8 Ciri Fintech Lending Terpercaya di Indonesia!

0
1725

Fintech Lending Terpercaya – Dana atau modal merupakan hal yang paling penting saat ingin membangun sebuah usaha. Tetapi saat kamu ingin mendapatkan dana tentu tidak semudah yang dibayangkan entah itu sulit mendapatkan modal karena persyaratan yang belum kamu penuhi, tidak memiliki jaminan, takut meminjam ke tempat yang keamanannya belum terjamin dan sebagainya. Karena itu banyak perusahaan yang berlomba-lomba memberikan kemudahan pinjaman untuk para UKM yang membutuhkan modal untuk mengembangkan usahanya, salah satunya juga pinjaman dana berbasis teknologi yang biasa disebut juga Fintech.

Fintech juga merupakan perantara yang mempertemukan antara peminjam dan pemberi pinjaman. Berbicara mengenai Fintech tentu kamu juga perlu mencari Fintech lending terpercaya agar proses transaksi yang kamu lakukan lebih aman dan nyaman. Namun saat mencari Fintech lending yang terpercaya kamu perlu mengetahui juga ciri-ciri dari Fintech lending terpercaya itu sendiri, karenanya disini kita akan membahas mengenai ciri-ciri Fintech lending terpercaya.

8 Ciri Fintech Lending Terpercaya di Indonesia!

Semakin banyaknya fintech yang beredar di Indonesia, maka semakin banyak pula kemungkinan adanya fintech yang ilegal. Karena itu sebelum melakukan proses transaksi pada fintech kamu harus tahu dulu apa saja cirinya fintech lending yang terpercaya.

  • Regulator atau Pengawas

Salah satu ciri fintech lending yang terpercaya tentunya harus terdaftar dan memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku regulator agar proses transaksinya tetap dalam pengawasan OJK, sehingga nantinya konsumen juga akan diberikan perlindungan yang lebih aman dan nyaman dalam prosesnya.

  • Alamat Kantor

Ini juga perlu kamu perhatikan sekaligus cek apabila kamu ingin mengajukan pinjaman ataupun melakukan investasi. Apabila lokasi kantornya kurang jelas atau malah tidak diberikan informasi terkait alamatnya, maka kamu perlu hati-hati nih. Dengan mengetahui lokasi kantor yang jelas tentu ini akan mempermudah kita jika terjadi masalah dengan proses transaksi kita di fintech tersebut.

Fintech Lending Terpercaya

  • Persyaratan

Persyaratannya juga perlu kamu perhatikan, biasanya persyaratan dari Fintech yang ilegal jauh lebih mudah dibandingkan Fintech yang legal. Karena Fintech lending yang terpercaya tentu memerlukan beberapa proses dan persyaratan yang perlu kamu lengkapi terlebih dahulu seperti kelengkapan dokumen, mengetahui keperluan pinjaman dan tentunya semua persyaratan tersebut dibutuhkan untuk melihat credit scoring.

  • Akses Data

Ini salah satu yang terpenting karena biasanya Fintech lending terpercaya juga tentu tidak akan menyalahgunakan data-data yang sudah kamu input ke dalamnya. Fintech lending hanya diizinkan untuk mengakses camera, microphone, dan location pada handphone pengguna, Untuk keamanan informasi pribadimu, pastikan Fintech tersebut memiliki sertifikasi ISO 27001.

  • Bunga

Dalam melakukan proses transaksi di fintech yang terpercaya bunga juga perlu diperhatikan apakah besarannya cukup jelas atau malah disembunyikan besaran bunganya. OJK sebagai regulator juga memberikan keterbukaan mengenai bunga atau denda maksimal yang dapat dikenakan kepada pengguna. AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia) mengatur bunga maksimal senilai 0,8% per hari.

  • TKB90 & TWP90

Baru-baru ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mewajibkan para Fintech Lending menampilkan TKB90 atau Tingkat Keberhasilan 90. Hal ini berguna untuk menjaga tingkat kredit bermasalah (Non Performing Loan) agar tetap rendah. Semakin tinggi angka TKB90, semakin baik performa platform dalam menekan angka NPL.

TKB90 sendiri adalah ukuran tingkat keberhasilan penyelenggara Fintech P2P Lending dalam memfasilitasi penyelesaian kewajiban pinjam meminjam dalam jangka waktu sampai dengan 90 hari terhitung sejak jatuh tempo.

TWP90 adalah ukuran tingkat wanprestasi atau kelalaian penyelesaian kewajiban yang tertera dalam perjanjian di atas 90 hari sejak tanggal jatuh tempo.

  • Cara Penagihan

Banyaknya masalah terkait cara penagihan dari Fintech yang ada membuat aspek ini juga menjadi bahan perhatian lebih karena penagihan yang salah seperti kasar, mengancam, bahkan membahayakan nyawa kita tentu bertentangan dengan hukum. Fintech yang terpercaya juga tentu memiliki aturan dalam hal cara penagihan, selain itu OJK sebagai regulator juga telah mengatur bahwa mereka yang diberikan tanggung jawab ‘menagih’ perlu memiliki sertifikasi yang dilakukan oleh AFPI.

  • Pengaduan Konsumen

Fintech yang terpercaya juga tentu akan menyediakan sarana untuk memberikan saran, kritik maupun pengaduan pengguna dan dapat menindaklanjuti pengaduan tersebut serta melaporkannya kepada OJK terkait masalah tersebut. AFPI juga dapat menerima aduan dari masyarakat terkait Fintech apabila mengalami masalah dan proses responnya pun cukup cepat dan baik.

Itulah beberapa ciri yang perlu kamu perhatikan apabila kamu ingin menggunakan jasa dari Fintech.

Kenalan Dengan Fintech Lending Terpercaya, Akseleran!

Di fintech yang satu ini kamu akan lebih aman melakukan segala transaksi finansial, karena Akseleran sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. Di Akseleran kamu bisa melakukan pendanaan untuk para UKM yang membutuhkan dana, dari pendanaan yang kamu lakukan ini kamu bisa mendapatkan imbal hasil 18%-21% per tahun. Pendanaan juga dapat dimulai hanya dari Rp 100 ribu.

BLOG100

Akseleran Apps

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan langsung bisa menghubungi Eben (+62811-9300443) atau untuk pinjaman dana usaha kamu bisa menghubungi Omar (+62812-9799-7917) dan Rizky (+62811-1312-309) atau bisa via email [email protected]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here