untuk makan berkali-kali. Peminatnya antara lain pekerja kantoran, pasangan muda yang sama-sama sibuk, atau keluarga.

Makanan beku juga membuka kesempatan untuk berkreasi. Selain aneka bakso, sosis, dan nugget, Anda bisa menjual sayuran beku, kentang yang sudah dipotong-potong, dim sum, siomay, dan fish stick. Ada juga pilihan yang lebih “berat” seperti ayam ungkep serta kreasi unik seperti kepiting kupas beku untuk orang yang tidak suka mengupas kepiting. Anda juga bisa menjual makanan beku vegetarian atau buatan sendiri yang bergizi.

Tantangan Berbisnis Frozen Food

Walau frozen food banyak peminatnya, menjalankan bisnis ini cukup banyak tantangannya. Popularitasnya membuat Anda mendapat banyak pesaing sehingga marketingnya cukup menantang. Anda juga harus memiliki pemasok yang bisa diandalkan agar bisnis tetap berjalan, terutama jika Anda tidak membuatnya sendiri.

Bisnis makanan beku juga membutuhkan banyak persiapan. Lemari pembeku (freezer) berkapasitas besar serta asupan listrik yang tidak terputus adalah keharusan. Tergantung tempat tinggal Anda, memiliki generator adalah keharusan agar stok makanan tetap terjaga kualitasnya.

blog100

Modal Berbisnis Frozen Food

Sudah siap berbisnis frozen food? Pastikan Anda memperhitungkan unsur-unsur yang menjadi modal usahanya, yaitu sebagai berikut.

Peralatan Elektronik

Usaha makanan beku membutuhkan minimal satu lemari pembeku (chest freezer) ukuran 200 liter. Lemari pembeku ini lumayan memadai untuk bisnis makanan beku skala kecil. Harga rata-ratanya sekitar 2,7 hingga 3,3 juta Rupiah. 

Generator rumahan harganya beragam, mulai dari 1 hingga 5 jutaan Rupiah. Tentukan ukuran generator sesuai kebutuhan, mulai dari kapasitas listrik hingga frekuensi mati lampu di area Anda.

Jika Anda membutuhkan laptop untuk bisnis, mulailah dari yang murah. Banyak laptop dijual dengan harga 3 hingga 5 jutaan Rupiah, lengkap dengan fitur dasar yang sudah memadai untuk bisnis kecil. Pastikan memisahkan komputer ini dari yang biasa digunakan untuk keperluan pribadi.

Baca juga: 7 Cara Memulai Bisnis yang Efektif!

Mesin Sealer

Jika Anda membuat dan mengemas makanan beku sendiri, pastikan ada mesin sealer untuk mengepak makanan secara aman. Harga mesin ini rata-rata sekitar 500 ribuan hingga 2 jutaan Rupiah untuk bisnis rumahan, tergantung merek dan kapasitas. 

Pasokan Makanan Beku

Jika Anda memasok frozen food sendiri, cobalah mulai dari jenis terlaris serta jumlah yang tidak terlalu besar. Misalnya, beli chicken nugget, sosis, dan kentang goreng masing-masing sebanyak 20 kemasan dari pemasok. Untuk bakso seafood, ambil agak banyak karena mereka biasanya dijadikan sup atau sate bakso, misalnya 50 hingga 70 kemasan. Modal Anda mungkin sekitar 30 ribu hingga 50 ribu Rupiah per kemasan.

Misalnya, jika sebungkus makanan beku berharga 50 ribu Rupiah, modal untuk 20 bungkus nugget, bakso, sosis, dan kentang goreng adalah sekitar 2 juta Rupiah.

Sarana Promosi

Anda bisa memulai bisnis dari rumah dengan bantuan ponsel dan media sosial. Ada baiknya menandai rumah dengan identitas bisnis agar orang bisa mencari tahu sendiri tentang produk Anda, terutama jika sasarannya adalah pembeli lokal. Keluarkan modal untuk spanduk berwarna, plastik pembungkus, meja, kursi, dan alat tulis untuk kebutuhan bisnis.

Modal cetak spanduk sekitar 15 hingga 20 ribu Rupiah per meter, sedangkan alat kantor untuk kebutuhan bisnis bisa terdiri dari barang sederhana seperti buku catatan, pena, dan kalkulator sebagai modal awal.

Selain modal awal, pastikan Anda memperhitungkan biaya bulanan seperti listrik, air, internet, dan paket data untuk ponsel demi kebutuhan promosi serta bisnis. Perhitungan modal di atas akan lebih besar jika Anda memutuskan mengembangkan usaha.

Walau pesaingnya cukup banyak, bisnis frozen food tetap merupakan primadona usaha yang bisa Anda mulai dari rumah. Manfaatkan minat besar akan makanan beku dan mulailah mengembangkan usaha Anda sendiri!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].

3 COMMENTS

Comments are closed.