Telemarketing Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Strateginya

1
1036
Telemarketing Adalah

Telemarketing adalah istilah yang cukup sering diperbincangkan akhir-akhir ini. Bahkan, telemarketing menjadi salah satu opsi pekerjaan yang dapat dikerjakan secara remote. Penasaran apa yang dimaksud dengan telemarketing? Yuk, kenalan lebih lanjut dengan istilah ini!

Telemarketing Adalah

Secara singkat, definisi telemarketing adalah sebuah strategi pemasaran yang dilakukan dengan cara menghubungi calon pelanggan melalui telepon.

Orang yang menjalankan tugas telemarketing disebut sebagai telemarketer atau telesales. Jika berminat untuk menjadi seorang telemarketer, Anda bisa bergabung sebagai karyawan sebuah perusahaan atau bekerja secara freelance.

Produk seperti apa yang bisa ditawarkan dengan strategi telemarketing? Sebenarnya, semua jenis produk bisa ditawarkan dengan strategi ini. Akan tetapi, ada kecenderungan bahwa telemarketing adalah jenis marketing yang digunakan untuk menawarkan produk jasa. Beberapa contohnya adalah asuransi perbankan, paket wisata, atau penawaran kartu kredit.

Manfaat Telemarketing

Telemarketing adalah salah satu bagian dari strategi pemasaran produk yang dilakukan perusahaan. Penerapan strategi ini tentu memiliki manfaat yang bisa dirasakan baik oleh perusahaan maupun calon pelanggan potensial. 

Manfaat-manfaat tersebut bisa Anda lihat di penjelasan berikut:

Telemarketing dapat membantu pelanggan untuk mengenal produk

Telemarketing dapat dijadikan sebagai strategi untuk meningkatkan brand awareness produk dari sebuah perusahaan. Sebab, seorang telemarketer akan menjelaskan produk berdasarkan detail dan SOP (Standard Operational Procedure) tertentu. Hal ini memungkinkan calon pelanggan untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk yang ditawarkan.

Meningkatkan sales

Sebagaimana seorang marketer, telemarketer dengan strategi telemarketing-nya bertujuan membantu perusahaan untuk meningkatkan penjualan produk. Hal ini sejalan dan seirama dengan adanya peningkatan brand awareness sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya.

Meningkatkan hubungan baik dengan calon pelanggan

Dengan melakukan telemarketing, pelanggan dapat merasa ‘diistimewakan’ karena penjelasan yang diberikan secara 1-to-1. Artinya, satu telemarketer melayani satu calon pelanggan dalam satu waktu. 

Hal inilah yang memberikan nilai plus strategi pemasaran telemarketing: pelanggan potensial bisa menerima penjelasan lengkap mengenai produk langsung dari si telemarketer, melakukan tanya-jawab produk dengan orang yang sama, dan melakukan ‘deal’ pembelian produk barang/jasa dengan orang yang sama pula.

Meningkatkan peluang untuk follow up pada pelanggan

Meski pemasaran produk sudah dilakukan dengan bersungguh-sungguh, tidak jarang calon pelanggan tidak melakukan pembelian. 

Dua penyebab yang paling umum adalah keraguan akan produk yang ditawarkan atau kondisi finansial yang kurang mendukung untuk melakukan pembelian. 

Nah, dengan adanya telemarketing, follow up terhadap calon pelanggan tersebut dapat dilakukan dengan lebih mudah. Follow up yang dimaksud adalah usaha untuk meyakinkan kembali calon pelanggan tertentu untuk membeli produk yang ditawarkan.

Baca juga: Ini Tugas dan Peran Customer Service dalam Sebuah Perusahaan

Strategi Telemarketing

Meski telemarketing memiliki cukup banyak manfaat, ada kalanya proses telemarketing tidak berjalan dengan lancar. Hal ini ditandai dengan kurangnya minat terhadap produk, sikap calon pelanggan yang kurang ramah saat ditelepon, atau gagalnya telemarketer dalam menghubungi calon pelanggan.

Kegagalan telemarketer dalam menghubungi calon pelanggan memang sedikit susah diatasi. Sebab, bisa saja nomor telepon yang ada di database salah. Di sisi lain, bisa jadi kegagalan tersebut disebabkan karena calon pelanggan menolak telepon Anda. 

Akan tetapi, dua indikator ketidakberhasilan telemarketing yang lain masih bisa dicegah. Anda perlu memiliki strategi khusus agar usaha pemasaran yang diterapkan dapat berbuah hasil. 

Beberapa strategi telemarketing adalah sebagai berikut:

Pastikan Anda mengenal produk dengan baik

Dengan mengenal produk dengan baik, Anda tahu apa yang harus dijelaskan kepada pelanggan. Sampaikan detail produk yang ditawarkan dan utarakan juga poin plus dari produk tersebut. Tak lupa, pastikan Anda bisa menjawab pertanyaan yang diajukan pelanggan terkait produk.

Kenali waktu menelepon yang tepat

Agar bisa menelepon di waktu yang tepat, seorang telemarketer harus mengenal calon pelanggannya terlebih dahulu. Jika memungkinkan, lakukan analisis kecil-kecilan untuk memperkirakan waktu luang seorang calon pelanggan.

Jangan lupa perkenalkan diri 

Tidak semua pelanggan menolak panggilan dari nomor tidak dikenal. Maka dari itu, jangan lupa perkenalkan diri sebelum menyampaikan penawaran Anda. Dengan demikian, calon pelanggan Anda mengenal dengan siapa mereka berbicara.

Tampilkan sikap yang ramah dan tidak memaksa

Sikap ramah dalam berbicara harus Anda tunjukkan selama percakapan berlangsung. Tidak hanya itu, usahakan untuk tidak terkesan memaksa calon pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan. Jika calon pelanggan tertarik, biasanya pembicaraan akan mengalir dengan sendirinya.

Sebagai simpulan, telemarketing adalah salah satu strategi marketing yang cukup efektif untuk dilakukan. Jika berminat untuk berkarier sebagai seorang telemarketer, Anda perlu menerapkan strategi tertentu agar proses marketing Anda bisa berhasil. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

1 COMMENT

Comments are closed.