Globalisasi: Pengertian dan Dampak Globalisasi

0
92
Globalisasi Adalah

Globalisasi adalah istilah yang sudah sering didengar oleh masyarakat awam. Dalam pemahaman banyak orang, globalisasi menjadi penyebab adanya penyebaran produk, teknologi, informasi, serta pekerjaan tanpa disertai batas wilayah ataupun budaya. Dampak fenomena globalisasi pun dirasakan oleh masyarakat dari berbagai kalangan. 

Pengertian Globalisasi oleh Para Ahli

Berkaitan dengan pengertian globalisasi, para ahli memiliki pernyataan yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa pengertian tentang globalisasi dari beberapa ahli: 

  • Martin Albrow, sosiolog lain asal Inggris memiliki pengertian yang berbeda tentang globalisasi. Albrow mendefinisikan globalisasi sebagai keseluruhan proses dari masyarakat dunia yang kemudian diinkorporasikan ke dalam masyarakat global. Proses tersebut bersifat majemuk. Oleh karena itu, masyarakat awam menyebut globalisasi sebagai bagian dari kemajemukan. 
  • Jurnalis Swedia bernama Thomas Larsson mempunyai pandangan berbeda dalam bukunya yang berjudul “The Race to the Top: The Real Story of Globalization”. Di situ, Larsson mengungkapkan kalau globalisasi adalah proses menyempitnya dunia, memperpendek jarak, dan mendekatkan banyak hal. Selanjutnya, globalisasi mendorong interaksi masyarakat global dengan tujuan meraih profit. 
  • Definisi yang agak berbeda diungkapkan oleh tokoh pendidikan Indonesia, Selo Soemardjan. Beliau mengungkapkan kalau globalisasi adalah proses pembentukan komunikasi serta organisasi dalam masyarakat dari berbagai latar belakang di berbagai penjuru dunia yang memiliki tujuan sama. 

Dampak Positif Globalisasi

Era globalisasi adalah fenomena yang tak bisa dihindari, dampaknya dirasakan oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Meski begitu, ada banyak dampak positif globalisasi yang memberi manfaat bagi masyarakat. Beberapa dampak positif tersebut di antaranya adalah: 

1. Mendorong Kemajuan Teknologi

Dampak globalisasi yang pertama adalah kemajuan teknologi. Globalisasi mendorong terjadinya pertukaran teknologi antara negara maju dengan negara berkembang dan bahkan negara yang kurang berkembang. Dengan begitu, masyarakat bisa lebih mudah menikmati berbagai produk teknologi mutakhir untuk mempermudah berbagai aktivitas sehari-hari. 

Manfaat berupa kemajuan teknologi ini dirasakan oleh hampir setiap lapisan masyarakat. Teknologi membuat aktivitas belajar mengajar jadi lebih menyenangkan. Selain itu, berbagai peralatan canggih dan mutakhir juga membuat aktivitas bisnis berjalan secara efektif dan efisien. 

2. Kemudahan Mengakses Informasi dan Berkomunikasi

Era globalisasi adalah momen ketika banyak orang bisa memperoleh informasi dari berbagai penjuru dunia dengan mudah. Tidak ada halangan jarak untuk bisa mendapatkannya. Selain itu, Anda berkesempatan untuk melakukan komunikasi secara lebih praktis. Tidak hanya komunikasi suara, tetapi ada pula pilihan komunikasi lebih nyaman menggunakan video. 

3. Pemenuhan Berbagai Jenis Kebutuhan yang Lebih Mudah

Dampak globalisasi yang positif selanjutnya adalah kemudahan dalam memenuhi berbagai jenis kebutuhan. Globalisasi mendorong adanya aktivitas impor berbagai jenis produk. Kebijakan ini dapat dipilih untuk memenuhi kebutuhan yang sulit untuk dipenuhi. Apalagi, tidak semua produk kebutuhan pribadi bisa diproduksi oleh perusahaan dalam negeri. 

4. Hubungan Kerja Sama Global yang Terbuka Lebar

Globalisasi adalah proses yang memberi dampak positif pada meningkatnya hubungan kerja sama antara berbagai negara. Kerja sama tersebut tidak terbatas pada hubungan regional, tetapi juga dengan negara-negara yang jaraknya berjauhan. Hubungan kerja sama yang terwujud akibat globalisasi bisa mencakup berbagai aspek. Tidak hanya ekonomi, tetapi juga politik, sosial, ataupun budaya. 

5. Meningkatnya Peluang Bisnis dan Lapangan Kerja

Dampak positif globalisasi yang terakhir adalah meningkatnya peluang bisnis dan lapangan kerja. Dalam dunia bisnis, perusahaan di dalam negeri bisa dengan lebih mudah melakukan kolaborasi dengan perusahaan mancanegara. Tak menutup kemungkinan, aktivitas ekspor mengalami peningkatan berkat globalisasi. 

Di sektor lapangan kerja, masyarakat bisa mendapatkan penghasilan tidak hanya terbatas pada lingkungan sekitar. Kecanggihan teknologi memberi kemudahan untuk memperoleh pekerjaan dari berbagai penjuru dunia. Apalagi, saat ini ada pertimbangan untuk melakukan aktivitas kerja secara remote atau jarak jauh. 

Nah, itulah pembahasan mengenai pengertian globalisasi serta dampak positifnya terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat. Sampai di sini, Anda bisa paham kalau globalisasi adalah fenomena yang harus diterima dengan tangan terbuka. Kalau mampu memahaminya dengan baik, Anda dapat memanfaatkan dampak positif globalisasi secara lebih baik. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]