15 Daftar Belanja Bulanan Hemat untuk Para Ibu-Ibu yang Ingin Berhemat

0
156
Belanja Bulanan Hemat

Agar tidak over budget ketika belanja setiap bulannya, menyiapkan list belanja bulanan hemat sebelum belanja rutin bisa membantu Anda untuk belanja hal-hal yang penting saja. Kira-kira, produk apa saja yang perlu masuk di daftar belanja bulanan Anda? Yuk, kita rinci satu per satu kebutuhan bulanan supaya tidak ada yang terlewat!

List Belanja Bulanan Hemat, Jangan Sampai Terlewat! 

Kebutuhan bulanan ada banyak jumlahnya. Untuk itu, pastikan Anda membuat daftar barang yang perlu dibeli agar saat belanja tidak terlewatkan.

Berikut ini adalah 15 produk yang bisa Anda masukkan ke dalam daftar belanja bulanan hemat Anda.

Beras

Sebagai makanan pokok, beras merupakan bahan yang harus Anda beli setiap bulannya. Anda bisa beli beras dalam jumlah besar (beli per karung) sesuai dengan kebutuhan keluarga. Dengan membeli dalam jumlah besar, harga yang Anda keluarkan bisa lebih murah. 

Minyak goreng dan bumbu dapur

List belanja bulanan hemat selanjutnya adalah minyak goreng dan bumbu dapur. Contoh dari bumbu dapur yang dimaksud misalnya seperti bawang merah, bawang putih, merica, kunyit, kencur, lengkuas, dsb. 

Selain itu, jangan lupa untuk memasukkan gula, garam, kaldu bubuk, kecap, dan bumbu-bumbu lainnya ke dalam daftar belanja Anda, ya. 

Sayur dan buah

Sayur dan buah juga menjadi barang yang perlu Anda beli juga saat berbelanja kebutuhan. Agar tidak terlewat, Anda bisa alokasikan dana untuk belanja sayur dan buah saat membuat list belanja bulanan hemat.

Pada penerapannya, akan lebih baik jika Anda belanja dua produk ini secara harian atau mingguan. Pasalnya, sayur dan buah sifatnya tidak dapat bertahan lama. 

Telur, daging, dan/atau ikan

Produk yang masuk daftar belanja bulanan selanjutnya adalah telur, daging, dan ikan. Ketiga produk ini bisa bertahan lebih lama dibandingkan sayur dan buah sehingga Anda bisa menyimpan ketiga produk ini sebagai persediaan di rumah. 

Untuk daging dan ikan, pastikan Anda menyimpannya di freezer agar produk ini bisa awet.

Frozen food

Ingin masak bahan makanan yang praktis? Frozen food bisa jadi jawabannya. Meski sifatnya opsional, menyiapkan frozen food seperti nugget dan sosis bisa membantu memotong waktu meal preparation Anda terutama di pagi hari.

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Frozen Food: Modal, Keuntungan dan Kekurangannya

Mie instan

Selain frozen food, produk lain yang bisa Anda masukkan list belanja bulanan hemat adalah mie instan. Tak perlu banyak menyediakan produk ini, cukup sediakan beberapa bungkus saja sebagai cadangan. Jika Anda sedang malas memasak, mie instan bisa menjadi ‘pengganjal’ perut lapar. 

Produk tepung, kopi/teh

Tepung terigu, maizena, maupun tapioka bisa Anda masukkan ke dalam daftar belanja bulanan. Kegunaannya beragam—Anda bisa membuat camilan atau menggunakannya sebagai bahan masakan.

Jika Anda rutin mengkonsumsi kopi dan/atau teh, maka dua produk ini juga tak boleh dilupakan untuk masuk ke dalam anggaran belanja bulanan.

Perlengkapan mandi

Selain produk pangan, perlengkapan mandi juga tak boleh dilupakan ketika sedang membuat list belanja bulanan hemat. Contoh perlengkapan mandi yang dimaksud adalah sabun, sampo, dan pasta gigi. 

Kebutuhan bayi

Jika Anda mempunyai bayi, kebutuhan bayi tentu menjadi produk yang wajib masuk ke dalam daftar belanja bulanan. Kebutuhan bayi yang dimaksud meliputi popok, toiletries bayi (sabun dan sampo bayi), maupun susu formula (jika dibutuhkan). 

Sabun cuci piring, deterjen, pewangi pakaian

Sabun cuci piring, deterjen, serta pewangi makanan juga tak boleh kelewatan untuk masuk ke dalam daftar belanja bulanan Anda. Tanpa ketiga produk ini, tentu mencuci piring dan pakaian pun bakal terasa tidak bersih, bukan?

Skin care

Jangan lupa mengalokasikan uang bulanan untuk membeli skin care. Produk skin care yang dimaksud meliputi sabun pembersih wajah, bedak, moisturizer, serum, dll.

Tisu

Meski terkesan remeh, sebenarnya tisu memiliki manfaat yang penting di rumah. Biasanya, tisu wajah, tisu toilet, maupun tisu dapur adalah jenis tisu yang Anda butuhkan. 

Perlengkapan kebersihan rumah

Perlengkapan kebersihan rumah yang bisa Anda masukkan ke dalam daftar belanja bulanan meliputi cairan pembersih kaca, cairan pembersih dapur, cairan pembersih lantai, maupun pengharum ruangan. 

Keperluan hewan peliharaan

Punya hewan peliharaan di rumah? Nah, jika Anda merawat hewan peliharaan di rumah, maka makanan, vitamin, litter sand (pasir kotoran) maupun kebutuhan lainnya perlu Anda anggarkan juga. 

Vitamin dan obat-obatan

Terakhir, Anda bisa anggarkan dana untuk vitamin untuk menjaga kesehatan Anda. Sediakan juga anggaran dana untuk kebutuhan membeli obat. Meski tak dipakai nantinya, uang yang telah Anda anggarkan bisa ditabung dan digunakan untuk kebutuhan lainnya.Itulah 15 kebutuhan bulanan yang bisa Anda masukkan list belanja bulanan hemat. Menurut Anda, apakah ada barang yang masih perlu dimasukkan ke daftar di atas?

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]