Mengenal Kepribadian Ambivert, Ciri-cirinya hingga Cara Mengembangkannya

0
811
Ambivert Adalah

Ambivert adalah satu dari tiga tipe kepribadian yang pertama kali diperkenalkan oleh psikiater dan psikoanalis Carl Jung pada 1900-an. Lantas, apa itu ambivert? Seperti apa ciri-ciri orang yang memiliki kepribadian ini? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Apa Itu Ambivert?

Ekstrovert, introvert, dan ambivert merupakan tiga spektrum kepribadian yang digagas oleh Carl Jung. Orang dengan kepribadian ekstrovert mendapat energi dari bersosialisasi. Sebaliknya, individu dengan kepribadian introvert perlu menyendiri untuk mengisi energinya kembali. Namun ada juga orang yang memerlukan keduanya.

Dengan kata lain, ambivert adalah jenis kepribadian yang berada di antara spektrum introvert dan ekstrovert. Sebab itu, orang dengan kepribadian ini memiliki sifat dari kedua kepribadian tersebut tergantung pada situasi yang dihadapi. 

Seorang ambivert bisa bersosialisasi dengan mudah layaknya individu dengan kepribadian ekstrovert. Mereka juga senang menghabiskan waktu untuk diri mereka sendiri layaknya seorang introvert. 

Ciri-Ciri Kepribadian Ambivert

Berikut ini adalah ciri-ciri yang umumnya ditunjukkan oleh individu dengan kepribadian ambivert.

1. Mampu menjadi pembicara dan pendengar yang baik

Umumnya, seorang ambivert mampu menjadi pendengar dan komunikator yang andal. Mereka bisa menjadi pendengar yang baik layaknya seorang introvert. Di sisi lain, mereka juga mampu mengutarakan pendapat seperti seorang ekstrovert bila situasi yang mereka hadapi mengharuskan demikian.    

2. Mempunyai rasa empati yang tinggi

Ciri lain dari kepribadian ambivert adalah memiliki empati yang tinggi. Mereka mampu memahami apa yang orang lain rasakan seolah-olah mereka sendiri yang mengalaminya. Sebab itu, mereka kerap menjadi tempat mencurahkan isi hati bagi orang-orang terdekat mereka.

3. Senang menyendiri dan bersosialisasi

Seorang ambivert adalah orang yang fleksibel. Mereka senang bersosialisasi dengan orang-orang di sekelilingnya layaknya ekstrovert. Mereka juga tidak masalah bila harus menghabiskan waktu dengan diri mereka sendiri.

blog100

Cara Mengembangkan Kepribadian Ambivert

Ambivert termasuk tipe kepribadian yang bisa dibangun. Nah, berikut adalah beberapa tips yang dapat diterapkan untuk mengembangkan kepribadian ambivert.

1. Fokus pada hal-hal yang kamu sukai

Orang dengan kepribadian ambivert cenderung menyukai hal-hal yang berbau sosial. Namun bukan berarti mereka harus melakukan semua aktivitas sosial. Perlu diingat bahwa seorang ambivert memiliki karakter introvert. Artinya, energi mereka akan terkuras bila terlalu banyak bersosialisasi.

Sebab itu, penting bagi seorang ambivert untuk fokus terhadap hal-hal yang membuat mereka merasa bahagia. Bukan malah melakukan aktivitas yang justru membuat mereka lelah secara emosional. 

2. Tetap bersikap fleksibel

Ambivert adalah jenis kepribadian yang mampu beradaptasi dengan segala situasi. Nah, karakter ambivert yang fleksibel ini perlu dipertahankan dan dikembangkan. Sebab, sifat tersebut mampu memberikan banyak keuntungan, terlebih lagi saat memasuki dunia kerja.

Sifat fleksibel seorang ambivert memungkinkan mereka untuk mudah diterima di semua situasi. Terlebih lagi di dunia kerja dimana mereka bisa menjalin hubungan yang positif dengan rekan kerja maupun klien.

Baca juga: Memahami Personal Branding dan Cara Membangunnya

3. Belajar untuk mengutarakan pikiran dan perasaan

Salah satu ciri kepribadian ambivert adalah komunikator yang baik. Nah, karakter ini juga bisa dikembangkan. Caranya adalah dengan belajar mengutarakan pikiran dan perasaan. Ingatlah bahwa manusia adalah makhluk sosial. Meskipun adakalanya butuh waktu untuk menyendiri, manusia tetap perlu berkomunikasi.

Mengutarakan isi pikiran juga perlu dilakukan saat sedang membutuhkan waktu untuk sendiri. Belajarlah untuk menolak ajakan teman untuk bertemu kalau memang sedang tidak mood untuk bersosialisasi. Jangan lupa juga untuk memberi mereka pengertian agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Demikianlah uraian mengenai kepribadian introvert. Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa ambivert adalah gabungan dari introvert dan ekstrovert. Seorang ambivert mampu menunjukkan karakter dari kedua kepribadian tersebut sesuai dengan situasi yang dihadapi. Selain itu, kepribadian ambivert juga bisa dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].