Berikut Contoh Slip Gaji untuk Pegawai

0
709
Contoh Slip Gaji

Slip gaji merupakan bukti sekaligus informasi resmi atas penerimaan gaji seorang pegawai atau karyawan yang diterbitkan oleh pihak perusahaan atau pemberi kerja. Berkas ini memuat sejumlah perincian atas komponen apa saja yang diterima oleh pihak karyawan, baik upah atas kewajibannya maupun sejumlah potongan yang termasuk di dalam gajinya.

Kegunaan Slip Gaji

Ada banyak contoh slip gaji untuk pegawai yang dapat Anda temukan. Format yang diberlakukan antara satu perusahaan maupun perusahaan lainnya pun sangat mungkin berbeda-beda. Kendati demikian, pada dasarnya fungsi setiap slip gaji tetaplah sama, antara lain sebagai berikut.

  • Transparansi Hak dan Kewajiban

Peraturan Pemerintah No. 78 Tahun 2015 Pasal 17 ayat (2) mengenai Pengupahan menyatakan bahwa pengusaha wajib memberikan slip gaji (bukti pembayaran upah) yang memuat rincian upah yang diterima oleh karyawan/buruh saat upah dibayarkan. Hal ini dapat dinilai sebagai salah satu bentuk transparansi atas hak dan kewajiban masing-masing pihak. Dengan demikian, baik pegawai maupun perusahaan dapat melihat apakah jumlah gaji pad periode tersebut telah sesuai dengan perjanjian kerja yang disepakati atau tidak.

  • Syarat Administrasi Pengajuan Kredit

Salah satu syarat yang dibutuhkan ketika akan melakukan pengajuan kredit rumah, kendaraan, pinjaman modal, dan sebagainya adalah slip gaji. Syarat ini sebagai bahan pertimbangan dan penilaian kelayakan kredit yang dilakukan oleh pihak pemberi pinjaman. Oleh karena itu, ada baiknya pegawai selalu menyimpan slip gaji miliknya—setidak-tidaknya adalah tiga bulan terakhir.

  • Lampiran Pendukung untuk Pekerjaan Baru

Pegawai yang melamar pekerjaan di tempat baru biasanya akan ditanyakan mengenai jumlah gaji yang diharapkan. Sebagai referensi, biasanya perusahaan tersebut sebagai calon kantor baru si pegawai akan meminta lampiran slip gaji terakhir sebagai bahan referensi untuk memenuhi kebijakan tersebut.

  • Bahan Pertimbangan Penyesuaian Kebijakan

Kegunaan slip gaji lainnya bagi perusahaan adalah sebagai salah satu bahan pertimbangan saat menyusun kebijakan. Seiring dengan perkembangan bisnis, perusahaan dapat menyesuaikan komponen pendukung yang ada dalam gaji setiap pegawainya.

Format Slip Gaji

Seperti yang disebutkan sebelumnya, format pada contoh slip gaji untuk pegawai tiap perusahaan sangat mungkin berbeda. Walau begitu, adapun format umumnya adalah sebagai berikut.

  • Nama Perusahaan

Berisi nama dan logo perusahaan tempat pegawai bekerja.

  • Tanggal Pembayaran dan Data Pegawai

Bagian ini berisi periode pembayaran gaji dan informasi terkait personal pegawai seperti nama, jabatan atau golongan, departemen, NPWP, dan sebagainya.

  • Rincian Gaji

Sebuah gaji terdiri dari berbagai komponen yang terbagi atas total upahnya berikut beberapa potongan seperti pajak, premi asuransi, dan sebagainya. Pun bagian ini juga dapat berisi utang-utang pegawai kepada perusahaan (beberapa perusahaan memberlakukan kebijakan seperti ini).

Baca juga: Remunerasi Untuk Pegawai, Bentuk dan Sistemnya

Komponen

Komponen pada tiap slip gaji lazimnya terdiri dari beberapa hal berikut.

  • Gaji Pokok

Gaji pokok biasanya didasarkan pada jabatan yang dimiliki oleh pegawai tersebut. Semakin tinggi jabatannya, maka semakin tinggi pula gaji pokoknya.

  • Tunjangan

Tunjangan adalah pelengkap gaji pokok yang bersifat intensif. Tunjangan dapat berupa tunjangan tetap maupun tidak tetap. Adapun detailnya tergantung dari kebijakan perusahaan.

  • Potongan

Potongan biasanya meliputi pajak penghasilan, premi asuransi, premi asuransi hari tua, dan sebagainya. 

Contoh Slip Gaji untuk Pegawai

Sebagai gambaran lebih jelas, berikut adalah contoh slip gaji untuk pegawai.

PT AKSARA LUNA

Jalan Hayam Wuruk No. 223R Denpasar Barat, Bali

Telp 033656509327 

SLIP GAJI KARYAWAN

Periode 1 Mei 2020-31 Mei 2020

NIK : AR650478

Nama : Anggoro Dwi Sukma

Jabatan : Manajer IT

Status : Karyawan Tetap

PENGHASILAN POTONGAN

Gaji pokok = Rp3.460.000,00 Pph 21 = Rp346.000,00

Tj. Jabatan = Rp1.500.000,00 BPJS = Rp 51.000,00

Tj. Transportasi = Rp650.000,00

Total (A) = Rp5.610.000,00 Total (B) = Rp397.000,00

Penerimaan Bersih = Total (A) – Total (B)

= Rp5.213.000,00

Terbilang : Lima juta dua ratus tiga belas ribu rupiah

Denpasar Barat, 31 Juni 2020

Manajer HR

…. Yusman Ekawira   

Slip gaji merupakan bukti resmi atas penerimaan gaji seorang pegawai atas haknya yang dikeluarkan oleh pihak perusahaan atau pemberi kerja. Contoh slip gaji untuk pegawai yang Anda temukan boleh jadi memiliki beberapa perbedaan, tetapi tetap memiliki bentuk format dan komponen umum seperti yang telah dijabarkan di atas.

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

BLOG100

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]