Ini Tugas dan Peran Customer Service dalam Sebuah Perusahaan

0
31
Customer Service

Customer service (CS) memiliki peran penting dalam pelayanan bisnis sebuah perusahaan. Untuk menjadi seorang CS, kamu tidak hanya bermodal penampilan yang menarik. Namun, kamu perlu melengkapi diri dengan berbagai keahlian lainnya, termasuk di antaranya adalah komunikasi, problem solving yang baik, analisis, serta berorientasi pada pelayanan. 

Semua keahlian itu sangat penting agar seorang CS mampu menjalankan tugas dan perannya dalam perusahaan dengan baik. Tenaga CS yang mampu bekerja dengan baik, memberikan banyak manfaat bagi perusahaan. CS tidak hanya mampu meningkatkan citra di mata pelanggan. Namun, kehadiran tenaga CS yang berkualitas dapat mendorong penjualan produk perusahaan. 

Peran dan Tugas Customer Service dalam Perusahaan

Banyak orang yang menganggap kalau CS memiliki peran serta tugas yang sepele. Namun, ketika berhadapan dengan para pelanggan, CS perlu menjalankan beberapa tugas dan peran sekaligus, termasuk di antaranya adalah: 

1. Public Relation

Dalam kesehariannya, CS merupakan tenaga yang selalu berhadapan secara langsung dengan pelanggan. Dalam menjalankan tugasnya, CS pun perlu menjaga citra perusahaan dan memastikan agar para pelanggan puas dengan pelayanannya. Tugas dan peran ini merupakan bagian yang tidak bisa dilepaskan dari tanggung jawab bagian public relation

Pelayanan ramah dari seorang CS akan memberi kemudahan bagi divisi public relation dalam menjaga hubungan baik dengan para pelanggan. Oleh karena itu, customer service yang baik akan melakukan berbagai upaya agar relasi dengan pihak eksternal, seperti pelanggan ataupun klien, terjaga dengan baik. 

2. Tenaga Sales

Tugas dan peran penting selanjutnya dari tenaga CS adalah sebagai media penjualan. Beberapa perusahaan menerapkan kebijakan seperti ini. Alasannya sederhana, karena bagian CS mempunyai tanggung jawab melakukan interaksi secara langsung dengan konsumen. CS pun bisa memanfaatkan momen tersebut untuk mendorong angka penjualan produk perusahaan. 

Peran dan tugas customer service sebagai media penjualan dari seorang CS bisa dijalankan dengan baik ketika memiliki bekal product knowledge yang mendalam. Pengetahuan tersebut bisa jadi sarana untuk modal untuk menjawab setiap keluhan serta permasalahan dari pelanggan. Di waktu yang sama, kesempatan itu jadi momen penting bagi CS untuk menawarkan produk. 

Tenaga CS bisa merekomendasi deretan produk barang atau jasa perusahaan yang bisa menyelesaikan solusi pelanggan. Tak cukup sampai di situ, CS perlu menjelaskan secara menyeluruh bagaimana kehadiran produk barang atau jasa tersebut sebagai problem solver konsumen. 

3. Tenaga Entry Data

Pekerjaan sehari-hari yang dilakukan oleh customer service tidak pernah lepas dari aktivitas entry data. Ada banyak data yang bisa didapatkan dari CS, meliputi data pesanan, keluhan pelanggan, dan lain sebagainya. CS perlu melakukan pencatatan berbagai data dengan cepat dan ringkas. 

Berbagai data yang dikumpulkan oleh CS memiliki fungsi penting dalam peningkatan pelayanan kepada pelanggan. Dari data tersebut, perusahaan bisa melakukan analisis terkait sektor yang perlu perbaikan dan peningkatan. Selain itu, data dari CS dapat pula dimanfaatkan sebagai upaya untuk menjaga hubungan positif dengan para pelanggan. 

Baca juga: Mengenal Perbedaan Komisaris dan Direktur atau Direksi dalam Perusahaan!

4. Customer Support

Tugas dan peran terakhir adalah sebagai customer support. CS tidak cuma memiliki tanggung jawab untuk menjawab setiap pertanyaan serta komplain dari pelanggan. Di waktu yang sama, mereka juga punya peran untuk menyelesaikan permasalahan yang tengah dihadapi oleh konsumen. 

Tak cukup sampai di situ. CS juga perlu melakukan inisiatif untuk memberikan bantuan kepada konsumen. Penawaran bantuan oleh tenaga CS memiliki manfaat tidak hanya bagi pelanggan, tetapi juga untuk perusahaan. Di satu sisi, pelanggan bisa memperoleh solusi atas permasalahannya. Sementara itu, perusahaan berpeluang memperoleh pemasukan ekstra.

Kesempatan untuk mendapatkan pemasukan ekstra bisa dilakukan ketika seorang pelanggan mengalami kesulitan pemesanan produk. Pada kesempatan itu, CS dapat menjalankan tugas untuk memberi bantuan penyelesaian pemesanan. 

Sampai di sini, kamu jadi tahu kalau seorang customer service memiliki tanggung jawab yang sangat penting dalam perusahaan, kan? Oleh karena itu, perusahaan perlu melakukan seleksi yang ketat dalam proses pencarian tenaga CS. Dengan begitu, para CS tersebut dapat menjalankan peran dan tugas yang mereka jalani secara optimal. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]