15 Ide Usaha Makanan Ringan Serba 1000 Rupiah

0
3393
usaha makanan ringan serba 1000

Ingin memulai bisnis kecil-kecilan yang minim modal? Usaha makanan ringan serba 1000 bisa Anda pertimbangkan, karena cukup mudah, modalnya kecil, dan untungnya lumayan. Bagi Anda yang sedang ingin coba-coba memulai usaha, coba saja berjualan makanan ringan sembari  menyelami seluk-beluk dunia usaha. 

Akan tetapi, meski coba-coba dan modalnya kecil, kalau rugi, tentu tetap akan kehilangan cuan. Jadi, pikirkan betul apa produknya, agar jualan laris manis dan usaha semakin berkembang. Apabila Anda belum ada gambaran, beberapa usaha di bawah ini bisa Anda jadikan pertimbangan

Daftar Usaha Makanan Ringan Serba 1000 yang Menjanjikan

Di bawah ini sudah ada 15 belas jenis jualan makanan ringan yang laku tiap hari dan mungkin Anda salah satu penikmatnya. Apa saja yang bisa dicoba dengan mudah dan modal kecil?

1. Aneka Gorengan

Makanan ringan untuk dijual 1.000 yang bisa Anda jual dengan mudah adalah gorengan. Siapa coba yang bisa menolak jajanan satu ini. Apalagi jika ada variasi gorengannya ada banyak, sehingga tidak membuat bosan.

Anda bisa mencoba jualan gorengan bakwan, tempe, tahu, pisang, atau ubi. Potong-potong ukuran masing-masing bahan sesuai harga jual yang Anda mau.

2. Mie Lidi

Pernah booming, mie lidi masih menjadi ide usaha yang bisa dititipkan di warung dan laris manis. Berbagai aneka rasa dari balado, barbeque, sampai jagung manis, membuat mie lidi tidak membosankan. Apalagi, mie lidi juga bisa Anda buat dengan berbagai level kepedasan agar semakin menarik.

Membuat mie lidi ini juga cenderung mudah, tinggal beli mie yang siap goreng dan bumbunya saja.

3. Makaroni

Mencari usaha makanan ringan yang tahan lama? Anda bisa mencoba makaroni yang pembuatannya juga mudah mirip mie lidi. Mungkin, Anda butuh sedikit pengalaman saat menggoreng agar makaroni renyah dan tidak bantat atau keras. Sisanya, Anda bisa berkreasi dengan pemberian bumbu yang bisa beraneka rasa.

4. Aneka Keripik

Aneka keripik juga bisa Anda jadikan pertimbangan untuk jualan makanan ringan seribuan. Pasalnya harga keripik tergantung ukuran dan jenis bahan baku yang Anda gunakan.

Apabila keripik singkong, talas, dan pisang masih sangat mungkin dijual seharga Rp1.000. Akan tetapi, jika masuk ke bahan keripik yang berbahan baku mahal, tentu akan sulit menekan harganya. Oleh karena itu, perhatikan harga bahan dasarnya.

5. Peyek

Usaha makanan ringan dengan modal kecil yang masih mungkin Anda jual dengan harga Rp1.000 adalah peyek. Bahan baku peyek sederhana, hanya tepung beras, bawang merah, bawang putih, merica, dan ketumbar. Untuk topping sendiri jika dengan harga Rp1.000 rasanya kacang pilihan yang tepat.

6. Telur Gulung

Telur gulung lebih simpel lagi dari peyek, bahannya hanya telur, air, dan penyedap rasa. Hanya saja, butuh skill tertentu untuk membuat telur tergulung rapi. Di sini tingkat panas minyak dan kecepatan tangan sangat perlu Anda perhatikan.

7. Sosis Goreng

Ingin berjualan makanan ringan goreng-goreng yang lebih simpel lagi? Sosis goreng bisa menjadi pilihan karena beberapa waktu ini penikmatnya semakin banyak.

Apalagi, jenis sosis saat makin beragam. Harga sosis pun bisa bervariasi, tergantung merek. Anda tinggal menyesuaikan merek dan ukuran sosisnya saja ketika akan berjualan.

8. Cireng

Masuk ke dunia peracian yang pertama yaitu cireng, alias aci goreng. Berjualan cireng dengan harga Rp1.000 sangat mungkin. Jika Anda mau menjual varian cireng isi, juga masih memungkan untuk dijual harga seribuan, tinggal sesuaikan isiannya.

9. Cimol

Masih berbahan dasar aci dengan teknik goreng-menggoreng, kali ini Anda bosa pertimbangkan cimol atau aci cemol. Beda dengan cireng, cimol berbentuk bulat dengan bagian dalam kopong sehingga empuk dan enak untuk camilan.

Akan tetapi, jika berniat berjualan cimol, sebaiknya pelajari cara menggorengnya dengan sempurna. Hal ini karena cimol rentan meletus yang menyebabkan minyak dalam wajan muncrat. Pelajari trik bagaimana pengaturan suhu panas minyaknya dan bagaimana agar adonan bisa digoreng sempurna.

10. Cilok

Cilok berbeda dengan cireng dan cimol yang butuh digoreng. Makanan ini perlu direbus. Bahan dasarnya sebenarnya sama saja aci dan bentuknya juga bulat mirip cimol. 

Ciri khas cilok yang harus Anda perhatikan adalah teksturnya empuk, dijual saat panas-panas, plus ada sambal kacangnya.

11. Jajanan Pasar

Membahas makanan ringan yang lagi booming mungkin jajanan pasar tidak termasuk. Akan tetapi, makanan ringan satu ini tetap punya pelanggan setianya sendiri dan jenisnya juga banyak. 

Ada onde-onde, klepon, carabikang, timus, apem, cenil, putri ayu, sampai jenang yang membuatnya lumayan sulit.

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Frozen Food: Modal, Keuntungan dan Kekurangannya

12. Pukis

Pukis kebanyakan ada saat pagi hari. Jadi, bagaimana jika Anda mencoba berjualan saat siang sampai sore? Pembuatan pukis yang langsung di tempat cukup menarik dan wanginya juga khas tercium dari jauh. Penjual bisa berkreasi dari adonan dan juga rasanya.

13. Leker

Kebalikan dari pukis, leker biasanya ada dari siang hingga malam. Jajanan yang garing dengan berbagai isian ini enak untuk berbagai suasana. Apalagi karena kulitnya yang tipis tidak membuat kenyang.

14. Martabak Mini

Contoh usaha makanan ringan unik yang bisa djual harga seribuan mungkin martabak mini. Bentuknya kecil bisa untuk sekali suap, tetapi rasanya persis sama seperti martabak orisinal. Makanan ini cocok untuk yang ingin makan martabak sendiri tetapi kalau pesan yang normal terlalu banyak.

15. Donat

Donat juga bisa Anda jual seharga seribuan, tinggal bahan-bahan dan ukurannya saja menyesuaikan. Sekarang sudah banyak kok, toko bahan roti di pasar-pasar, jadi Anda bisa memilih bahan sendiri sesuai budget dengan mudah. Untuk urusan topping, meses dan selai juga banyak pilihan macam dan harganya.

Ide-ide usaha di atas beragam sekali, bukan? Ada yang perlu effort lebih untuk mempelajari pembuatannya dan ada juga yang praktis seperti sosis. Silakan pilih mana yang menurut Anda bisa dikerjakan sendiri dan laku di sekitar Anda.

Contoh Perhitungan Modal Usaha Makanan Ringan

Bagaimana ide-ide barusan, apakah sudah ada niatan untuk merealisasikannya? Atau masih bingung perhitungan modal dan belum yakin apakah bisa menjualnya dengan harga seribuan?

Berikut contoh perhitungan modal usaha makanan ringan yang bisa Anda jadikan pertimbangan.

Usaha Keripik Singkong

  • Alat dan Bahan
  • Singkong 1 Kg Rp10.000
  • Bumbu (garam+bawang putih) Rp5.000
  • Minyak goreng 2Kg Rp28.000
  • Plastik kemasan isi 100 Rp12.000
  • Wajan Rp40.000
  • Kompor Rp350.000
  • Gas 5.5 Kg Rp104.000
  • Jumlah pengeluaran alat dan bahan Rp549.000

Penjualan

Jika 1 kilogram singkong dikemas menjadi 15 gram tiap bungkus,  maka menghasilkan 66 bungkus keripik. Harga jual satuannya adalah Rp1.000, jadi jika semua keripik laku, maka laba kotornya Rp66.000.

Anda bisa menyesuaikan alat dan bahan tersebut, jika sudah punya, ya tidak perlu membeli lagi.Perhitungan ide usaha makanan ringan serba 1000 rupiah di atas modalnya lumayan kecil, bukan? Apalagi dengan laba kotor yang mungkin Anda peroleh sangat lumayan jika membandingkannya dengan modal.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].