Risiko Usaha : Pengertian, Jenis, Solusi dan Cara Identifikasinya

0
1367
Macam Macam Risiko Usaha

Risiko usaha merupakan hal yang tak bisa dihindari saat menjalankan bisnis. Meski demikian, risiko bisnis masih tetap bisa diatasi. Untuk mengatasi risiko-risiko yang ada, kamu terlebih dahulu harus mengetahui macam macam resiko usaha. Apa saja jenisnya? Simak ulasannya di bawah ini.

Apa Itu Risiko Usaha?

Secara garis besar, risiko usaha merupakan hambatan tak terduga yang muncul dalam suatu kegiatan usaha. Kemunculannya dapat disebabkan oleh faktor internal maupun eksternal, seperti bencana, kondisi ekonomi negara, dan perilaku manusia. 

Risiko usaha perlu segera diidentifikasi. Bila tidak, kerugian besar akan semakin tak terhindarkan. Sebab itu, setiap pelaku bisnis harus mampu melakukan mitigasi, pengelolaan, dan pemindahan risiko.

Macam Macam Resiko Usaha

Ada banyak jenis risiko usaha yang kerap dialami oleh para pelaku bisnis. Di bawah ini adalah lima macam macam resiko usaha beserta penjelasannya.

1. Risiko operasional

Risiko operasional terjadi akibat kesalahan prosedur perusahaan sehingga apa yang diproduksi tidak sesuai standar. Umumnya ini terjadi karena faktor teknologi, perubahan mutu dan inovasi produk, serta faktor SDM.

2. Risiko finansial

Risiko finansial juga tak terhindarkan dalam dunia bisnis. Jenis risiko ini termasuk yang paling sering dialami para pelaku bisnis. Biasanya risiko ini disebabkan oleh penyalahgunaan atau kegagalan bisnis dalam mengelola kas perusahaan.

3. Risiko pemasaran

Risiko berikut ini adalah salah satu yang paling kerap dijumpai dalam bisnis. Penyebab utamanya adalah penyusunan strategi pemasaran yang kurang tepat. Alhasil, produk tidak bisa diterima oleh target pasar dengan baik.

4. Risiko pasar

Risiko pasar adalah risiko yang disebabkan oleh faktor eksternal. Dalam hal ini adalah konsumen atau klien dari perusahaan. Hal ini kerap disebabkan oleh munculnya kompetitor dan perubahan gaya hidup konsumen.

5. Risiko sumber daya manusia

Risiko yang satu ini adalah satu dari sekian banyak macam macam resiko usaha yang sering terjadi. Jenis risiko ini berhubungan dengan perilaku SDM dalam menjalankan bisnis. Sebagai contoh, pegawai tidak disiplin atau tidak punya integritas.

blog100

Cara Mengatasi Risiko Usaha

Di bawah ini adalah metode untuk mengatasi risiko usaha yang bisa diterapkan oleh para pelaku bisnis.

1. Menentukan rencana usaha

Risiko usaha dapat dicegah bahkan sebelum bisnis dimulai. Caranya dengan menyusun rencana bisnis secara matang. Beberapa yang perlu direncanakan adalah perencanaan produksi, finansial, strategi pemasaran, dan kapan harus melakukan evaluasi.

2. Menyusun strategi mitigasi risiko

Mitigasi risiko merupakan suatu aktivitas berkelanjutan yang juga perlu direncanakan. Mitigasi risiko berfungsi untuk mengurangi efek dari suatu risiko usaha. Dengan begitu, risiko bisnis bisa diatasi secara menyeluruh.

3. Menjalankan rencana bisnis

Langkah selanjutnya adalah menjalankan rencana bisnis yang sudah disusun. Sesuaikan semuanya dengan strategi yang telah dibuat untuk meminimalkan potensi munculnya macam macam risiko usaha.

4. Melakukan pembukuan

Langkah yang terakhir adalah membukukan keseluruhan proses secara teratur. Gunanya untuk meminimalkan risiko seperti kegagalan atau kesalahan dalam proses produksi. Pembukuan juga membantu pemilik usaha untuk menganalisis mitigasi risiko.

Baca juga: Definisi Risiko Usaha, Contoh hingga Solusinya

Cara Mengidentifikasi Risiko Usaha

Risiko usaha bisa diantisipasi atau diidentifikasi menggunakan cara-cara berikut ini.

1. Membuat skala prioritas

Skala prioritas adalah aspek yang perlu direncanakan dalam penyusunan manajemen risiko. Caranya adalah dengan menganalisis seberapa besar potensi terjadinya risiko tersebut.

2. Membatasi liabilitas

Metode selanjutnya adalah dengan melakukan pembatasan liabilitas. Maksudnya, perusahaan berbentuk perseroan perseorangan diubah menjadi Perseroan Terbatas. Tujuannya agar pemilik usaha terbebas dari tanggung jawab atas hutang perusahaan.

3. Membentuk tim mitigasi risiko

Cara ini bisa meringankan beban kerja pemilik usaha. Dengan adanya tim mitigasi risiko, pemilik bisnis bisa lebih fokus menyelesaikan tugas lain. Antisipasi risiko usaha juga bisa dijalankan secara maksimal oleh tim khusus yang sudah dibentuk.

Itu tadi pembahasan tentang pengertian, solusi, cara mengidentifikasi, dan macam macam resiko usaha. Tak ada bisnis yang tidak rentan terhadap risiko usaha. Namun dengan menyusun manajemen risiko yang matang, kemungkinan munculnya risiko bisa diantisipasi dan bahkan diminimalkan. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].