15 Pilihan Cemilan Sehat yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh

0
132
Cemilan Sehat

Siapa bilang ngemil bisa merusak pola hidup seimbang? Kamu bisa loh mengganti cemilan favoritmu dengan cemilan sehat yang tak hanya lezat namun juga kaya nutrisi. Berikut 15 cemilan lezat kaya nutrisi yang bagus untuk tubuh.

1. Pisang

Buah satu ini tak hanya mudah untuk didapatkan, namun juga bisa menjadi pilihan sehat untuk ngemil. Rasanya yang manis dan creamy membuat pisang digemari oleh semua kalangan. Tak hanya itu, pisang juga sangat mengenyangkan.

2. Kacang Almond

Almond termasuk jenis kacang-kacangan yang mengandung banyak vitamin, protein, magnesium, dan serat. Kandungan gizinya tersebut dapat membantu mengontrol kadar kolesterol, gula darah, dan bahkan menurunkan berat badan.

3. Tomat Ceri

Tomat ceri kaya akan antioksidan, likopen, dan vitamin C. Dibandingkan dengan tomat biasa, tomat ceri relatif lebih manis dan mudah untuk dikombinasikan dengan aneka jenis salad sayur atau buah. 

4. Kurma

Kurma termasuk cemilan sehat yang mengandung banyak nutrisi. Cemilan khas bulan puasa ini kaya akan vitamin B kompleks, zat besi, magnesium, dan karbohidrat. Sebab itu, kurma sangat baik untuk dikonsumsi sebagai makanan ringan.

5. Kismis

Anggur kering ini termasuk cemilan kaya serat yang bagus untuk menambah energi tubuh. Bukan hanya itu saja, kismis juga mampu membantu meningkatkan proses pencernaan dan kadar zat besi dalam tubuh.

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Frozen Food: Modal, Keuntungan dan Kekurangannya

6. Ubi Manis

Ubi manis merupakan cemilan alami untuk segala jenis usia. Kandungan vitamin A di dalamnya baik untuk kesehatan kulit dan mata. Rasanya yang manis juga cocok untuk anak-anak yang termasuk picky eater. Menariknya, ubi manis bisa diolah menjadi berbagai jenis olahan yang jauh lebih lezat, seperti donat dan ubi latte.

7. Telur Rebus

Telur rebus merupakan salah satu makanan yang paling kerap dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang menjalani program diet. Jadi tak heran bila telur rebus bisa dijadikan pilihan cemilan sehat. Kandungan kalori dan proteinnya dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama. Tak hanya itu, telur juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang bagus untuk mata.

8. Yoghurt

Olahan dari susu yang satu ini sudah lama dikenal sebagai cemilan yang baik bagi kesehatan tubuh. Selain langsung dimakan, yoghurt bisa dikombinasikan dengan berbagai macam buah dan sayur. Kandungan probiotiknya bermanfaat untuk melawan bakteri jahat pada usus sehingga bisa melancarkan BAB.

9. Edamame

Edamame adalah kacang kedelai muda yang kerap dijadikan cemilan favorit orang Jepang. Jenis kacang-kacangan satu ini dikenal kaya antioksidan, protein nabati, dan rendah kalori. Bila dikonsumsi secara rutin dan dalam jumlah yang wajar, edamame bisa membantu mengurangi risiko diabetes dan penyakit jantung.

10. Cokelat Hitam

Cokelat hitam merupakan jenis cokelat yang bagus untuk cemilan. Bahkan lebih bagus daripada cokelat pada umumnya yang sudah dicampur dengan gula dan susu. Selain itu, komposisi kokoa pada cokelat hitam juga lebih banyak sehingga sangat bermanfaat untuk tubuh. Di antaranya mengurangi risiko jantung, darah tinggi, dan kolesterol.

11. Granola

Granola terbuat dari campuran oat, buah-buahan kering, dan kacang-kacangan. Sebab itu, cemilan sehat ini kaya akan serat dan kalori. Selain sebagai cemilan, granola juga kerap dikonsumsi sebagai sarapan karena mampu memberikan rasa kenyang yang relatif lama. Granola bisa dikonsumsi langsung maupun dicampur dengan susu dan madu.

12. Rujak Buah

Kudapan lokal satu ini juga cocok untuk dijadikan cemilan yang sehat. Seperti biasa, rujak buah disajikan dengan sambal kacang pedas. Kalau kamu sedang defisit kalori, kamu bisa mengurangi sambal kacangnya.

13. Alpukat

Buah favorit para vegan ini terkenal dengan kandungan asam oleatnya yang tinggi. Asam oleat merupakan lemak sehat yang dapat membantu penyerapan antioksidan. Oleh sebab itu, bahan baku guacamole ini banyak digunakan sebagai campuran salad dressing

14. Biji Chia

Biji chia jelas wajib masuk daftar cemilan yang baik untuk tubuh. Biji-bijian ini mengandung serat dan antioksidan yang mampu menyehatkan jantung. Mengingat rasanya yang tawar, biji chia kerap dijadikan campuran makanan, seperti puding dan yoghurt agar lebih lezat saat dikonsumsi.

15. Oat

Satu lagi rekomendasi makanan sehat untuk cemilan. Oat mengandung banyak serat, potasium, dan magnesium. Kandungan nutrisi ini sangat bermanfaat untuk menjaga tekanan darah, berat badan, kolesterol, dan sebagainya. Selain dijadikan oatmeal, oat bisa diolah menjadi oat bar yang bisa dikonsumsi sebagai cemilan penunda lapar.

Demikianlah rekomendasi 15 cemilan sehat yang bisa kamu jadikan pilihan. Meski terbilang sehat, pilihan cemilan di atas tetap harus dikonsumsi dalam jumlah wajar, ya. Bila memungkinkan, konsultasikan terlebih dahulu dengan ahlinya sebelum mengonsumsi jenis cemilan apa pun untuk menjaga pola hidup sehat.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]